Pantai Santolo ini memang bisa membuat kita melongo saking indahnya.

Pembaca puteriputeri.com, Indonesia terkenal sebagai Negara maritim atau negara yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan.

Tentunya Indonesia memiliki ribuan pantai sebagai objek wisata, salah satunya adalah Pantai Santolo. Terletak di Pamengpeuk, tepatnya di Kecamatan Cikelet sebelah selatan pusat Kota Garut . Jarak pantai ini dari kota Garut sekitar 80 km.

Beberapa waktu lalu saya (Yuli Yanti Saparina) dan teman-teman saya Rani, Riza, Reren, Azi, Rita dan Reni melakukan perjalanan ke Pantai Santolo.

Kami berangkat sekitar pukul 17.00 pm dari Garut Kota dengan menggunakan mobil pribadi. Membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai di lokasi.

Faktor jalan yang berkelok-kelok menuntut pengemudi untuk selalu berhati-hati. Di perjalanan kita disajikan pemandangan eksotis, banyak vegetasi-vegetasi yang tumbuh di sepanjang jalan, memanjakan mata menikmati bentang alam lukisan Sang Maha Indah.

Sesampainya di tempat tujuan, kami bergegas mencari penginapan. Di sekitar Pantai Santolo banyak losmen dan penginapan yang tersedia, bagi para pembaca yang berniat berkunjung ke Pantai Santolo tidak perlu khawatir, harga yang ditawarkan relatif terjangkau (mulai dari Rp 50.000/malam). Setelah mendapatkan penginapan yang cocok, kamipun beristirahat melepas lelah agar dapat fit di esok hari.

Keesokan harinya, kami bangun lebih awal karena berniat berburu momen terbitnya sang surya. Memulai aktifitas dengan sarapan pagi, di sekitar penginapan kita bisa dengan mudah menemukan warung-warung yang menyediakan berbagai menu makanan.

Kembali berburu momen terbitnya sang suryai. Jarak antar tempat penginapan dan pantai tidak terlalu jauh, jadi tidak terlalu menyita waktu untuk sampai di tempat tujuan. Saat sang fajar mulai menyingsing menampakan wujudnya, deburan ombak yang bergulung-gulung menambah indahnya suasana pagi. Momen yang sangat sayang sekali apabila dilewatkan begitu saja.

10262058_628126877277305_9007053596791211108_n

Usai menikmati moment sunrise,dengan Rp 5.000,- saja kita bisa melanjutkan perjalanan ke bagian pantai lainnya menggunakan perahu. Pengalaman menarik menggunakan alat transportasi tradisional ini yang sangat jarang kita temui. Selain perahu, di Pantai Santolo juga tersedia permainan olahraga Banana Boat yang bisa memacu adrenalin anda.

Tiba di bagian Pantai Santolo lainnya banyak spot menakjubkan yang bisa kita temui. Membuatkan kami begitu terpesona dengan ciptaan-Nya.Berpasir putih kecoklatan cukup bersih memungkinkan kita dapat bermain-main di tepiannya, pantainya penuh dengan karang membuat ombak besar pecah sebelum menyentuh bibir pantai, kumpulan batu-batu besar, dan laut biru menjadi pemandangan yang indah dipandang mata. Deburan ombak yan tinggi mengharuskan kita untuk selalu berhati-hati, terutama bagi anak-anak perlu pengawasan khusus dari orang dewasa untuk mengawasinya.

Beberapa saat kemudian kami memutuskan untuk makan siang, kami memilih ”Ikan kakap merah bakar plus Sambal” sebagai menu makan siang kami. Rasanya enak sekali, bau bumbunya yang harum dipadu dengan sambal khas Pameungpeuk wajib dicoba saat berkunjung kesini.

Perjalanan di Pantai Santolo harus kami akhiri dan bersiap-siap untuk pulang, meskipun harus kami akui kami masih betah menikmati keindahan Pantai Santolo . Sekitar pukul 15.00 pm, kamipun bersiap untuk pulang.

Pesona Pantai Santolo yang begitu mengagumkan membuat saya sadar betapa besarnya kuasa Sang Pencipta. Betapa kayanya Indonesia dengan berjuta-juta bentuk keindahannya. Pantai Santolo sebagian kecil dari jutaan objek wisata yang ada di Indonesia, masih banyak lagi kekaya bangsa ini yang wajib kita syukuri dan jaga sebaik-baiknya.

(Oleh : Yuli Yanti Saparina)

Laporan kegiatan event Touring Sepeda Motor RCI Road to Santolo

Pembaca puteri, berikut ini adalah laporan dari Agengmas Wijayanto mengenai  kegiatan Club motor RCI yang merupakan club sepeda motor yang berorientasi terhadap kekerabatan dan juga mengedepankan program “safety ridding”, melakukan turing ke Pantai Santolo.

Kegiatan ini tentunya dengan berkumpulnya teman-teman pengguna sepeda motor dengan berbagai macam merek. Dengan semangat kami terus berusaha mengembangkan diri dan juga memberikan kontribusi yang positif di dalam masyarakat terutama dalam disiplin berlalu lintas.
Di usia yang cukup matang dan banyak pendatang baru yang ingin bergabung, maka kami mengadakan touring ke Pantai Santolo guna  ajang jalan-jalan dan acara gabungnya anggota baru secara resmi.

Tujuan diadakannya touring ini adalah :

1.  Sebagai ajang silatuhrami antara anggota baru dan anggota lama
2. Acara resmi untuk meningkatkan kesadaran masyarakatakan akan pentingnya keselamatan berkendara motor.
3. Meningkatkan image RCI di kalangan masyarakat
4. Pengenalan objek wisata daerah
Kegiatan ini diberinama “TOURING SILAHTURAHMI RCI CHAPTER PANTAI SANTOLO”

Kegiatan touring dilaksanakan pada :

04.30-05.00 : Ramah tamah anggota baru dan anggota lama
05.00-13.00 :Perjalanan ke Pantai Santolo
13.00-13.30 :Makan siang
13.30-14.00 :acara pembuka dengan ketua memberikan sambutan dan pengenalan anggota baru
14,00-15.30 : acara bebas di Pantai Santolo

Simak video liputannya di :

(Oleh : Agengmas Wijayanto)