Hanya ada satu tugu khatulistiwa di Indonesia yakni di Pontianak, Kalimantan Barat, yang sangat ikonik, khas Indonesia.

Hai para pembaca puteriputeri.com, apa kabar ? Izinkan saya Mukti Alfiansyah, menceritakan tentang Tugu Khatulistiwa, yang berada di Pontianak, Kalimantan Barat.

Dari Lanud Supadio Pontianak, Kalimantan Barat, tugu ini berjarak kira-kira 30 km, tepatnya di Kota Pontianak. Kira-kira waktu yang dibutuhkan 1,5 jam.
tugu-6

Namun perjalanan yang cukup lama ini akan, akan terbayarkan dengan rasa lega, karena setelah sampai di tempat yang namanya EQUATOR DUNIA, atau di titik 00,00 derajat.

Peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa.

Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi.

Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan “menghilang” beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain di sekitar tugu.

Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September.

Peristiwa alam ini menjadi event tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan.

Inilah salah satu keunggulan dari letak geografis indonesia. Seperti semua anugerah diturunkan tepat di tanah air kita ini.

Seandainya bumi dibagi menjadi dua, bagian selatan dan utara. Maka kota Pontianak persis berada di tengah-tengah belahan tersebut. Maka sebagai penanda, dibangunlah sebuah tugu yang dinamakan Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument.

Tugu ini merupakan salah satu tugu yang didirikan pada tanggal 33 Maret 1928 oleh Rombongan Ekspedisi Internasional, yang dipimpin oleh seorang ahli geografi berkebangsaaan Belanda untuk menentukan titik atau tonggak Equator di Kota Pontianak.

Berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat, Tugu ini merupakan ikon dari kota Pontianak untuk menandai garis khayal pada garis lintang nol derajat yang terletak di Siantan, sekitar tiga kilometer dari pusat Kota Pontianak ke arah Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Pontianak.

tugu-2

Hal yang unik dari tugu yang bertuliskan “EVENAAR” sepanjang 2,11 meter ini adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yaitu fenomena alam ketika matahari tepat berada di garis Khatulistiwa.

Pada saat itu matahari tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda di permukaan bumi.

tugu-5

Pada peristiwa titik kulminasi tersebut, bayangan Tugu akan menghilang beberapa detik saat terkena sinar matahari, demikian juga dengan bayangan-bayangan benda-benda lain di sekitar tugu.

Peristiwa tersebut berlangsung dua kali dalam setahun yaitu pada tanggal 21 – 23 Maret dan 21 – 23 September. Maka tak heran jika pada waktu tersebut tugu ini banyak dikunjungi.

tugu-4

Di bagian dalam tugu tersebut juga terdapat denah lokasi sekitar tugu tersebu, tedapat banyak sejarah tentang berdirinya tugu tersebut, dan terdapat tempat untuntuk membeli oleh-oleh khas dari kota Pontianak.

tugu-3

Dan untuk bagian luar dari tugu tersebut juga mempunyai taman yang cocok untuk foto-foto dan untuk mengabadikan moment-moment anda.

(Liputan oleh : Mukti Alfiansyah)

Tinggalkan Balasan