Wisata pemandian air panas ini terletak di Desa Padusan, Pacet, Kecamatan Mojokerto, Jawa Timur.

Saya pergi ke pemandian air panas ini bersama teman-teman saya, saya pergi saat liburan hari raya idul fitri.

Kami pergi bersama sama menaiki sepeda motor dari pulau Madura.

Rute untuk menuju wisata pemandian Air Panas di Padusan Pacet ini berjarak sekitar 32 kilometer dari Kota Mojokerto dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam.

Untuk rute menuju wisata Air Panas Padusan-Pacet. bisa Anda lalui dari Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya, dengan mengambil arah ke Mojokerto baik lewat Krian atau Gempol >> lalu menuju Mojosari > selanjutnya lurus ikuti jalan raya Mojosari-Pacet tersebut, jalanya akan mulai menanjak namun tetap lurus ikuti jalan >> ketika sampai di depan koramil Pacet > belok kiri dan ambil lajur kiri > ketika sampai jalan pertigaan >> ambil kanan menuju Coban Canggu/air panas Padusan Pacet, dan ikuti jalan yang mulai menanjak tajam, saat sampai di pertigaan terakhir menuju pemandian >> ambil kanan, dan berjalan sekitar kurang lebih seratus meter dan di sepanjang jalanan itu akan ada orang yang berjualan macam-macam makanan serta  beraneka ragam oleh-oleh untuk keluarga di rumah, setelah itu akan Nampak tulisan pemandian Air Panas Padusan Pacet.

pacet-2
Wisata pemandian air panas Padusan-Pacet buka setiap hari, untuk hari senin-kamis buka dari jam 08.00-16.00 WIB

Sedangkan untuk hari jum’at –minggu dan hari libur akan dibuka selama 24 jam.
Pemandangan di sana sangat indah karena terletak di pegunungan dan udara disana pun sejuk dan segar sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.

Untuk para pengunjung di sana di sediakan kolam renang air dingin, khusus untuk anak-anak maupun untuk dewasa. Untuk kolam renang dewasa dibuat dengan ukuran standar kolam renang untuk lomba nasional.

Sedangkan kolam renang anak berbentuk setengah lingkaran dengan diameter sebesar 8 meter.

pacet-3

Di samping kolam air dingin, disediakan pula kolam berendam air panas pada dua lokasi yang bersebelahan, masing-masing lokasi dibuat di bagian kolam yang berbeda suhu airnya.

Mulai dari yang paling panas dengan suhu sekitar 40 derajat celcius, hingga yang paling hangat dengan suhu sekitar 30 derajat celcius. Mengenai kapasitasnya masing-masing kolam rendam mampu menampung ratusan orang berendam.

Di sana saya dan tman-teman memainkan sebuah permainan yaitu volly air kami bermain di kolam air dingin, kami bermain dengan membagi tim lima-lima, kami bermain dengan sangat penuh kegembiraan dan pada akhirnya tim kami pun kalah. Setelah itu kami berendam di kolam yang bersuhu sekitar 30 derajat celcius.

Setelah puas berenang dan berendam kami pun mandi lagi di kamar mandi dan mengganti pakaian.
Begitulah cerita singkat mengenai pengalaman saya dan rute untuk menuju wisata pemandian Air Panas Padusan-Pacet.

(Liputan Oleh : Latif)

Tinggalkan Balasan