Anda Pecinta wisata kuliner Bandung ? Kalau mengaku iya, pasti anda sudah tahu makanan khas tradisional Jawa Barat yang populer di Kota Kembang dengan nama Surabi Enhai Bandung yang bercita rasa khas Surabi Bandung.

Cemilan Surabi Bandung yang rasanya ada yang asin dan manis ini akan tetap berasa gurih, renyah dan sangat lembut ketika dikunyah di dalam mulut, dan akan memberikan sensasi yang berbeda dengan berbagai makanan ringan lainnya yang mungkin sudah anda kenal seperti Mochilok apalagi dengan Tahu Bandung dan peuyeum Bandung.

Surabi Bandung adalah olahan makanan ringan khas Jawa Barat, suku Sunda, yang cara membuatnya sangat unik yaitu dimasak di atas tungku dari tanah liat, dan justru inilah karakteristik yang membuat makanan ini sangat khas baik dari rasa maupun dari aromanya.

tungku Surabi Bandung

Surabi sudah lama menjadi salah satu andalan wisata kuliner kota Bandung yang sering dicari oleh para wisatawan yang mengunjungi Kota Bandung.

Surabi Bandung yang khas dimasak di atas tungku tanah liat

Di tempat Surabi Enhai ini, Surabi  dikemas dan disajikan dengan berbagai aneka rasa Surabi yang sangat modern dan dijamin menggoda, di sini tersedia rasa surabi original yaitu asin dan cita rasa yang telah dimodifikasi lebih kekinian mengikuti zaman seperti telah dilengkapi cokelat, susu, oreo, strawberry bahkan hingga es krim.

surabi es krim

Tak cukup dengan sensasi rasa di atas? Jangan khawatir, misalkan anda menginginkan ras surabi dengan rasa yang lebih pedas atau gurih, hal itu bisa disediakan disini.

Surabi juga merupakan kuliner yang terjaga kesegarannya, karena dimasak langsung di depan pengunjung.

proses pembuatan surabi
proses pembuatan surabi

Bahkan di satu rumah makan bisa saja menyediakan lebih dari 50 varian rasa surabi bandung. Untuk Anda yang kebetulan sedang berkunjung di daerah Bandung, tidak ada salahnya anda mencicipi jajanan khas Bandung yang satu ini sebelum anda membuatnya sendiri di rumah.

Resep Surabi Bandung

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam resep surabi Bandung adalah sebagai berikut :

150 gr kelapa muda parut
500 ml santan kental
250 gr tepung terigu protein sedang
½ sdt garam halus
2 sdm minyak goreng
Keju parut secukupnya
Susu kental manis
200 gr mesis coklat
Cara membuat surabi dalam resep surabi Bandung :

Campurkan santan, tepung beras, kelapa parut, dan garam menjadi satu adonan.
Lalu siapkan cetakan dan beri sedikit minyak goreng agar adonan tidak menempel ketika dimasak. Tuangkan adonan Surabi ke dalam cetakan, masak hingga mengeluarkan gelembung-gelembung lalu masak hingga matang
Setelah matang, angkat dan beri taburan mesis, keju, dan susu di atasnya.

(Liputan oleh : Syaima Dwi Putrie)

Tinggalkan Balasan