Tampaksiring merupakan sebuah desa wisata yang berada di daerah Gianyar, Bali.

Di desa ini banyak terdapat tempat-tempat spiritual umat Hindu yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik mancanegara maupun wisatawan domestik.

Di desa ini terdapat sebuah tempat pemandian yang dahulu digunakan oleh keluarga kerajaan bali untuk mandi. Tempat ini disucikan oleh umat hindu di Bali sehingga dulu tidak sembarangan orang boleh masuk ke tempat ini. Kini tempat ini dibuka untuk umum namun, setiap orang yang ingin mandi di tempat ini masih harus mengikuti peraturan disini demi kesucian tempat ini. Tempat pemandian ini bernama Pura Tirta Empul.

tirta-empul-2

Pura Tirta Empul berada tepat di bawah Istana Tampaksiring. Tempat ini kini ramai dikunjungi oleh wisatawan asing maupun domestik karena, di tempat ini dipercayai dapat menyembuhkan penyakit apabila mandi disini.

Di pemandian ini terdapat 11 pancoran yang masing-masing dinamai oleh umat Hindu. Namun 2 pancoran tidak boleh digunakan karena pancoran itu khusus untuk orang meninggal.

Pancoran-pancoran tersebut berasal dari mata air asli. Di pemandian ini terdapat banyak ikan yang tidak boleh ditangkap, sehingga apabila kita mandi disini terdapat sensasi tersendiri dikelilingi oleh ikan yang besar-besar. Apabila ingin mandi di tempat ini, kita tidak boleh sembarangan. Terdapat beberapa peraturan yang wajib ditaati yaitu

Apabila kita lagi cuntaka (datang bulan dan habis dari tempat orang meninggal) dilarang mandi disini karena dapat mengotori tempat ini.

Apabila kita mandi di tempat ini, wajib menggunakan kemben atau kamen.

Tidak boleh menangkap ikan yang terdapat di pemandian ini maupun di areal pura.
Selalu menjaga kebersihan Pura.

 

Apabila kita masuk ke areal pura, rambut tidak boleh digerai.

Untuk kami umat Hindu, sebelum kami melukat (mandi di tempat suci dengan air suci) kami wajib sembahyang terlebih dahulu. Setelah selesai melukat pun kami juga melakukan persembahyangan di Pura Tirta Empul.

tirta-empul-5

Selain Pura Tirta Empul, di Desa Tampaksiring juga terdapat Pura Gunung Kawi yang letaknya tidak terlalu jauh dengan Pura Tirta Empul sehingga kita bisa sekalian datang kesana.

tirta-empul-3

Di tempat ini terdapat Candi Gunung Kawi yang juga disucikan oleh umat Hindu di Bali. Jalan menuju candi ini begitu asri dengan pemandangan sawah yang hijau.

tirta-empul-4

Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk mencari ketenangan. Namun untuk mencapai Candi Gunung Kawi kita harus menuruni banyak anak tangga. Kelelahan tidak akan terus karena pemandangan yang ada disekitarnya. Image
Tempat ini sangat tenang, sehingga sangat cocok untuk kalian yang ingin mencari ketenangan.

Untuk masuk ke areal Pura ini pun sama seperti di Pura Tirta Empul yaitu :
Apabila kita lagi cuntaka tidak boleh masuk ke areal pura.
Apabila masuk ke areal Pura wajib menggunakan kamen atau selendang.
Wajib menjaga kebersihan areal pura.

Selain sebagai tempat wisata spiritual, tempat ini juga asik digunakan untuk tempat berfoto karena memiliki pemandangan yang masih asri.
Jadi, untuk teman-teman yang berlibur ke Bali dan menyukai wisata spiritual serta petualangan wajib mengunjungi tempat-tempat ini.

(Liputan oleh : Dewa Ayu Monika Dewi)

Tinggalkan Balasan