Kawah Sikidang yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng, tempatnya tidak jauh dari beberapa wisata lainnya seperti Candi Arjuna dan Telaga Warna.

Sikidang adalah tempat wisata yang dulunya bekas letusan gunung merapi dan sekarang menjadi kawah yang mengeluarkan uap dan air yang sangat panas. Dan sampai sekarang kawahnya pun masih aktif.

Banyak wisatawan lokal atau wisatawan mancanegara berkunjung ke Kawah Sikidang tersebut.

Aku (Sifa Fauziah), bersama angkatanku di Sekolah Menengah Kejuruan di Jakarta, beserta para guru, kami mengadakan Acara Perpisahan kelas XII untuk wisata ke Yogyakarta.

Siang itu kami menyewa bus untuk mengadakan perpisahan di Yogayakarta dan salah satu tempat wisata yang akan kami kunjungi adalah Kawah Sikidang, Dieng, Wonosobo.

Setelah puas berkeliling Yogya, maka kami pun menyiapkan perlengkapan secukupnya untuk berangkat ke Dieng, Wonosobo.

Pada pukul 15:30 WIB kami mulai berangkat menuju Wonosobo.

Ketika azan Isya’ mulai berkumandang kami telah sampai di Wonosobo. Jadi perjalanan dari Yogya kira-kira adalah 5 sampai dengan 6 jam perjalanan darat.

Kami pun sempat beristirahat di tengah perjalanan di sebuah rumah makan untuk makan malam guna beristirahat sejenak.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan menuju Desa Sembungan, Dieng, Wonosobo.

Udara mulai berubah menjadi dingin dan kami memakai jaket dan sarung tangan yang kami bawa. Sekitar pukul 22:00 WIB akhirnya kami sampai di Desa Sembungan.

Karena saat itu kabut mulai turun dan menutupi jarak pandang, kami menghentikan perjalanan dan beristirahat di mobil.

Tetapi semakin malam suhu pun terus semakin dingin, dan membuat kami kedinginan di dalam bus.

Kami memutuskan untuk tidur.

Kami terbangun jam 07:00 WIB dan melanjutkan perjalanan menuju salah satu tempat yang akan kami kunjungi yaitu, Kawah Sikidang.

Dieng Plateau

Setelah menempuh jarak sekitar 1 jam kami tiba di Sebuah tempat pertukaran Bus, di sana kami pindah bus ke yang lebih kecil karena tempat yang ingin kami kunjungi tidak bisa dilewati oleh bus besar yang kami tumpangi dari Jakarta. Kami pun melanjutkan perjalanan dalam waktu 1 jam tibalah kami di Kawah Sikidang pada pukul 09:00 WIB.

kepulan asap Kawah Sikidang di kejauhan

Kami bergegas untuk keluar dari dalam bus tersebut dengan memakai masker dan sarung tangan karena aroma belerangnya sangat menusuk ke hidung.

suasana Kawah Sikidang, Dieng

Kami menuju ke atas ke kawah yang paling besar, semakin dekat dengan kawah tersebut aroma belerangnya pun semakin terasa menyengat. Sesampainya kami diatas kami melihat kawah yang besar dengan air dan uap yang sangat panas.

Setelah melihat melihat dan mengabadikan Kawah Sikidang tersebut dengan kamera Handphone kami masing masing, kamipun kembali turun kebawah untuk masuk kembali ke dalam bus yang kami kendarai tadi. Dibawah terdapat aneka oleh oleh dan cendera mata yang sangat unik.

Sesampai di bus kami melanjutkan perjalanan ke tempat wisata lainnya di Jawa Tengah, yakni ke Semarang.

Semoga info perjalanan di atas bisa bermanfaat untuk Anda para sobat puteriputeri.com yang berminat untuk datang ke Kawah Sikidang, Dieng, Wonosobo. Salam Wisata Indonesia !

(Liputan oleh : Sifa Fauziah)