Di balik tari Bali yang mengisahkan tentang Barong Rangda, sepintas menyeramkan, namun ada pesan moral di balik tari ini…

Halo pembaca puteriputeri.com, ijinkan saya Yosafat (22) untuk menceritakan kisah tentang liburan saya dan keluarga di Bali.

Di Pulau Dewata ini, yang sangat terkesan bagi saya adalah melihat kesenian yang ditampilkan di beberapa pusat kesenian di Denpasar, Bali.

Benar kalau dikatakan bahwa warga Bali sangat menghargai kesenian tradisional Bali.

Tari Bali sangat menarik untuk disaksikan, karena ada unsur drama dan budaya.

Seperti saat saya melihat sebuah kesenian tari Bali yang dipentaskan, dengan gamelan yang dinamis, sehingga menimbulkan semangat bagi para pemirsanya.

Irama gamelan Bali sangat indah dan ritmenya mampu membuat semangat kita bangkit lagi.

Tak terasa saya asyik menyaksikan tari bali ini hingga 3 jam lamanya.

Tari yang saya saksikan bertajuk tari Barong Rangda, yakni menceritakan pertempuran antara elemen baik melawan elemen kejahatan.

baronng-4

Pada tari Barong Rangda ini pesan moral yang saya tangkap adalah : bila kita menghadapi sebuah kendala ataupun kesulitan dalam hidup ini, kita tak boleh lari untuk menghindar.

Adanya kendala yang kita temui ini, harus kita berani dan konsekuen dalam menghadapinya.

baronng-1

Seperti yang ditarikan oleh para penari barong ini, dimana adanya kejahatan yang dihadapi baik dihadapi sendiri pribadi maupun dihadapi bersama-sama oleh para warga.

Saya sangat menghargai kesenian bali dan suka untuk menyimak pesan-pesan moral yang terdapat di dalamnya.

baronng-3

Karena pada jaman sekarang ini semakin lama, anak muda atau generasi muda malah lebih suka melihat tayangan film luar negeri, daripada melihat kesenian asli bangsa Indonesia.

Padahal sebenarnya para nenek moyang kita telah memberikan pesan moral untuk kebaikan generasi mendatang.

Sekian liputan saya dan terimakasih.

(Foto dan Liputan Oleh : Yosafat Lamhot Prasetyo)

Tinggalkan Balasan