Wirda Mansur, dara belia berparas cantik kelahiran Tangerang, 29 November  2001,  anak dari pasangan Ustadz Yusuf Mansur dan Siti Maemunah ini, bisa dibilang gadis yang mampu menginspirasi para perempuan belia Indonesia untuk terus berprestasi dan menuntut ilmu, baik ilmu agama maupun sains dan keilmuan modern.

Wirda Mansur yang juga pernah membintangi film “Cahaya Cinta Pesantren” ini kini telah berkuliah di University Oxford, Inggris.

Melalui akun Instagram, putri Ustaz Yusuf Mansur, Wirda Mansur, bercerita jika dirinya sudah resmi menjadi mahasiswa di Universitas Oxford, Inggris.

wirda-mansur-2

Gadis yang memiliki nama asli Wirda Salamah Ulya atau lebih dikenal dengan nama Wirda Mansur. memang seorang hafizah, di usianya yang masih tergolong belia, Wirda sudah menjadi seorang penghafal Al-Qur’an sampai tamat 30 juz.

Gadis kelahiran 2001 ini mengatakan bahwa ia memilih untuk berhenti sekolah umum demi menghafal Al-Qur’an. “Sejak umur 9 atau 10 tahun aku sudah mulai menghafal Al-Qur’an, tapi aku pilih untuk berhenti sekolah karena merasa kurang waktunya untuk hafalan,” tutur Wirda.

Namun bukan berarti ia tidak peduli akan pendidikan wajibnya. Wirda lebih memilih untuk belajar dengan sistem home schooling agar bisa mengatur waktu lebih fleksibel.

Wirda Mansur Tolak Dua Pelamar, Begini Ceritanya
Wirda Mansur

Selain belajar dan menghafal Al-Qur’an, anak pertama dari dua bersaudara ini juga aktif menjadi pengajar Al-Qur’an. Bahkan, karena kemampuannya menghafal kitab suci umat Islam tersebut, ia berkesempatan untuk mengajar di luar negeri.

Sejak usia belia, Wirda sudah terbang ke luar negeri memenuhi undangan untuk mengajar para remaja. Beberapa negara sudah ia sambangi, mulai dari Hongkong, Korea, Singapura, Bahrain, Qatar, hingga Amerika Serikat.

“Aku merasa beruntung karena ketika aku masuk di dunia Al-Al-Qur’an ini aku bisa keliling luar negeri tanpa keluar biaya sama sekali. Aku di undang ke sana dan mereka meminta aku datang mengajar,” lanjut gadis yang pernah tinggal di Amerika selama lima bulan ini.

wirda-7

 

Untuk menghafal Al-Qur’an, Wirda punya cara tersendiri. Satu ayat yang dibacanya diulang-ulang hingga seribu kali. Diakuinya saat menghafal pertama kali, banyak kesulitan dan rintangan yang dialaminya. Bahkan ia sempat putus asa namun tetap bertahan untuk menghafal.

“Motivasi aku menghafal Al-Qur’an adalah orangtua. Aku mikir aku nggak punya jaminan untuk diri sendiri di akhirat. Bagaimana aku mau menjamin orangtua dan keluarga? Awal hafalin Al-Qur’an susah banget, harus jatuh bangun dulu,” katanya lagi.

wirda-mansur-3

Pemilik nama asli Wirda Salamah Ulya ini mengunggah kabar dirinya resmi menjadi salah satu mahasiswa di Oxford, Senin (19/11/2016). Wirda mengunggah foto dirinya saat berada di salah satu ruangan di Universitas Oxford.

“Always remember one thing, if there is a dream there is a life. We have to write our dream. Tulis aja, lalu selawatin. Beli merch dari universitas ini itu, selawatin. Datangi universitas ini itu, selawatin. Siapa tau bisa beneran kan? Kalau bisa doanya bukan hanya jadi mahasiswa, jadi rektor sekalian. Selawatin juga, supaya orang lain bisa punya kesempatan kulian di universitas tersebut. Yes I Did come to Oxford, melihat sekeliling dan melakukan selawat. Mudah-mudahan bisa ngajak teman-teman ke Oxford juga, Amiiin.” Tulis akun @wirda_mansur.

Dalam unggahannya itu, Wirda menegaskan jika doa merupakan hal penting dalam mewujudkan mimpi. Wirda menyatakan dirinya mengunjungi dan mengelilingi Universitas Oxford serta berdoa agar bisa diterima di universitas tersebut.

wirda-mansur-4

Wirda sudah menerbitkan buku berjudul Reach Your Dreams yang rilis Oktober 2016. Dalam buku tersebut Wirda mengajak pembacanya untuk selalu bersemangat dalam membangun impian dan cita-cita. Dalam buku tersebut Wirda juga berbagai kisah-kisah tentang remaja dan cara pandang remaja yang berorientasi pada Al-Quran. (imung)

Tinggalkan Balasan