Taman Margasatwa Ragunan menawarkan rekresasi sambil belajar fauna.

Libur telah tiba, pada hari Jum’at, yang notabene adalah weekend, saya dan teman-teman berkunjung ke salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di DKI  Jakarta, yaitu  Taman Margasatwa Ragunan yang berlokasi di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kami berkunjung karena ingin melihat hewan langka yang hampir punah yang ada di kebun binatang yang memiliki predikat terlengkap di Indonesia ini.

ragunan-1

Kenapa kami memilih Taman Margasatwa Ragunan sebagai tempat rekreasi ?

Karena, selain murah, tempatnya pun mudah dijangkau oleh kendaraan seperti angkutan umum Bus Kota dan Bus Transjakarta.

Harga masuk di kebun binatang atau taman margasatwa ini berkisar Rp 4.500,- untuk orang dewasa, dan Rp 3.500,- untuk anak usia 3-12 tahun. Murah meriah sekali kan ?

Karena itu tidak  mengherankan kalau Taman Margasatwa Ragunan selalu ramai saat akhir pekan dan musim liburan. Banyak orang berbondong-bondong datang ke Ragunan, kebanyakan sekaligus piknik bareng bersama teman atau keluarga.

ragunan-2
pelikan di Ragunan

Setelah masuk, tempat pertama yang saya dan teman kunjungi adalah kandang Burung Pelikan.

Kami cukup antusias melihat burung Pelikan ini secara langsung. Setelah menyempatkan diri untuk mengambil beberapa foto, kami pun melanjutkan perjalanan untuk melihat satwa-satwa yang lain seperti Gajah, Jerapah, Simpanse, Ular, Buaya, Macan, dan lain sebagainya.

Kami juga mendapat informasi dari salah satu petugas di Taman Margasatwa Ragunan bahwa Gajah yang sedang kami lihat sedang mengandung.

Petugas Taman Margasatwa Ragunan mengatakan bahwa Gajah tersebut sedang mengandung, dan lama mengandung anaknya sekitar 18  (delapan belas) bulan bahkan terkadang mencapai usia kandungan 2 tahun.

ragunan-3

Petugas Taman Margasatwa Ragunan juga mengatakan pada kami, “Ketika Gajah betina sedang mengandung, maka harus dipisahkan dengan Gajah jantan. Karena, jika disatukan Gajah jantan dan Gajah betina akan berkelahi dan itu membahayakan kandungan Gajah tersebut,” ujar petugas Taman Margasatwa Ragunan

Kami merasa sangat bahagia karena lingkungan Taman Margasatwa Ragunan sangat nyaman dan indah karena banyak pepohonan yang rindang.

Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat, kami pun bergegas untuk meninggalkan Taman Margasatwa Ragunan.

Bagi pembaca, silahkan saja jika ingin refreshing dan wisata di  Taman Margasatwa Ragunan, DKI Jakarta.

(Liputan oleh : Friska Rosalia)

 

Tinggalkan Balasan