Kabupaten Bogor biasa dikunjungi para warga lokal maupun pelancong sebagai tempat rekreasi akhir pekan untuk wisata Bogor.

Berbagai lokasi rekreasi seperti Taman Topi, Kebun Raya Bogor, dan Istana Bogor selalu penuh oleh pengunjung.

Untuk Wisata Bogor maka mulai dari kuliner, wahana permainan dan berbagai objek wisata dapat ditemukan di wisata Bogor.

Namun, bagi para wisatawan yang ingin merasakan ketenangan dalam berlibur, ada satu lokasi air terjun atau lebih dikenal dengan nama “Curug” yang dapat ditemui di daerah Bogor, yaitu Curug Nangka.

Curug Nangka terletak di Kota Bogor, tepatnya di Ciapus, Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, kawasan ini juga berada di bawah naungan RPH Gunung Bunder, dan juga BKPH Bogor KPH Kabupaten Bogor.

Tepatnya, air terjun Curug Nangka ini berada di kaki Gunung Salak dengan ketinggian 750 mdpl.

Suhu udara di sekitar kawasan ini adalah sekitar 20-22o C sehingga terasa sejuk. Selain masih dikelilingi oleh hutan yang lebat, curah hujan yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 4000mm/ tahun merupakan alasan mengapa kawasan ini terasa sejuk.

Jika ingin mengunjungi Curug Nangka, maka lokasi yang harus dituju adalah Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat.

Para wisatawan bisa membawa sepeda motor ataupun mobil karena jalan ke Curug ini cukup bagus. Sesampainya di depan gerbang masuk, wisatawan akan dikenakan tarif Rp. 15.000/orang dan Rp. 5.000/motor untuk biaya perawatan dan penjagaan kawasan Curug dan ada biaya parkir untuk sepeda motor ataupun mobil sebesar Rp.5.000/kendaraan.

Untuk sampai ke lokasi Curug, wisatawan akan melewati deretan pohon pinus dan saung-saung yang menjual berbagai makanan, snack, kaos serta souvenir.

Disediakan pula wc untuk ganti baju yang dikenakan harga Rp. 2.000/orang.

Beberapa anak tangga dan sungai kecil dengan bebatuan adalah hal yang menanti para wisatawan di sepanjang perjalanan.

Curug Nangka yang segar dan asri

(Bila telah tiba, para wisatawan akan dimanjakan dengan lingkungan sekitar Curug yang bersih, air yang jernih dan segar, cuaca sejuk, bunyi deburan Curug, serta kondisi yang sepi dan jauh dari perkotaan.

Kawasan wisata ini dibuka pukul 08:00 WIB –18:00 WIB. Benar-benar tempat yang sempurna untuk momentum perayaan libur panjang dan rekreasi keluarga.

(Liputan Oleh : Andhika Raka)

Tinggalkan Balasan