Belanja online memang mudah, apalagi dengan adanya beragam penawaran situs belanja online yang ada, serta pengiriman yang relatif cepat. Simak Tips Aman Belanja Online Berikut ini :

Belanja kini jadi lebih mudah dan lebih nyaman bagi konsumen, tinggal klik item barang yang diinginkan, maka bereslah sudah.
Untuk kemudahan dan keamanan Anda, belanja online membutuhkan kecermatan sekaligus kehati-hatian dalam melakukan transaksi online.
Bila anda menggunakan cara online untuk belanja, maka harus diwaspadai tentang Phishing.

Phising adalah cara peretas untuk mencoba mendapatkan informasi seperti username, password, dan rincian kartu kredit dengan menyamar sebagai situs atau lembaga terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik.

Situs yang sering dicurigai melakukan phising biasanya adalah situs-situs penyedia konten pornografi gratisan.
Kejahatan di dunia maya umumnya dilakukan oleh para penjahat yang melakukan pencurian informasi pribadi seperti username, password atau PIN, Nomor Rekening Bank dan Kartu Kredit anda, jaminan sosial, nama ibu dan tanggal kelahiran anda dan informasi penting lainnya yang akan dipergunakan untuk melakukan berbagai jenis kejahatan dan penipuan keuangan.

Untuk kemanan anda belanja Online bisa diperhatikan hal-hal berikut ini tips untuk keamanan belanja Online Anda :

1. Gunakan Website Familiar yang Terpercaya

Online shopping website on laptop screen with female hands typing

Belanja online sebaiknya pada situs online yang sudah terpercaya bertahun-tahun, daripada berbelanja encari barang dengan mesin pencari. Hasil pencarian dapat dicurangi untuk menyesatkan Anda, terutama ketika Anda melewati beberapa halaman pertama dari laman pencari.
Waspadalah terhadap nama situs yang salah eja dari nama situs aslinya, nama situs mirip, misal situs populer aslinya menggunakan .com, namun muncul situs yang menggunakan domain top-level yang berbeda misalnya .net bukan .com, hal ini adalah trik tertua di penipuan online.
Maka penjualan di situs tersebut mungkin terlihat menarik, tapi itulah cara mereka menipu Anda agar menyerah info Anda.

2. Carilah Situs yang memiliki SSL

belanja-online-ssl-4

Jangan pernah membeli sesuatu secara online menggunakan kartu kredit Anda dari situs yang tidak memiliki SSL (secure socket layer), yang tidak ter-enkripsi.
Anda akan tahu jika situs tersebut memiliki SSL karena URL untuk situs akan mulai dengan HTTPS: // (bukan hanya HTTP: //). Ikon gembok yang terkunci akan muncul, biasanya dalam status bar di bagian bawah browser web Anda, atau tepat di samping URL di address bar. Hal ini tergantung pada browser Anda.
Jangan pernah seali-kali memberikan orang kartu kredit Anda melalui email.

3. Jangan Katakan Semua

Two girls planning their winter holidays online.
Two girls planning their winter holidays online.

Tidak ada toko belanja online yang perlu nomor jaminan sosial Anda, atau nomor KTP anda, atau juga atau tanggal ulang tahun Anda untuk melakukan bisnis. Karena, jika penjahat mendapatkan informasi itu, dikombinasikan dengan nomor kartu kredit Anda untuk pembelian, mereka dapat melakukan banyak kerugian bagi Anda. Semakin banyak mereka tahu, semakin mudah untuk mencuri identitas Anda. Bila memungkinkan, beri se-sedikit mungkin informasi.

4. Selalu Periksa Laporan Kartu Kredit Anda

belanja-online-5

Jangan menunggu tagihan Anda untuk datang pada akhir bulan. Periksa secara teratur, juga selama musim liburan dan lihat laporan elektronik untuk kartu kredit Anda, kartu debit, dan rekening giro. Jika Anda melihat sesuatu yang salah, cepat angkat telepon untuk melaporkan dan mengatasi masalah ini dengan cepat.
Dalam kasus kartu kredit, membayar tagihan hanya setelah Anda tahu semua biaya Anda akurat. Anda memiliki waktu 30 hari untuk memberitahu bank atau penerbit kartu masalah, namun; setelah itu, Anda mungkin bertanggung jawab untuk biaya tetap.

5. Lindungi PC Anda dengan anti Virus

anti-virus

Penipu tidak hanya duduk-duduk menunggu Anda untuk memberi mereka data. Kadang-kadang mereka memakai malware untuk mencuri data anda. Anda perlu program anti-virus untuk melindungi PC Anda terhadap malware.

6. Gunakan Sandi yang kuat

belanja-online-utama

Usahakan password Anda uncrackable. Buat sandi anda Kuat pada situs e-commerce. Sandi anda juga harus kuat pada ponsel Anda. Dan juga email Anda.

7. Hindari PC Umum untuk belanja Online

belanja-online-3

Selalu minimalkan menggunakan komputer umum untuk melakukan pembelian online. Jika Anda melakukannya, ingat selalu untuk log out setiap kali Anda menggunakan Komputer umum, bahkan jika Anda hanya memeriksa email.

8. Bila pakai Ponsel

belanjan-online-7

Bagaimana dengan menggunakan smartphone Anda sendiri untuk berbelanja saat Anda keluar rumah? Pada waktu belanja online dengan smart phone usahakan di tempat dimana tidak ada orang yang leluasa mengintip layar smartphone Anda dan menggali informasi Anda ketika anda sibuk belanja Online dengan Smartphone Anda.
(Gadiss)

Tinggalkan Balasan