Sumber Air Panas di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) ini terletak di Bogor, Jawa Barat, yang lazim dikenal dengan sebutan Gunung Bunder.

Sahabat puteriputeri.com, melakukan wisata atau rekreasi sebenarnya harus sering-sering kita lakukan. Alasan pertama karena kegiatan rekreasi sangat menyenangkan, dan yang kedua kita bisa melihat tempat pariwisata yang mungkin selama ini hanya kita baca atau saksikan fotonya saja.

Pada minggu lalu puteriputeri.com menyempatkan diri melakukan liputan wisata ke Sumber Air Panas di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Karena kebetulan penulis berdomisili di Bogor, maka penulis dengan mudah mengambil rute Jalan Kemang Raya (saya menempuh rute jalan tembus Kec Kemang-Ciampea, melalui Kecamatan Kemang Bogor) kemudian ke Jalan Raya Ciampea – Pasar Ciampea – Arah Gunung Bunder – Taman Nasional Gunung Halimun Salak atau populer juga dengan sebutan wisata Gunung Bunder-Bogor.

Kebetulan penulis tinggal/berdomisili di kecamatan Kemang, kabupaten Bogor, jadi dari arah rumah langsung ke ambil arah ke kanan menuju ke pasar Ciampea.

Penulis pikir, selama 7 tahun lebih saya tinggal di kecamatan Kemang, baru kali ini saya jalan-jalan ke kawasan Gunung Bunder, padahal letaknya dari rumah tidak jauh, karena jarak antara kecamatan Kemang dan kecamatan Ciampea relatif dekat, dan waktu tempuhnya juga 2 jam kurang sudah sampai ke lokasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak atau warga sering menyebutnya sebagai Gunung Bunder, dengan menghitung lama kemacetan di Pasar Ciampea.

Berendam di Sumber Air Panas di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS)

Kolam belerang TNGHS

Di kawasan TNGHS atau Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini juga ada pemandian air panas belerang yang memiliki aneka khasiat, antara lain untuk sakit rematik, pegal linu capek dan asam urat, juga penyembuhan aneka penyakit kulit.

Obyek wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak- Bogor ini ada beberapa air terjun, atau curug, yaitu : Curug Ngumpet, Curug Pangeran, Curug Cihurang, Curug Seribu, dan Curug Cigamea.

sungai dekat sumber mata air panas TNGHS yang juga terasa hangat

Namun saya memilih langsung ke pusat sumber air panas bernama Cipanas di Kawasan Taman Nasional ini.

Udara di Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor ini sungguh sejuk. karena itu membuat pengunjung betah di taman nasional ini. Kolam air panas di pemandian air panas Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) juga cukup memadai, dan mengundang minat para pengunjung untuk mencoba berendam di kolam belerang ini.

 

Pertama kali terasa agak panas memang ketika kita berendam di Kolam ini, namun lama-kelamaan jadi nyaman juga. Karena sifat air belerang (sulfur) yang anti septik maka dipastikan bahwa air belerang ini bebas kuman.

Kita juga  tak perlu khawatir akan penyakit karena secara ilmiah belerang berfungs ipula sebagai antiseptik, dan melawan kuman serta bakteri penyebab sakit pada kulit.

(Imung/Ian D Rahman)

Tinggalkan Balasan