Berendam air hangat belerang alami sangat bermanfaat bagi kesehatan jasmani. Seperti dengan mencoba mandi berendam air hangat belerang alami di lokasi Air Panas Belerang Alami Ciseeng, Bogor.

Rute menuju wahana wisata air panas Ciseeng, bisa ditempuh dari beberapa jalur.

Kebetulan saya berdomisili di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Maka, rute menuju Ciseeng, saya menempuh jalur dari arah Barat.

Artinya, dari arah Kota Bogor > Jambu Dua, belok kiri > arah Jalan Baru atau Jl. Sholeh Iskandar >> menuju Salabenda > menuju arah Parung> sampai di dekat perumahan Telaga Kahuripan, saya memilih rute jalan belok ke kiri.

Karena persis setelah perumahan Telaga Kahuripan ada pertigaan belok ke kiri, kalau dari arah Kota Bogor.

Rute ini akan langsung menuju ke perempatan Ciseeng.

Di perempatan ini jika ke kiri ke arah Putat Nutug, dan ke kanan ke arah Parung.

Sedangkan untuk menuju ke wahana wisata Tirta Sanita Ciseeng, maka Anda tinggal terus lurus kira-kira 500 meter maka telah jelas terpampang baliho bertuliskan “Wahana Wisata Pemandian Air Panas Belerang Alami, Tirta Sanita” Ciseeng ini di sebelah kanan jalan.

Wahana Wisata Tirta Sanita, air belerang alami di Ciseeng ini selalu ramai di hari libur, terutama hari Minggu.

Kebetulan saya memilih berangkat pada hari Minggu pagi hari.

Jadi jalur tidak macet, dan lancar.

Di wahana wisata ini dikenakan tarif Rp. 15.000,- sekali masuk untuk dewasa, dan 10.000,- untuk anak-anak.

Rute menuju di pemandian Air panas Ciseeng ini juga bisa ditempuh dari arah Timur yakni dari Ciputat.

Rutenya Jakarta Selatan > Ciputat > Parung> kemudian ada jalur belok kanan ke Ciseeng.

Di area Pasar Parung terdapat pertigaan untuk belok kanan menuju ke Ciseeng.
Maka bagi para pembaca yang hendak menuju ke air panas Ciseeng bisa melalui jalur dari arah Kota Bogor ataupun dari arah Ciputat.

bath tub air hangat belerang alami di Ciseeng

Hanya saja sayangnya, untuk para pengunjung yang hendak mandi air panas, harus membayar lagi sebesar Rp.15.000,- per-orang untuk masuk kamar dengan bath tub air panas.

Juga untuk menuju ke pemandian di bukit kapur Ciseeng ini, pengunjung juga dikenakan biaya lagi Rp. 15.000,- per orang.

Maka jika anda yang membawa kendaraan pribadi hendak menikmati air panas Ciseeng ini, maka biaya yang dikeluarkan adalah

-Parkir Mobil Rp.5000,- plus jasa tukang parkir yang memberi aba-aba, biasanya Rp, 2000,-.

– Masuk peron tiket Rp, 15,000,- (dewasa)

– Masuk kamar mandi dengan bath tub air panas Rp. 15.000,-.

– Masuk area bukit kapur yang ada kolamnya Rp.15.000,-

Belum biaya naik wahana permainan atau kolam renang anak-anak, dikenakan biaya lagi sebesar Rp.15.000,-.

Begitulah rute untuk menuju ke air panas Ciseeng, serta biaya masuk di Air panas Ciseeng ini.

Manfaat berendam air panas belerang alami

puncak kolam air panas di Ciseeng

Setidaknya ada 10 manfaat bagi tubuh manusia saat berendam di air panas itu.

1. Mengeluarkan racun dari tubuh.

Mandi dan berendam di air panas dengan suhu sekitar 32-35 derajat Celcius akan membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin. Berendam menggunakan air panas juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik.
Waktu yang dianjurkan untuk berendam yaitu sekitar 10 hingga 30 menit. Harap pula diingat untuk tidak terlalu lama berendamair panas, karena pembuluh darah juga akan memuai dan melebar karena peningkatan suhu.

2. Menghilangkan stres

Mandi atau berendam air panas bisa meringankan beban pikiran. Untuk temperatur air untuk mandi atau berendam sekitar 30-35 derajat Celcius. Mandi atau berendam dengan air panas bisa meredakan ketegangan, apalagi berendam sambil menikmati keindahan alam yang ada di pemandian air panas Sumber air panas belerang alami.

3. Mengobati penyakit kulit.

Mandi atau berendam menggunakan air panas juga bisa mengobati penyakit kulit seperti eksim, ruam, gatal-gatal, dan penyakit kulit lainnya. Untuk mengobati penyakit kulit ini, disarankan berendam di air panas selama 10 hingga 20 menit. Mengobati infeksi Mandi atau berendam di air panas juga bisa membantu penyembuhan penyakit infeksi kulit.
Hal ini karena belerang yang ada di air panas itu mengandung antiseptik. Disarankan berendam sekitar 15 hingga 20 menit.

4.Mengobati flu dan sakit kepala.

Merendam kaki dalam air panas bisa membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala. Selain itu, merendam kaki juga bisa menyegarkan kembali kaki yang kelelahan. Disarankan merendam kaki selama 10 hingga 20 menit, setelah itu basuh kaki menggunakan air dingin.

5.Mengobati insomnia.

Merendam kaki di dalam air panas sangat baik bagi penderita penyakit insomnia atau mereka yang memiliki masalah tidur. Caranya, masukkan kaki ke dalam air panas selama 10 hingga 20 menit sampai kaki berasa hangat. Memperlancar sirkulasi darah Merendam badan di air panas bisa memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh. Hal ini sangat baik bagi kesehatan organ-organ vital dalam tubuh seperti jantung, diabetes, liver, dan lainnya. Namun, harus dilakukan secara rutin. Mengobati jerawat Sulfur yang terkandung di air panas alami bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Caranya, usapkan air panas yang mengandung belerang itu ke wajah secara berkali-kali.

6. Meredakan Penyakit tulang

Berendam air panas alami juga bisa meringankan keluhan penyakit tulang seperti rematik, sakit bahu, dan sakit pergelangan tangan dan kaki.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Berendam air panas alami juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas, memelihara kesegaran sendi-sendi dan otot, dan menghilangkan pegal-pegal.
Begitulah pembaca sekalian, khasiat mandi air panas belerang alami.

(imung)

Tinggalkan Balasan