Yuk, Wisata di Kota Batu dan Malang 🙂
Malang adalah kota dataran tinggi yang terletak di Jawa Timur. Malang menyimpan aneka potensi pariwisata yang menarik. Apel hijau segar, udara sejuk pegunungan, keindahan alam yang menakjubkan. Di Malang yang paling menarik menurut redaksi puteriputeri.com adalah Batu.
Kedekatannya dengan kota Malang yang hanya 30 menit jarak perjalanan, membuat Batu mudah diakses melalui beberapa moda transportasi. Dari Surabaya, Jakarta atau Bandung Anda dapat naik kereta api yang akan berhenti di Stasiun Kota Malang. Kemudian Anda dapat terus Batu dengan taksi, atau angkutan umum.  Bandara Abdurrahman Saleh di Malang melayani penerbangan dari Jakarta dan Bali.
Dari Terminal Bungurasih Surabaya ada layanan bus yang reguler ke stasiun bus Arjosari Malang. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Dari Stasiun Arjosari  Anda dapat naik taksi atau angkutan umum ke Batu.  Di Kota Batu ini  terdapat banyak  hal yang menyenangkan, wisatawan banyak yang menyatakan betah mengunjungi Batu di Jawa Timur.
Terletak sekitar 15 Km sebelah barat dari kota Malang atau sekitar 100 Km dari Surabaya, ibukota Jawa Timur, kota Batu dijuluki oleh Belanda pada masa penjajahan sebagai Klein Switzerland, atau Little Swiss di tanah Jawa, untuk kecantikan alam Malang. Saat ini, terdapat obyek wisata yang menarik dari Kota Batu, yakni BNS (Batu Night Spectacular),dan sejumlah taman tema menarik telah ditambahkan, sehingga benar-benar sebuah kota liburan untuk seluruh keluarga.
BNS (Batu Night Spectacular)
Di Batu-Jatim, Batu Night Spectacular(BNS) adalah objek wisata yang memang sengaja buka di malam hari. Banyak wahana yang bisa dimainkan dari usia anak – anak sampai dewasa.
Untuk yang dewasa, ada roller coaster, go kart, rumah lampion, dan lain-lain. Untuk anak-anak juga banyak permainan. Hal yang perlu diperhatikan di sini, setiap wahana punya biaya sewa masing-masing, jadi lumayan perlu biaya besar untuk bisa mencoba permainan di semua wahana.
Selepas selesai bermain di wahana BNS, ada food court dan tempat berbelanja souvenir sebelum pintu keluar, jadi buat oleh-oleh dari BNS bisa dicari semua di sini Lokasi BNS sebetulnya tidak jauh dari lokasi Jatim Park 2, jadi yang menginap di Pohon Inn Jatim Park 2 tetap ada kesempatan untuk berkunjung ke Objek wisata ini.
Sampai tahun 2001, Batu itu secara administratif bagian dari Kabupaten Malang, namun sejak saat itu telah menjadi kota kota dalam dirinya sendiri.Dikelilingi oleh tiga gunung: Gunung Panderman, Gunung Arjuna, dan Gunung Welirang, kota Batu duduk di sebuah bukit antara 680 sampai 1.200 meter di atas permukaan laut dan memiliki banyak untuk menawarkan sebagai tujuan liburan yang sempurna.
Selecta, sebuah resor wisata secara khusus dibangun pada tahun 1928, duduk di lereng Gunung Welirang dan Gunung Arjuna, dan merupakan favorit kunjungan wisatawan. Di resor peninggalan sejak zaman kolonial Belanda ini pengunjung dapat menikmati pemandangan alam hijau yang subur, taman bunga, da kolam renang besar.
Bagi mereka yang ingin merasakan air panas menyegarkan, maka bisa ke  Sumber Air Panas Songoriti (Songgoriti Hot Springs) dan Sumber Air Panas Cangar (Cangar Hot Spring) tidak hanya akan menyegarkan tubuh, tetapi juga menenangkan pikiran.
Di dekat pariwisata Songgoriti ada Candi  Songgoroto dan arca Ganesha peninggalan Kerajaan Singosari dan tempat peristirahatan  atau villa yang dibangun sejak zaman Belanda.
Ada juga atraksi terbaru di Kota Batu, seperti; paralayang perjalanan udara. Setiap hari Minggu, di Batu persegi digelar Minggu Travel Market yang menjual makanan khas Batu serta berbagai macam kerajinan.
Jatim Park1 dan Jatim Park 2 yang ada di Malang merupakan obyek wisata yang juga  populer di Jawa Timur, dan obyek wisata terbaru di Batu adalah Museum Satwa. Jatim park berada di jalan Kartika nomer 2 sekitar 20 Km dari kota Malang, butuh waktu sekitar 1 sampai 2 jam untuk sampai di Jatim Park. Untuk ke daerah Jatim Park ada 2 jalur, jalur alternatif melewati Desa Junrejo ke atas, di sana Anda akan melewati Batu Night Spectacular (BNS) dan juga Jatim Park 2 atau yang lebih di kenal dengan Secret Zoo, atau lewat jalur utama yang nantinya aka nada plang yang menunjukkan lokasi Jatim Park.
Bagi pengunjung yang hendak menikmati kesegaran air terjun, di Batu juga terdapat  air terju atau Cubann (Cuban adalah air terjun dalam bahasa setempat, seperti istilah Curug di dalam bahasa Sunda) yaitu Cuban Rondo, Cuban Rais, dan Cuban Talun, ketiganya adalah beberapa air terjun yang indah di sekitar sini yang menambah kemegahan alam Batu.
Apel hijau manis adalah ikon kota ini, karena Batu bersama-sama dengan Malang dikenal sebagai pusat apel dan produsen utama apel di seantero Pulau Jawa. Apel Malang adalah apel yang hanya ditanam di Malang, Batu dans kitaranya saja, karena sesuai dengan iklim dan ketinggian tanahnya. Perkebunan apel di sekitar kota juga telah tumbuh sebagai tempat wisata di mana pengunjung dapat menikmati sensasi memetik apel segar langsung dari pohon-pohon Apel, misalnya wisata kebun Apel di Desa Punten , Desa Bumiaji, dan Kusuma Agro di mana apel adalah daya tarik utama di tempat ini.
Bagi sahabat yang hendak melakukan wisata di Batu dan Malang, banyak tersedia penginapan dan akomodasi baik di kota Malang maupun di Batu. Selamat berwisata.
(imung mung ming)

Tinggalkan Balasan