Sahabat puteriputeri.com marilah kita simak Wisata Gunung Sibayak di Berastagi, Sumatera Utara :

Daerah Sumatera Utara banyak tempat wisata yang begitu indah, salah satunya Wisata Gunung Sibayak di wilayah kabupaten Karo, Sumatera Utara termasuk salah satu Gunung favorit para pecinta hiking.

Wisatawan  tak perlu berhari-hari untuk mendaki,  dengan beberapa jam saja kita sudah bisa menikmati indahnya pemandangan dari puncak Gunung Sibayak.

Posisi Gunung Sibayak yang terletak di Kota Berastagi, juga  sangat strategis untuk berwisata. Setelah puas mendaki Gunung Sibayak, kita juga bisa menikmati kuliner-kuliner khas Berastagi.

Selama menjalani wisata Gunung Sibayak, wisatawan juga bisa mendirikan tenda dan bisa menikmati suasana camping yang biasa dilakukan di sekitar kawah Gunung Sibayak.

Biaya retribusi  untuk masuk ke kawasan Gunung Sibayak dipatok Rp.2.000,- per-orang.

Kawasan  Gunung Sibayak memiliki keindahan panorama puncaknya  aliran air dari sela-sela batuan gunung begitu beri kesegaran. Kita masyarakat banyak yang memakainya sebagai sumber air minum. Airnya dingin serta begitu jernih.

Sumber air pergunungan yang selalu mengalir ini jadi satu diantara sumber air ini jadi satu diantara sumber air untuk minuman salah satu produk Air Minum Dalam Kemasan.

Mendaki Gunung Sibayak memang tergolong mudah, apalagi untuk pemula seperti saya.

Setelah mendaftar di pos, kami cukup mendaki mengikuti jalur aspal yang telah ada.

Setelah hampir dua jam  kami tiba di akhir aspal. Tempat ini ditandai dengan lapangan yang cukup luas.
Setelah hampir satu jam kami menapaki anak tangga, kami berhasil mencapai kawah Gunung Sibayak.

sibayak-3
kawah Gunung Sibayak

Terdengar  deru suara yang cukup kuat dengan bau belerang. Kami mendaki lagi keatas, agar saat makan bekal nanti, tidak mencium bau belerang.

Setelah mendapat posisi yang pas, kamipun mulai menyantap bekal yang dibawa dari kota Berastagi.

Selesai makan, kami lanjutkan pendakian menuju puncak Gunung Sibayak yang tinggal sedikit lagi.

Meski tinggal sedikit lagi, trek pendakian terakhir cukup curam, sehingga harus lebih hati-hati.

sibayak-1

Akhirnya, kami sampai juga di puncak Gunung Sibayak. sungguh nikmat rasanya melihat pemandangan dari atas setelah perjalanan yang cukup menguras tenaga.

Dari atas gunung ini semua terlihat keren. Pemandangan kota Berastagi dan pemandangan ke arah Gunung Sinabung yang hingga kini masih saja mengeluarkan awan panas terlihat mengepul  di kejauhan.

Sungguh indah dan mempesona pemandangan dari atas gunung Sibayak sebagai panorama alam ciptaan Tuhan.

Rute menuju Gunung Sibayak

Gunung Sibayak ini memiliki ketinggian 2.094 MDPL. Hutan yang berada di sekitar pegunungan ini termasuk dalam wilayah Taman Hutan Raya ”TAHURA” Bukit Barisan, Sumatera Utara.

Gunung Sibayak memiliki puncak tertinggi yang di beri nama “Takal Kuda” yang berarti “Kepala Kuda”. Yang mana titiki koordinat puncaknya berada pada 97° 30’ BT dan 4° 15’ LS.

Wisatawan bisa berangkat mulai dari Kota Medan, Anda akan menempuh jarak kurang lebih sejauh 78 Kilometer dengan waktu lebih kurang 2 jam untuk sampai ke kota Berastagi.

Setiba di Berastagi  anda dapat memilih kendaraan sesuai yang anda inginkan. Untuk sampai di lokasi Gunung Sibayak, ada dua pilihan rute yang bisa anda pilih, diantaranya melakukan perjalanan dari Berastagi atau ada juga perjalanan dari desa Semangat Gunung.

Terdapat tiga jalur yang bisa anda lalui untuk bisa menuju ke puncak Gunung Sibayak. Melalui jalan kecil setapak yang bearda di sepanjang hutan tropis dan banyak terdapat hamparan tebing-tebing curam yand di kelilingi hamparan hutan dengan pohon yang tinggi.

Adapun jalur lainnya adalah melalui desa Raja Berneh atau desa Semangat Gunung.

Jalur lainnya yaitu jalur 54 yang letaknya kira – kira 500 meter dari Kota Berastagi.

Gunung Sibayak adalah gunung yang masih aktif dengan kawah yang selalu mengeluarkan asap belerang atau sulfur. Gunung Sibayak ini terakhir meletus pada tahun 1881 lampau.

Setelah mencapai puncak Gunung Sibayak, wisatawan  disuguhkan pemandangan lautan awan, yang mempesona.

Di atas gunung kita dapat menikmati sunset dan juga sunrise kemunculan sinar matahari pagi hari yang akan menerpa wajah dengan suasana hangat, menggantikan hawa dingin khas pegunungan.

Begitulah, janganlah ragu untuk berwisata di Gunung Sibayak, anda akan melihat pemandangan Gunung Sinabung di kejauhan, dan Anda bisa memperoleh pengalaman berfoto yang keren.

Salam wisata khas puteriputeri.com

(Liputan oleh : Dwita Br. Purba) 

Tinggalkan Balasan