Selain Pantai Kuta yang sudah sangat terkenal, banyak pantai lain yang tidak kalah indahnya. Salah satunya terletak di Jimbaran yaitu Pantai Tegal Wangi. Pantai ini masih jarang di kunjungi wisatawan karena itu pantai ini sering disebut dengan Jimbaran Hidden Beach.

Liburan kali ini saya memilih Pulau Dewata, Bali. Meskipun bukan pertama kali kesini, tetapi selalu saja merasa senang. Karena memang sudah tidak diragukan lagi pesona keindahan Pulau ini. Pesona utamanya adalah keindahan pantai yang menjadi daya tarik para wisatawan dalam dan luar negeri.

image1-1

Pantai ini di namai Pantai Tegal Wangi, yang berasal dari kata Tegal dan Wangi. Tegal bisa diartikan perkebunan dan Wangi berarti harum. Jadi, Tegalwangi adalah kebun yang berbau harum.

Keunggulan pantai ini selain pasir putihnya adalah tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya. Sekitar pantainya pun dipenuhi dengan pepohonan hijau yang menambah nilai keindahannya. Selain itu kita juga dapat melihat deburan ombak pantai yang sangat cantik dengan air yang berwarna biru kehijauan dengan dihiasi pasir putihnya yang membuat suasana di pantai ini semakin nyaman untuk kita kunjungi.

Untuk menuju pantai, dari atas bukit pengunjung cukup melewati jalan setapak berbentuk karang sebagai anak tangga sebelum akhirnya kaki anda bersentuhan langsung dengan butiran pasir. Karena masih alami, pengunjung disarankan berhati–hati agar sampai dengan aman ke pantai lantaran terjal.

image2

Di sepanjang pantai hanya dominan kelihatan satu hotel berbintang serta tanaman yang biasa tumbuh di lahan bukit kapur. Dari sebuah lahan kosong yang dekat pura, berbagai jenis kendaraan bebas terparkir tanpa ada petugas parkir yang mengatur. Pantai ini belum ada fasilitas penunjang seperti tempat wisata lainnya. Kawasan ini masih bebas dari pedagang dan sarana fasilitas umum seperti kamar kecil.

Selain digunakan sebagai tempat refreshing, pantai ini juga kerap digunakan pusat kegiatan melasti (dalam rangkaian Hari Nyepi) desa setempat. Karena alami, pantai ini juga banyak digunakan sebagai lokasi berfoto untuk pre-wedding.

Jika datang dari Bandara Ngurah Rai akan memerlukan waktu kurang lebih 30 menit menuju pantai Tegal Wangi Jimbaran.

(Liputan oleh : Febi Amelia S)

Tinggalkan Balasan