Raline Shah yang lahir di Jakarta, 4 Maret 1985 ini adalah seorang aktris Indonesia yang telah membintangi sejumlah film layar perak yang sangat bermutu. Artis berparas ayu ini juga dikenal aktif dalam berkegiatan sosial.

Debut Raline dikenal ketika menjadi salah satu dari finalis Puteri Indonesia 2008 dan terpilih menjadi puteri terfavorit.

raline-shah

Raline juga mendapatkan pendidikan tinggi dari National University of Singapore di bidang ilmu politik, dan meraih gelar B.A in Political Science and New Media & Communications.

Beberapa film yang telah dibintangi oleh Raline Shah adalah :

– Terpana (2016)
– Surga Yang Tak Dirindukan 2 (2016)
– Surga Yang Tak Dirindukan (2015)
– Supernova (2014)
– 99 Cahaya di Langit Eropa The Final Edition (2014)
– 99 Cahaya di Langit Eropa Part 2 (2014)
– 99 Cahaya di Langit Eropa (2013)
– 5 cm (2012)

raline-terpana

Dalam Film Terbaru Raline Shah dengan judul ”Terpana” merupakan film yang sedang tayang pada akhir tahun 2016 ini.

Dalam film ini, Raline beradu acting dengan Fachri Albar,  Reza Rahadian dan Poppy Sovia.

Film yang disutradarai oleh Richard Oh ini memang sudah lama ditunggu-tunggu oleh para penikmat film, dan kini sudah bisa ditonton di seluruh bioskop ternama di Tanah Air.

Film ini menceritakan tentang dua orang yang bertemu dalam sebuah kejadian yang tidak biasa, mereka adalah Ada (Raline Shah) dan Rafian (Fachri Albar). Rencana Ada untuk kembali ke kampung halamannya terhenti saat bertemu dengan Rafian. Dari sinilah kisah menarik ini dibangun.

Mengomentari film Terpana yang sudah beredar, dalam akun media sosialnya Raline mengatakan :

“ Hari ini film Terpana mulai tayang di bioskop. Film ini adalah tentang 2 orang yg punya perspektif yg sangat berbeda ttg cinta. Perjalanan cinta mereka yg tak kenal ruang, waktu dan dimensi membuat film ini mungkin agak susah dimengerti tapi yang jelas bisa dirasakan dan dinikmati. Proses syutingnya sendiri menurut saya salah satu film yang paling banyak tantangannya. Its all worth it at the end of the day. Yang paling membanggakan adalah syutingnya 80% di Sumatera Utara. Pemandangan dan alam yang menjadi backdrop dari film ini saya jamin belum ada di film nasional lain, bahkan kita yang dari Medan saja takjub menemukan beberapa lokasi yang belum pernah kita bayangkan keindahannya. Pls go and watch this stunning piece of work by Koko Richard Oh made with love and a whole lot of nerves” paparnya

Raline Shah juga telah lama dikenal aktif dalam berkegiatan sosial, dan memiliki sejumlah kegiatan sosial antara lain Raline aktif dalam rumah singgah untuk membantu mereka yang membutuhkan.

“Saya punya Rumah Harapan yaitu rumah transit untuk anak-anak dari daerah yang lagi urus BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) atau treatment untuk penyakit seperti kanker, hidrosefalus, leukimia,” ujarnya ditemui di Jakarta Fashion Week (JFW), Senayan City, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Raline juga menambahkan bahwa kegiatan sosial merupakan hal yang wajar bagi semua orang. Dirinya hanya berharap agar makin banyak orang Indonesia yang gemar berkegiatan sosial dan membantu sesama.

Karena pada dasarnya jika seseorang dalam membantu orang lain itu bukan lagi kewajiban semata, namun sudah merupakan kebutuhan.

ralien-shah-4

“Aku melihat ini sebagai suatu kebutuhan dan Alhamdulillah saya dikaruniakan orang tua yang sangat menginspirasi. Jadi ke sininya tuh bukan saya tertarik tapi sebuah keharusan, sebuah tanggung jawab juga karena saya dikasih kelebihan , jadi untuk membantu lebih banyak orang lagi,” tutur Raline serius.

Meski Rumah Harapan yang didukung olehnya dan rekan-rekan, serta orang-orang yang peduli pada sesama, baru ada di enam daerah, Raline berharap akan ada lebih banyak lagi tempat untuk persinggahan bagi mereka yang membutuhkan.

“Ada di enam daerah, salah satunya di Tebet. Tahun depan insha Allah lebih banyak lagi, dengan donasi kerabat dan saudara saya,” ujar Raline

Bersama kerabat, kawan,  serta rekan-rekannya yang juga peduli pada kegiatan sosial, Raline juga akan mengembangkan Rumah Harapan yang merupakan rumah singgah.

“Dari awal saya mulai baru 1 di Jakarta, sekarang ada 5. Tahun ini 6 dan tahun depan insha Allah lebih banyak lagi. Rumah harapan ini untuk share inspirasi. Dalam kejadian apapun kita harus tetap bersyukur dan banyak yang memerlukan kasih sayang dari kita,” pungkas Raline Shah ramah.

(Oleh : Imung/ Siska HR)

Tinggalkan Balasan