Tips berhemat & Hindari overspending !

Hal sepele seperti daftar belanjaan contohnya adalah sebuah hal yang sederhana, namun mampu membuat kita agar tidak overspending, kita mungkin senantiasa berpikir “bagaimana cara untuk menghemat uang?” Berikut ini ada beberapa tips yang akan membantu kita dalam berhemat dan tidak overspending atau terlalu banyak pengeluaran.

1. Luangkan Waktu untuk Berhemat

Anda tidak harus menjadi pelit atau mengubah gaya hidup Anda secara drastis. Ada trik dengan hanya meninjau apa saja yang telah Anda belanjakan dan bagaimana Anda membelanjakan uang pada setiap akhir bulan. Evaluasi lagi segi pembelanjaan anda. Hal ini mencegah anda overspending pada bulan depan. Luangkan waktu untuk berhemat pada setiap spot anda belanja, ini juga berarti makin selektif memilih item, misal dengan hanya membandingkan per unit harga kosmetika pelembab saat Anda membeli sebotol 100 ml dan sebotol 500 ml, ini sudah membuat perbedaan, dengan perhitungan berapa takaran kosmetika pelembab yang anda butuhkan sebulan.

2. Mulai Menabung Sekarang

Hanya merenungkan dan melamunkan bagaimana cara untuk menyimpan uang, hal ini tidaklah efektif, karena baru sebatas angan semata. Anda perlu mulai sekarang untuk menabung. Percayalah, tidak peduli berapa banyak yang anda peroleh itu tidak akan pernah cukup jika anda kurang ahli dalam soal menabung. Pengeluaran Anda akan selalu berkembang dalam proporsi pendapatan Anda. Artinya, pengeluaran akan senantiasa mengikuti pemasukan anda seperti keran air, tanpa bak cadangan. Jadi jangan menunggu waktu yang tepat untuk mulai menabung. Secepatnya Anda mulai semakin baik.

3. Hindari Perangkap Utang

Dalam dunia sekarang ini mendapatkan pinjaman mudah. Banyak yang ditawarkan dalam bentuk hutang kredit. Dari pembelian mobil, rumah, laptop dan bahkan liburan. Bijak dengan kartu kredit, karena pinjaman pribadi dan kartu kredit adalah satu di antara hutang paling mahal. Selalu bayarlah tagihan kartu kredit tepat waktu untuk menghindari biaya yang tidak perlu.

4. Jadilah Penabung yang Reguler

Biar bagaimanapun adalah baik untuk menyisihkan meski hanya sejumlah kecil uang setiap bulan. Hal ini dapat membantu Anda nyaman dalam menabung. Karena menabung ini perlu sifat reguler dan bukan insidental saja sifatnya.

5. Memiliki Tujuan yang pasti
Menargetkan jumlah uang yang Anda ingin menyimpannya setiap bulan. Penting bahwa Anda memiliki tujuan dan menaatinya. Menjaga tujuan masa depan lebih penting daripada memiliki sebuah tujuan ambisius semata. Anda dapat mulai dengan memiliki tujuan kecil. Ingat pada masa kanak-kanak dahulu saat menyimpan uang ribuan dari uang saku Anda setiap hari untuk dimasukkan ke dalam celengan Anda. Maka memiliki target membuatnya lebih mudah untuk mencapai tujuan anda.

6. Siapkan Anggaran

Anda mungkin akan merasa malas dan enggan ketika Anda harus duduk untuk mempersiapkan daftar pengeluaran Anda setidaknya dalam sebulan. Setelah menuliskan pengeluaran dasar seperti : sewa, listrik, pulsa telepon dll maka akan dapat dilihat mana yang reguler dan mana yang insidental. Karena misalkan ; kadang-kadang kita tidak yakin berapa banyak yang telah kita habiskan untuk makanan dan jajanan dalam satu bulan. Karena kadang kita hanya pergi dan berbelanja serta makan-makan tanpa tahu sebenarnya berapa yang kita habiskan tiap bulannya untuk wisata kuliner pribadi ini.

Sangat penting untuk memiliki gagasan yang jelas dari penghasilan Anda dan pengeluaran sehingga Anda dapat mengidentifikasi daerah-daerah di mana Anda dapat menghemat uang dan juga akan membantu Anda berpegang teguh pada tujuan Anda.

(imung mung ming)

Tinggalkan Balasan