Bagaimana jika saya ajak Anda Menggoyangkan Lidah dengan hidangan Sauto alias Soto Tauco di  Tegal, sebagai hidangan Kuliner Khas Jawa Tengah 🙂

Wisata kuliner menjadi salah satu trend pada saat ini. Tidak hanya kalangan tertentu, semua usia pun bisa melakukan wisata kuliner. Soto Tauco atau yang biasa disebut “Sauto” khas Tegal ini merupakan salah satu makanan yang sangat diminati oleh semua kalangan.

Cita rasa yang khas dari Sauto = Soto Tauco ini adalah kuahnya yang ditambahkan dengan Tauco, sehingga aroma dari tauco-nya cukup terasa. Soto Tauco ini disajikan dalam mangkuk berukuran kecil diatas tatakan piring kecil, sehingga akan terlihat sangat menggiurkan dengan Sauto yang memenuhi seluruh mangkuk ini.

Tidak berbeda dengan Soto pada umumnya isi dari Soto Tauco ini antara lain; daging ayam suwir, tauge, bawang prei, brambang goreng, dan yang sudah pasti yang menjadi ciri khas yaitu Tauco.

Tapi jangan khawatir bagi yang tidak menyukai Tauco disana tersedia juga soto tanpa bumbu Tauco.

Selain soto ayam, di warung Morotresno milik H. M. Ghufron atau yang biasa disapa dengan H. Caup Gendut ini menyajikan juga Soto Babat, Sop Buntut, Nasi Lengko, dan berbagai makanan lain juga tersedia di sini.

Letak dari warung Morotresno milik H. Caup ini berada di kawasan Pasar Senggol dekat antara alun-alun Kota Tegal dengan Pos Polisi, dan di sana tersedia tempat parkir yang cukup lua suntuk orang yang ingin membawa keluarga atau rombongan.

Sauto = Soto Tauco

Warung Morotresno ini buka pada pukul: 10:00 – 21:00. Untuk harga dari Soto Tauco atau Sauto sendiri dijual dengan harga yang relatif murah, yakni Rp.15.000,-/porsi.

Dalam sehari Cahyo anak kedua dari H. Caup yang mengelola warung mampu menghabiskan 20 kg daging ayam, 30 kg babat, dan 15 kg daging sapi untuk memasak menu-menu di warung ini.

Setiap harinya persediaan Sauto selalu habis terjual dan warung soto Morotresno selalu diramaikan oleh pembeli dan akan bertambah ketika libur lebaran di mana para perantau asal Tegal dari seluruh pelosok Nusantara pulang ke Tegal.

(Liputan Oleh : Ghazali Mahardhika)

Tinggalkan Balasan