Pantai Ngetun merupakan pantai yang super ciamik indah banget, para pembaca puteriputeri.com inilah pengalaman saya Khanifaturrohmah di pantai Ngetun…

Pantai ini sangat jauh dari kesan ramai. Bahkan mungkin jika saat ini kamu berkunjung ke pantai ini kamu tak akan menemukan siapapun kecuali kamu sendiri.

Pantai Ngetun memang sepi, namun mempesona Jika dilihat secara keseluruhan pantai ini sebenarnya tidaklah terlalu berbeda dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Pantai ini memiliki pasir putih dengan hiasan berupa tebing-tebing karang di sekelilingnya.

Lokasinya hanya beberapa ratus meter dari Pantai Timang yang terkenal dengan aktivitas mencari lobster. Namun melalui jalur yang berbeda.

Akses jalan ke Pantai Ngetun memang agak sulit.Ketika sudah sampai Desa Sureng, temukan dulu SDN IV Tepus yang keberadaannya agak tersembunyi di balik semak belukar. Setelah ketemu kita bisa melewati jalan yang ada di sampingnya dengan mengikuti jalan yang sudah diperkeras dengan cor-coran. Lalu kita akan menemui pertigaan kuburan keramat dan lurus saja.

Setelah itu, kita melewati jalan bebatuan yang penuh guncangan dan melewati dua pedesaan. Kita akan melewati sebuah lapangan yang ada pohon beringin besar. Beberapa turunan jalan sudah diganti dengan jalan cor semen dan hal ini sedikit membantu dalam perjalanan melewati jalan berbatu.

Hati-hati pada turunan yang curam dan berada di tepi jurang. Sebelum mencapai bibir pantai, kita dapat menjumpai sumber mata air. Sumber mata air sangat jernih dan segar tentunya.

Kita dapat menikmati damainya suasana tengah hutan yang hijau dan gemercik suara air memecah sunyinya hutan. Satu kilometer dari sumber mata air ini kita akan sampai ke tujuan utama yaitu Pantai Ngetun.

Keindahan Tersembunyi Pantai Ngetun

Lorong pohon-pohon menjelang masuk ke tepi pantai ibarat seperti gapura selamat datang, menyejukan. Pantai Ngetun ternyata mempunyai pasir yang halus dan beberapa spot terdapat cangkang-cangkang yang terdampar terbawa ombak. Pantai ini diapit dua bukit tinggi dan di atas kedua bukit tersebut biasanya warga sekitar menggunakannya tempat untuk memancing lobster.

Di sisi-sisi pantai ini terdapat banyak pohon rindang sehingga bisa kita gunakan untuk berteduh dan beristirahat.

Secara keseluruhan Pantai Ngetun merupakan pantai alami, indah dan cocok dikunjungi oleh orang orang yang menyukai tantangan. Medan jalan yang sulit membuat banyak orang mengurungkan niatnya untuk mengunjungi Pantai Ngetun. Persiapan menuju Pantai ini harus benar- benar matang agar tidak ada kendala dalam perjalanan menuju ke pantai. Kondisi motor harus benar-benar fit dan membawa bekal secukupnya karena tidak ada satupun penjual yang membuka dagangannya di pantai ini. Dengan kombinasi pepohonan hijau yang ada di sekitar Pantai Ngetun serta birunya air Samudra Hindia, hasil foto tentu tak akan mengecewakan.

(Liputan oleh : Khanifaturrohmah)

Tinggalkan Balasan