Menambah wawasan, wisata Museum Transportasi 🙂


Wisata seperti mengunjungi candi dan pulau menjadi hal yang mulai diminati saat ini. Jika ingin menelusuri berbagai macam transportasi sejak zaman dahulu yang masih belum terkuak, Anda dapat mengunjungi Museum Transportasi yang bertempat di Taman Mini Indonesia Indah.

Terletak di Jalan Raya Tmii, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur. Anda dapat menemukan museum dengan berbagai macam transportasi sejak tahun 1900 sampai sekarang yang belum pernah anda ketahui sebelumnya. Museum Transportasi, dari namanya Anda sudah dapat membayangkan berbagai macam kendaraan tersusun dengan rapi di dalamnya bukan?

Museum Transportasi adalah museum milik Kementrian Perhubungan yang bertujuan mengumpulkan, memelihara, meneliti, memamerkan bukti sejarah dan perkembangan transportasi, serta perannya dalam pembangunan nasional. Museum ini berdiri diatas lahan seluas 6,25 hektar.

Pemancangan tiang pertama dilakukan oleh Ibu Tien Soeharto pada tanggal 14 Februari 1984, sedang pembangunannya dimulai pada tahun 1985 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1991.

Keberadaan museum ini juga dimaksudkan untuk memberikan informasi sekaligus sebagai tempat rekreasi yang edukatif.

Pameran diselenggarakan di dalam dan di luar ruangan. Pameran di dalam ruang dibagi menjadi beberapa tempat yang seolah-olah merupakan bangunan tersendiri yang disebut dengan modul, terdiri atas modul pusat, modul darat, modul laut dan modul udara, baik dengan benda asli, tiruan, miniatur dan foto.

Meskipun sebagian besar koleksi Museum Transportasi TMII Jakarta ini buatan luar negeri, namun tetap saja saya dibuat kagum dengan begitu banyaknya benda terkait transportasi tersimpan di museum ini, yang sebagian besar asli dan dalam kondisi baik. Saya kira Andapun akan dibuat terpesona jika berkunjung ke sana suatu saat nanti.

(Liputan : Nur Tri Aidila)

Tinggalkan Balasan