Oh, tak kan terlupa di Tahuna, Ujung Utara Indonesia yang Indah Tiada Tara….

Para sahabat puteriputeri.com, berikut ini sebuah pengalaman ketika berkunjung ke Tahuna di Sulawesi Utara yang juga merupakan ibukota kabupaten Kepulauan Sangihe di wilayah Sulawesi Utara.

Kota ini terletak di teluk yang indah dengan nama Teluk Tahuna, untuk sampai ke sana para pengunjung atau wisatawan dapat mengunakan sarana transportasi laut.

Kepulauan Sangihe adalah kepulauan terluar di bagian utara Indonesia dan berbatasan langsung dengan Filipina. Terdiri dari kurang lebih 90 pulau, sebagian besar pulau tersebut merupakan daerah pesisir yang berbukit di bagian tengahnya.

Ibu kota kabupaten Sangihe, yaitu Tahuna, terletak di pulau terbesarnya.

Untuk mencapai Tahuna dari ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Manado, dapat digunakan dua alternatif yakni : moda transportasi pesawat terbang selama 50 menit dari bandara Sam Ratulangi Manado ke bandar Udara Naha, Tahuna, atau dengan menempuh perjalanan selama 7-8 jam dengan kapal cepat dari Kota Manado menuju ke Pelabuhan Tahuna.

Masyarakat Kepulauan Sangihe sebagian besar bekerja sebagai nelayan, terutama penduduk pinggiran dan di pulau-pulau yang lebih kecil. Ada juga penduduk di sekitar pantai berkebun dengan menanam Pohon Kelapa untuk diambil kopra-nya, sedangkan mereka yang di daerah pegunungan memilih untuk berkebun Pala dan Cengkeh.

Mayoritas hasil kebun dijual ke Manado, bahkan ada pula yang dijual ke Filipina. Maklumlah, Tahuna ini merupakan perbatasan sebelah Utara Indonesia yang berbatasan langsung dengan Filipina, jadi untuk ke Filipina lebih dekat daripada ke Manado dari Tahuna,

Kerukunan dan toleransi umat beragama di wilayah ini sangat baik, sangat harmonis dan bergotong-royong sehingga terasa tenteram dan aman untuk tinggal di Tahuna.

Para sahabat puteriputeri.com dapat menikmati pemandangan kota dan teluk Tahuna saat anda berada di kawasan puncak Langaneng, yakni salah satu daerah tertinggi di kabupaten ini, dari puncak Langaneng Anda juga bisa melihat jelas puncak Gunung Api Awu di Kepulauan ini.

Di tempat ini kita dapat bersantai menikmati pemandangan hingga waktu matahari terbenam apalagi ditemani oleh makanan ringan pisang goreng dan secangkir kopi.

Tahun Baru di Tahuna sungguh pas, karena seolah waktu berjalan sangat halus di Tahuna.

Jadi kita akan menikmati saat waktu merambat pelan menuju Tahun Baru di Tahuna.

Tahuna, kebanggaan Indonesia. Bagi wisatawan yang berhasil mencapai moment berharga Tahun Baru di Tahuna, maka moment itu selamanya menjadi milik Anda, tak ‘kan bisa terlepas dari ingatan Anda, juga akan diingat oleh kawan-kawan Anda yang selalu mengikuti aktivitas Anda via media sosial.

Demikian pengalaman di  kota Tahuna, Selamat Tahun Baru 2017. Salam travelling khas puteriputeri.com.

 

(Liputan dan Foto oleh : Riza Arief–Fotografer)

Tinggalkan Balasan