Untuk kulit wajah dan kulit tubuh kita, yang utama dan yang paling penting adalah bersih dan sehat. Kalau wajah bersih dan sehat, maka kecantikan alamiah akan mudah didapat.

Berikut rangkuman langkah atau cara untuk menjaga wajah bersih Anda agar terhindar dari jerawat : Yang pertama adalah gaya hidup sehat, antara lain jaga kebersihan badan, mandi 2 kali sehari pagi dan petang, ingat ini sepele tapi sering diabaikan jangan hanya sekali mandi di pagi hari dan petangnya kita malas mandi karena baru pulang beraktivitas, justru mandi sore hari itulah yang vital bagi kesehatan.

Kemudian kedua adalah jaga kebersihan lingkungan, kamar, ganti sarung bantal juga sprei setiap hari, jaga jangan ada kotoran dan debu yang lama menempel di wajah.

Ketiga adalah seringlah memakai masker wajah saat mengarungi di jalanan kota besar, karena zat-zat pollutant dan radikal bebas sangat penuh di jalan raya kota besar.

Kemudian jangan membiarkan rambut menempel pada wajah. rambut yang sering menempel lpada wajah juga membawa kotoran yang akan menyumbat pori-pori wajah. kemudian yang paling penting adalah jangan sering memyentuh wajah, tangan kita mengandung banyak bakteri dan kuman setelah beraktivitas memegang aneka benda, hindari sering menyentuh kulit wajah, rajinlah mencuci tangan sesering mungkin. Maka untuk merawat wajah baik itu wajah normal dan berjerawat adalah dengan tips berikut ini :

1. Rajin mencuci muka

Mencuci muka diperlukan untuk membersihkan kotoran atau debu-debu yang menempel di wajah Anda. Cara mencuci muka yang benar adalah dengan menggunakan air hangat.Gunakan air hangat untuk membuka pori-pori kulit wajah Anda, bersihkan dengan sabun cuci muka, lalu bersihkan lagi dengan air hangat. Setelah itu, gunakan air dingin untuk menutup kembali pori-pori kulit wajah Anda agar tidak mudah kemasukan kotoran lagi.

2. Pilih sabun muka yang cocok

Penggunaan produk perawatan muka yang tidak cocok bisa menyebabkan wajah semakin kotor dan berjerawat. Usahakan mencari sabun muka yang tepat sesuai kebutuhan wajah Anda. Jika wajah Anda termasuk tipe kulit yang kering, gunakan sabun muka yang mengandung pelembab yang bisa melembabkan kulit Anda dan bisa menjadi solusi bagi kulit kering Anda.

3. Hindari makanan pedas dan berminyak

Selain menjadi penyebab perut buncit, makanan yang banyak mengandung minyak dan lemak akan menyebabkan wajah Anda lebih memproduksi minyak lebih banyak, dan memperbanyak kemungkinan tumbuhnya jerawat.

4. Gunakan krim perawatan wajah

Penggunaan krim wajah akan menolong dan mempermudah dalam merawat kulit wajah Anda. Selain sabun muka, krim perawatan juga diperlukan untuk tetap melindungi wajah Anda. Ada krim yang bisa digunakan saat pagi atau siang hari saat Anda beraktivitas, ada juga krim yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kelembaban wajah saat Anda tidur.

5. Gunakan masker

Anda bisa menggunakan masker wajah yang banyak dijual di toko atau bisa juga membuat masker wajah dari ramuan tradisional yang bisa Anda racik sendiri. Pilihlah masker yang terbuat dari bahan-bahan alami. Kabarnya, masker yang terbuat dari mentimun dan madu bisa membantu Anda dalam menjaga kesegaran kulit dan menghindari tumbuhnya jerawat di wajah Anda.

Jenis kulit wajah setiap orang memang berbeda-beda, dan cara merawatnya pun juga berbeda-beda. Sebelum mulai melakukan perawatan wajah, pastikan Anda kenali jenis kulit wajah Anda terlebih dahulu. Tidak hanya bagi wanita, bagi pria pun wajah adalah salah satu aset penting yang harus selalu dijaga.

Karena itulah, sebisa mungkin jaga dan rawat wajah Anda agar selalu tampil segar dan bersih tanpa jerawat.
Sebenarnya cara merawat wajah tidak susah, semuanya tergantung bagaimana cara kita merawat dan membersihkannya setiap hari. Cara termudah dalam merawatnya yaitu dengan memakai produk-produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit anda, sehingga kulit wajah akan terbebas dari komedo dan jerawat.

Cara Merawat Wajah

Sebelum anda menyentuh daerah wajah, sebaiknya biasakanlah untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan air bersih, agar wajah terbebas dari kuman dan bakteri.

Bersihkan wajah dengan air mengalir dan berikan pijatan pada wajah, untuk membantu memperlancar peredaran darah. Sebaiknya lakukan pembilasan dengan benar dan akhiri dengan pengeringan menggunakan handuk bersih dan lembut.

Biasakan untuk membersihkan wajah dengan pembersih dan penyegar yang cocok dengan jenis kulit anda, setiap pagi dan malam atau setiap kali keluar dari rumah.

Biasakan untuk selalu memakai pelembab wajah setiap akan beraktifitas diluar rumah, agar kulit wajah tetap terjaga dan terbebas dari sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan flek hitam.

Luangkan waktu sekitar 2-3 menit setiap malam untuk memijat kulit wajah setiap sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan letih pada wajah dan memberikan warna kulit agar tetap sehat dan cerah.

Biasakanlah menggunakan masker wajah minimal 2 kali dalam 1 minggu, agar kotoran yang menempel pada wajah akan terangkat dan wajah akan menjadi lebih bersih dan segar. Sebaiknya gunakanlah masker alami yang aman bagi kulit wajah.

Perbanyak mengkonsumsi air putih setiap hari minimal 8 gelar perhari, untuk menjaga kulit wajah terlihat lebih cerah dan segar.

Minumlah Vitamin E setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.
Berolahragalah secara teratur agar kulit menjadi tetap kencang dan tubuh akan terbeas dari berbagai penyakit.

Setelah anda mengetahui cara merawat wajah dengan benar diatas, sebaiknya anda juga dapat mencoba cara merawat secara alami berikut ini :

1. Bengkoang

Bengkoang memiliki kandungan rotenon, pachyrhizon, Vitamin C dan B1 yang dapat bermanfaat untuk memutihkan wajah dan menghilangkan noda hitam yang disebabkan oleh jerawat. Anda dapat mencobanya denga cara mengupas dan mencuci bengkoang dengan bersih, kemudian parut hingga lembut. Setelah itu peras air bengkoang dengan saringan dan letakkan dalam wadah, diamkan selama setengah jam. Buang air tersebut dan pakailah sari bengkoang atau endapan bengkoang secara merata ke wajah anda dan diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat dan diikuti dengan air dingin.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai kandungan Vitamin C dan zat anti oksidan yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori, menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah. Anda dapat mencoba menggunakan jeruk nipis dengan cara membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian, setelah itu peras dan ambil airnya, lalu oleskan pada kulit wajah secara merata. Diamkan kurang lebih selama 10 – 20 menit, kemudian cucilah wajah dengan air hangat, dan lanjutkan membasuh wajah dengan air dingin.

3. Apel

Apel mempunyai kandungan zat lastin dan kolagen yang dapat mengurangi minyak pada kulit wajah. Anda dapat mencobanya dengan cara membuat masker apel seperti berikut ini, kupaslah buah apel dan haluskan dengan menggunakan blender tanpa dicampur dengan air. Setelah itu oleskan masker apel ke seluruh wajah secara merata dan biarkan selama 20-30 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat dan dilanjut dengan air dingin agar pori-pori kulit mengecil.

4. Tomat

Tomat mempunyai zat anti oksidan yang dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit akibat sinar matahari, mengurangi komedo dan mencerahkan wana kulit wajah. Anda dapat mencobanya denga cara menghaluskan 1 buah tomat, kemudian campurkan dengan 1 sendok madu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu basuhlah dengan air hangat.

5. Alpukat

Alpukat mempunyai kandungan Vitamin C dan E yang dapat menjaga kelembapan dan memberi asupan nutrisi serta menghaluskan kulit wajah. Anda dapat mencoba membuat masker alpukat dengan cara menghaluskan daging buah dan dihaluskan dengan sendok atau blender. Kemudian oleskan pada bagian wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan setiap hari agar hasilnya maksimal.

Sebenarnya cara merawat wajah tidak susah, semuanya tergantung bagaimana cara kita merawat dan membersihkannya setiap hari. Cara termudah dalam merawatnya yaitu dengan memakai produk-produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit anda, sehingga kulit wajah akan terbebas dari komedo dan jerawat.

Bagi sahabat puteriputeri.com yang paling penting dipahami adalah : Timbulnya Jerawat dapat dipicu dari internal tubuh kita baik itu oleh situasi hormonal, dan dari kelebihan minyak dan lemak karena asupan makanan, juga jerawat dapat timbul dari stress dan depresi.

Jerawat juga disuburkan dengan sebab dari luar (eksternal) dari kebersihan badan dan lingkungan sehari-hari kita seperti kebersihan rumah, kebersihan kamar dan kebersihan tempat kerja atau sanitasi lingkungan. Maka itu jagalah dari sebab internal dan eksternal ini,guna memperoleh kulit wajah dan tubuh yang bersih dan sehat.

(imung mung ming)

Tinggalkan Balasan