Istana Maimun adalah istana termegah dan memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi. Objek wisata ini berada di Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun.

Tempat ini merupakan ikon di kota Medan. Luas istana ini adalah 2.772 meter persegi dan memiliki 30 ruangan.Istana Maimun ini didesain atau dirancang oleh arsitek dari Italia yang kemudian dibangun oleh Sultan Deli, Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada taun 1888 silam, Sultan Makmun adalah putra tertua dari Sultan Mahmud Perkasa Alam, pendiri kota Medan.

Bangunan ini didominasi warna kuning yang merupakan warna kebesaran dari kerajaan Melayu.

Istana Maimun menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang sudah cukup populer, bukan hanya karena usianya yang sudah tua, melainkan desain interiornya yang sangat unik dapat mengundang para wisatawan berkunjung ke tempat ini, dengan memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan dari Melayu dan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia.

Namun sayang sekali sekarang keadaannya kurang begitu terurus.

Jika kita sedang melewati tempat ini pada waktu sore hari, kita dapat melihat anak-anak bermain sepak bola di halaman istana ini.

Istana Maimun tepatnya terletak di Jl. Brigjen Katamso Kota Medan sekitar 10 km dari bandara Polonia ,wisata Istana Maimun merupakan sebuah peninggalan dari Sultan Kerajaan Deli Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah.

Bangunan ini terdiri dari 2 lantai dengan memiliki 3 bagian bangunan induk, sayap kiri dan sayap kanan dan dipengaruhi budaya Eropa yang cukup kental.

Nama lain Istana Maimun adalah Istana Putri Hijau, yang merupakan istana kebesaran dari Kerajaan Deli.

Sejak tahun 1946, istana ini sering digunakan untuk pertunjukan musik tradisional Melayu.

Daya tarik dari bangunan ini tidak hanya usianya yang tua tetapi desain interiornya yang sangat unik.

Desain tersebut adalah kombinasi dari kebudayaan Melayu dengan gaya arsitektur khas timur tengah, Spanyol, India, dan Italia.

meriam puntung

Tempat ini sering digunakan pengunjung untuk melihat-lihat koleksi yang dipajang di Istana Maimun seperti foto keluarga, perabot rumah tangga, dan Meriam Puntung yang terkenal di Medan.

meriam puntung

Nahh untuk masuk ke Istana Maimun ini cukup membayar sebesar lima ribu rupiah saja dan untuk melihat Meriam Puntung nya di kenakan biaya sukarela.
(Liputan oleh : Nanda Dwi Esfika)

Tinggalkan Balasan