Liburan kali ini saya habiskan waktu bersama teman-teman saya untuk pergi berwisata ke tempat yang bernuansa alam. Pilihan saya dan teman saya jatuh kepada Wisata Alam Kalibiru yang terletak di Desa Hargowillis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat Wisata Alam Kalibiru ini sangat jauh dari suasana kota dan hiru-pikuk kendaraan bermobil, ditambah suasana nan sejuk perbukitan serta perpohonan yang terlihat di sekitar tempat Wisata Alam Kalibiru.

Untuk menuju lokasi Wisata Alam Kalibiru, perjalanan akan memakan waktu sekitar 1-1,5 jam dari pusat kota Jogja.

Ada banyak rute untuk menuju ke Wisata Alam Kalibiru, saya dan teman saya menggunakan rute yang sering digunakan oleh banyak wisatawan, yaitu jalur Sermo.

Jalur ini dikenal dengan jalur Sermo karena ketika kita ingin menuju ke tempat Wisata Alam Kalibiru, maka kita akan melewati Bendungan yang sangat besar yang dikenal dengan Bendungan Sermo.

Perjalanan saya dan teman saya kesana awalnya baik-baik saja karena jalanan yang sudah beraspal ini lengang dan sepi.

Namun kondisi jalanan mulai curam ketika sudah mendekati tempat Wisata Alam Kalibiru, dikarenakan tempatnya berada di atas perbukitan.

Bahkan mobil yang dikendarai teman saya berhenti di tanjakan karena mobil tidak kuat untuk menanjak, untung saja keadaan itu dapat terkendali.

Oleh sebab itu jika ingin berkendara dengan motor atau mobil ke Kalibiru dipastikan kendaraan dalam keadaan fit untuk menanjak.

Saat sudah sampai di sana, kita harus berjalan kaki lagi dengan jalanan menanjak dikarenakan tempat Wisata Kalibiru berada tepat di puncak perbukitan.

Untuk masuk ke tempat Wisata Alam Kalibiru kita harus membayar tiket masuk seharga Rp. 5000,- saja.

Setelah lelah menanjak maka semua itu akan terbayar dengan idahnya pemandangan Bendungan Sermo dari kejauhan dan hamparan hijaunya perbukitan, angin pun dapat saya rasakan sangat kencang berhembus.

Pesona ketinggian Wisata Alam Kalibiru

Hal menarik dari tempat ini adalah rumah pohon yang dapat dijangkau dengan flying fox atau tangga.

Untuk dapat naik ke rumah pohon ini dikenakan harga Rp 15.000 saja, namun ketika saya ke sana, antriannya sangat panjang.

Bahkan ada beberapa orang yang mengatakan bahwa dia menunggu selama dua jam hanya untuk dapat berfoto di rumah pohon tersebut ditambah lagi untuk naik ke tempat rumah pohon itu, dibatasi hanya maksimal dua orang saja.

Akhirnya saya dan teman saya memutuskan untuk berfoto di spot yang berbeda, namun tetap memiliki view yang sama, dan dapat menampung maksimal 10 orang.

Saya dan teman-teman saya mengantri dan hanya menunggu selama 30 menit, dikarenakan spot yang ini tidak seramai spot Rumah Pohon.

Setelah lama mengantri saya dan teman-teman saya langsung naik ke spot dan akan dipasangkan alat pengaman, jadi tidak perlu khawatir akan keselamatan berfoto di atas ketinggian.

Kami pun langsung mengambil kamera, dan berfoto bersama sambil menikmati sejuknya angin serta pemandangan di atas ketinggian.

Sungguh indah liburan kali ini bersama teman-teman dengan pengalaman baru pergi ke tempat yang indah di daerah Kulon Progo Jogjakarta.

Ketika kita hanya melihat keindahan melalui video maupun gambar, maka semua itu tidak akan tertandingi ketika kalian melihat langsung keindahan itu dengan mata kepala kalian sendiri,apalagi melihatnya bersama teman-teman kalian.

(Liputan oleh : Fika Aryanti Rahmat)

1 Comment

  1. Pingback: Selalu Nyaman Wisata di Kulon Progo - puteriputeri.com

Tinggalkan Balasan