Rusa Istana Bogor didatangkan pertama kali oleh Gubenur Jenderal Inggris Sir Thomas Raffles, pria yang sangat mencintai dunia tumbuh-tumbuhan dan binatang. Jika pembaca mau melihat hewan langka yang unik ini datang saja ke Bogor

Sir Raffles mempunyai keinginan dengan adanya pemandangan lain di depan istananya yang dicat serba putih itu. Maka enam Rusa Istana Bogor pun ia datangkan dari Nepal dan hingga kini sudah sekitar 600-an ekor.

rusa-istana-bogor-4

Jika anda datang kesini dengan anak-anak maka akan senang sekali karena bisa secara dekat memberi makan Rusa lucu dan imut ini dengan wortel yang di jual oleh pedagang di sekitar Istana dengan harga per-ikatnya Rp. 5.000.

rusa-istana-bogor-3

Rusa ini menjadi daya tarik tersendiri oleh wisatawan dan menjadi simbol fauna dari Kota Hujan tersebut. Pada saat menjelang malam, nampak terlihat rusa-rusa tertidur dibawah pohon, tetapi yang unik disini adalah Rusa Istana Bogor tertidur dalam posisi duduk dan kepala ditundukkan ke tanah, jadi jika terlihat dari kejauhan tidak terlihat seperti tidak tertidur.

rusa-istana-bogor-6
Rusa-rusa bebas berkeliaran di sekitar Istana Bogor. Namun sayangnya pengunjung hanya bisa melihat dari pagar besi Istana Bogor dan tidak diperbolehkan masuk ke area Istana. Tetapi anda tetap bisa langsung memberi makan atau bahkan menyentuh Rusa Istana Bogor karena rusa – rusa akan menghampiri anda dibalik pagar besi jika anda memberi makan berbagai macam sayuran. Untuk anak – anak janganlah takut karena rusa ini tidak berbahaya dan cenderung bersahabat dengan manusia. Mungkin karena Rusa Istana Bogor sudah biasa dengan kedatangan manusia. Akan tetapi tetap harus ada penjagaan dari orangtua agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

rusa-istana-bogor-2

Rusa Istana Bogor ini sangat cocok anda kunjungi di akhir pekan. Anda juga bisa berkunjung ke Kebun Raya Bogor yang terletak tepat disebelah Istana Bogor. Dengan tidak mengeluarkan budget yang banyak, anda dan keluarga akan puas dengan disuguhkan kesejukan Bogor dan berinteraksi langsung dengan Rusa Istana Bogor.

(Liputan oleh : Laurentyas Aldi )

Tinggalkan Balasan