Pembaca puteriputeri.com, simak 9 Rahasia ciptakan kopi nikmat :

Kita akan bersama-sama mencari tahu rahasia untuk bagaimana untuk menyeduh Kopi terbaik.
Puteri akan membantu Anda belajar bagaimana membuat kopi untuk mencegah kepahitan yang tidak diinginkan, dan menjamin secangkir memuaskan kopi setiap waktu.

Aturan 1. Beli Biji Kopi Pilihan

Sudah pasti, pilihlah biji kopi terbaik yang telah dipanggang seksama. Pilihan membeli sendiri biji kopi panggang ini bisa Anda pilih di tempat-tempat khusus yang menjual biji kopi panggang pilihan.

Pilih biji kopi yang telah di-roasted atau dipanggang dengan baik dan seksama.

Anda bisa membeli dari roaster lokal (atau Anda memanggang sendiri) adalah cara paling pasti untuk mendapatkan biji segar mutlak.

Berhati-hatilah membeli biji kopi panggang dari display supermarket.

Udara dan cahaya neon terang dapat memebuat biji kopi yang telah dipanggang menjadi berubah rasanya.

Kecuali jika toko itu tahu dan teliti bagaimana cara menjual kopi segar, dengan tabung penyimpanan biji kopi panggang yang kedap udara, serta dilapisi dengan minyak biji kopi pada gasket tutupnya, jadi aroma biji kopi tetap terjaga.

Biji kopi yang dikemas oleh roaster berkualitas biasanya dijual di dalam wadah vakum yang disegel dengan baik.

 

Aturan 2. Jaga Biji Kopi panggang tetap Segar

Selalu pastikan biji kopi disimpan dalam wadah kedap udara. Kaca pengalengan stoples atau wadah penyimpanan keramik dengan segel gasket karet adalah pilihan yang baik, dan jaga penyimpanan biji kopi panggang pada suhu kamar.

 

Aturan 3. Pilih Kopi yang Berkualitas

Pembaca puteri, Indonesia adalah surga dan tempat biji kopi terbaik berasal.

Kita bisa menemukan 100% biji kopi Arabika murni.

Atau alternatif yang lebih murah namun bukan murahan, yang mungkin berisi biji Robusta, yang terkenal dengan kadar kafein yang lebih tinggi dan dengan rasa yang ‘keras’.

Atau Anda bisa mencari biji kopi arabika dan robusta panggang dan Anda campur sendiri dengan perbandingan 1:1 atau 1:2 dengan mungkin selera Anda bisa lebih banyak robusta untuk mendapatkan khasiat kafeinnyang lebih tinggi.

Itu semua terserah kita sendiri sebagai pecinta Kopi
Aturan 4. Grind/ Giling Sendiri

Kopi mulai kehilangan kualitas hampir segera setelah proses grinding.

Para brewer (pencampur) terbaik, selalu mencicipi hasil gilingan biji kopi sebelum menyeduhnya.

Penikmat kopi lebih memilih untuk menggiling di tangan barista profesional, atau menggiling sendiri dengan berani bereksperimen.

Ingat, seni mencampur, menggiling biji kopi pilihan adalah dari seni memilih, mencampur biji kopi arabika dan robusta, dengan rasio yang telah Anda pelajari dan kemudian perbaiki sendiri.

Gilingan bubuk kopi dari campuran arabika dan robusta dapat menjadi resep favorit Anda pribadi sebagai penikmat kopi yang fanatik.

 

Aturan 5. Hati-hati pilih Air untuk menyeduh Kopi

Pembaca tahukah Anda soal sejarah kopi pertama di mana seorang pengembara Arab menemukan bahwa air Oase padang pasir memberikan rasa kopi yang nikmat ?

Seni memilih air untuk menyeduh  bukanlah hal yang remeh dan sembarangan.

Pastikan kadar pH air normal, jangan terlampau asam atau basa. Hitungan pH air normal bersifat netral, dengan pH-nya pada suhu 25 °C ditetapkan sebagai 7,0.

Larutan dengan pH kurang daripada tujuh disebut bersifat asam, dan larutan dengan pH lebih daripada tujuh dikatakan bersifat basa atau alkali. Pengukuran pH sangatlah penting dalam bidang yang terkait dengan penyeduhan kopi

Ingat bahwa mengkonsumsi air dengan pH tinggi diatas 7, misal air dengan pH 9,5 bisa merusak lambung dalam jangka waktu panjang.

Jangan seduh kopi dengan pH air tinggi, sementara kadar toleransi penyeduhan air adalah batas toleransi pH 6,5.
Namun pH 7 tetap lebih baik karena normal

Konsep pH pertama kali diperkenalkan oleh kimiawan Denmark Søren Peder Lauritz Sørensen pada tahun 1909. Tidaklah diketahui dengan pasti makna singkatan “p” pada “pH”. Beberapa rujukan mengisyaratkan bahwa p berasal dari singkatan untuk powerp (pangkat), yang lainnya merujuk kata bahasa Jerman Potenz (yang juga berarti pangkat), dan ada pula yang merujuk pada kata potential. Jens Norby mempublikasikan sebuah karya ilmiah pada tahun 2000 yang berargumen bahwa p adalah sebuah tetapan yang berarti “logaritma negatif”.

Pembaca puteri, tidak ada yang lebih merusak kopi lebih daripada air keran dengan kandungan klorin yang amat tinggi.

Air keran dengan kadar klorin yang tinggi akan ‘menghancurkan’ rasa kopi, pula kita tidak tahu bahan kimia apa lagi selain klorin pada air keran ledeng kita yang mengucur untuk segala keperluan mulai dari mencuci, mandi dan sebagainya.

Pecinta kopi yang serius biasanya menggunakan air dengan pH normal yakni 7.

Jika keadaan mendesak, maka air ledeng keran sebelumnya harus telah difilter dengan filter arang / filter karbon pada mulut keran sebelum direbus.

 

Aturan 6. Hindari kertas Penyaring Kopi murah

Kertas filter kopi dengan harga murah menghasilkan kualitas kopi lebih rendah, menurut para ahli.
Carilah tanda  “oxygen-bleached” ” atau “bebas dioksin/ dioxin-free” pada kertas saring untuk menyaring kopi.

Atau, Anda mungkin ingin berinvestasi dalam dengan saringan kopi berlapis emas yang terkenal untuk memberikan rasa yang maksimal.

Berikutnya: Aturan 7. Jangan berhemat pada kopi 

Ukuran standar untuk menyeduh kopi kekuatan yang tepat adalah 2 sendok makan  per cangkir ukuran 6 ons, atau sekitar 2 3/4 sendok makan per cangkir ukuran 8 ons. Trik seperti menggunakan kopi kurang, dan air panas untuk mengekstrak lebih cangkir per pon cenderung membuat campuran terlalu pahit.

 

Berikutnya: Aturan 8. Hati-hati dengan suhu Panas

Air yang terlalu panas akan membuat rasa kopi lebih pahit.

Suhu yang tepat adalah 200 ° F, atau sekitar 45 detik dari mendidih penuh. (Mesin pembuat kopi paling baik mengatur ini secara otomatis.)

Untuk Kopi yang telah diseduh, maka tunggu hingga hangat dan suhunya pas untuk dinikmati, namun jangan tunggu lama-lama hingga mendingin lebih dari 1 jam, karena rasanya akan turun.

 

Berikutnya: Peraturan 9. Jaga Peralatan Anda Bersih »

Jaga Wadah penyimpanan kopi bersih dan bersihkan penggiling setiap beberapa minggu untuk menghilangkan penumpukan berminyak.

Bilas peralatan penggiling kopi sampai bersih sebelum digunakan kembali.

Selamat Ngopi sambil membaca puteriputeri.com

(Puteri/Imung/ Model by : Faika Putri)

Tinggalkan Balasan