Liburr hari Minggu, saya manfaatkan untuk berangkat bersama keluarga besar menuju Gunung Galunggung. Ternyata cukup jauh juga perjalanan ke tempat wisata Gunung Galunggung…

Tapi pemandangan sepanjang jalan sangat bagus dan indah masih asri tanpa polusi.

Rute perjalanan menuju wisata alam Gunung Galunggung, saya naik bus dan lewat Padalarang, perjalanan dari rumah saya di Bogor ke Gunung Galunggung sekitar 6 jam, jika tidak macet dan kalau macet sekitar 8 jam.

Maka, rute menuju kecamatan Singaparna, saya menempuh jalur dari arah Barat
Dari arah Bogor > Cariu > Cianjur > Tol Padalarang > Bandung > Garut > Tasikmalaya> Singaparna > sampai di pertigaan Leuwisari, saya memilih belok ke kanan

Di pertigaan kalo ke kanan ke arah Cipasung, dan ke kiri ke arah Malaganti.

Sedangakan untuk menuju ke wisasta alam Gunung Galunggung, maka saya tinggal lurus kira-kira 800 meter, telah terpampang jelas bertuliskan “Gunung Galunggung”.

Dari pusat Kota Tasikmalaya, Gunung Galunggung sendiri hanya berjarak 17 kilometer saja .

Jika anda berasal dari ibu kota Jakart dan ingin berkunjung ke objek wisata ini maka diperlukan waktu sekitar tujuh jam sampai dengan delapan jam dengan kendaraan pribadi atau bus.

Untuk itu lebih baik memulai perjalanan di malam hari dan anda akan tiba di objek wisata Gunung Galunggung saat pagi.

Di tempat ini, objek wisata yang banyak didatangi oleh wisatawan lokal ini yang paling terkenal adalah kawah Gunung Galunggung.

Untuk menuju kawah yang berada di puncak gunung ini para wisatawan tidak perlu bersusah payah mendakinya karena pengunjung dapat mendaki 620 anak tangga hingga sampai ke puncak.

Dalam perjalanan menuju kawah tersebut pengunjung juga dapat menikmati panorama alam yang luar biasa seperti Hutan Ericaceous dan Hutan Montane. Sepanjang perjalanan anda bisa menikmati pohon-pohon rindang, udara sejuk sepoi-sepoi, hutan, dan sebagainya.

galunggung-1

Wisata alam Gunung Galunggung dengan ketinggian sekitar 2.167 meter di atas permukaan laut ini berada di Desa Linggajati di Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Gunung Galunggung sampai sekarang, masih aktif namun tetap saja orang datang berkunjung untuk menikmati keindahan pemandangan yang disajikan di Gunung Galunggung terutama kawahnya yang memiliki danau hijau yang cantik.

Pukul 10.00 sampailah kami di gerbang masuk kawasan Wisata Gunung Galunggung dengan registrasi mobil Rp. 5.000,- dan pengunjung Rp.2.000,- per orang.

Menuju ke Pemandian air panas.

Di dalam lokasi Wisata Gunung Galunggung, terdapat pemandian air panas dan pemandangan yang indah sekali. Tempat ini selalu ramai setiap hari minggu, terutama di libur panjang.

Pengunjung yang ingin tinggal lebih lama di objek wisata ini bisa berkemah di sekitaran kawah.

Selain fasilitas memancing dan berkemah, gunung ini juga memiliki beberapa fasilitas lainnya yang disediakan oleh Perum Perhutani seperti pemandian air panas, dan kolam renang.

Kamar mandi beserta bak untuk berendam air panas pun juga disediakan bagi para pengunjung.

galunggung-2

Kemudian kami juga mencoba berenang di kolam renang yang ada, di wisata Gunung Galunggung ini terdapat beberapa kolam . Kolam yang di atas adalah kolam air panas kalau di bawah adalah kolam air hangat, juga ada kolam untuk anak kecil, tempat nya sangat nyaman dan bersih.

Kemudian rute selanjutnya saya menuju ke Kawah Gunung Galunggung sebelum masuk lokasi ini pengunjung harus membauar registrasi untuk memasuk ke dekat kawah, per-orangan nya Rp. 5.000,-.

Kami sekeluarga menuju Kawah Gunung Galunggung ini dengan naik lewat anak tangga sebanyak 100 anak tangga, dan kami merasa sangat lelah saat melewati anak tangga ini.

Tapi sesampai di kawah Gunung Galunggung rasa lelah seketika terobati dengan pemandangan yang indah sekali, dan kami melihat di kawah Gunung Galunggung ini telah berubah menjadi danau.

Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya terkenal sebagai tempat memancing karena di danau kawah tersebut terdapat banyak habitat laut seperti ikan warna-warni yang bisa ditangkap. Danau yang memiliki air berwarna hijau tersebut berada di dasar kawah Gunung Galunggung.

Di area objek wisata kawah tersebut juga banyak terdapat warung-warung makan yang menjajakan, masakan, makanan-makanan ringan dan minuman segar. (Liputan oleh : Ade Novit Sakinah)

Tinggalkan Balasan