Curug Cibeureum atau Air Terjun Cibeureum adalah salah satu tempat wisata populer di Jawa Barat.Curug ini terletak di bawah kaki Gunung Gede Pangrango sehingga masih termasuk kawasan Taman Nasonal Gunung Gede Pangrango.

Curug ini memiliki keunikan tersendiri. Selain jalurnya yang menanjak dan berbatu serta dikelilingi hutan lebat, selama perjalanan menuju ke lokasi kita juga akan disuguhi pemandangan alam yang indah.

telaga Biru

Di tengah perjalanan menuju curug ini, kita juga dapat menikmati indahnya Telaga Biru dan jembatan panjang yang terbuat dari batu buatan yang menjadi tempat favorit untuk berfoto.

Curug Cibeureum memiliki aliran air yang cukup deras namun tidak terlalu tinggi, ditambah dengan jernihya air yang mengalir dan sejuknya udara di sekitar curug ini membuat wisatawan betah belama-lama disini.

Tidak hanya itu, Curug Cibeureum terdiri dari tiga air terjun,yaitu Curug Cibeureum yang menjadi air terjun utama, Curug Cidendeng dan Curug Cikundul.

Curug Cibeureum terletak paling kiri dengan aliran air paling deras dan paling pendek, di bagian kanan Curug Cibeureum yaitu Curug Cidendeng dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih tinggi, serta Curug Cikundul yang lokasi tersembunyi diantar tebing menjadikan Curug ini jarang di kunjungi wisatawan.

Ketiga Air Terjun ini terletak di ketinggian sekitar 1675 Mdpl dengan tinggi rata-rata sekitar 40-50 meter.Untuk bisa menikmati keindahan Curug Cibeureum ini tidaklah mudah, dari gerbang masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango kita harus berjalan kaki melewati jalan setapak berbatu dengan jarak sekitar 2,8 km dan dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam.

Di sepanjang perjalanan menuju Curug Ciberueum, kita akan menemukan beberapa pos sebagai tempat beristirahat, setelah sekitar 30 menit kita akan sampai di pos pertama, di sini terdapat pusat informasi, tempat istirahat dan toilet.

Selanjutnya pos kedua terletak di dekat Telaga Biru.

Setelah pos kedua kita akan menemukan pos ketiga di sebelah pertigaan bernama Panyancangan Kuda. Disini terdapat penunjuk arah, apabila kearah kiri maka akan menuju lokasi air panas, Kandang Badak dan Pucak Gede, sedangkan arah kanan menuju ke Curug Cibeureum dan Puncak Pangrango.

Rute menuju Curug Cibeureum yaitu kita dapat melewati jalut Tol Jagorawi yang menuju Puncak, lurus sampai Cisarua Puncak Pas Ciloto lalu sampai di pertigaan Cibodas. Setelah itu silahkan ambil arah kanan menuju Kebun Raya Cibodas. Harga tiket masuk Curug Cibeureum yaitu Rp.18.500,-/orang, biaya parkir Rp.5000,- dan biaya masuk kawasan wisata Rp.3000,-/orang.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di hari biasa, karena di akhir pekan selain ramai dikunungi wisatawan, jalan menuju lokasi juga sering macet. Datanglah di pagi hari agar bisa lebih puas berkeliling di kawasan wisata ini.

(Liputan oleh : Sharfina Putri Utami)

Tinggalkan Balasan