Inilah Janji Kecantikan Ratu Shima sebagai rahasia kecantikan Puteri Keraton. Siapakah Ratu Shima ?

Ratu Shima adalah Ratu Kerajaan Kalingga yang berlokasi di pesisir Utara Jawa tengah pada sekitar tahun 674 Masehi.

Ratu Shima sebagai Ratu Kerajaan Kalingga, naik takhta dengan gelar Cri Maharani Mahissasuramardini Satyaputikeswara.

Sebagai ratu pada jaman itu, kecantikan Ratu Shima diperoleh dari dua cara utama yang pertama laku bathin yang cukup berat, dan kedua adalah seni menyeimbangkan jiwa dan tubuhnya dengan berbagai macam perawatan yang menjanjikan kecantikan alami luar-dalam yang bersumber dari laut.

Sebagai Ratu di Kerajaan Kalingga, Ratu Shima memerintah pada wilayah yang membentang sepanjang pesisir utara Pantai Jawa Tengah yang berdasar beberapa prasasti Kalingga, letak kerajaan Kalingga membentang mulai dari Pati, Jepara, Pekalongan dan Tegal.

Berdasar kitab-kitab kuno yang Puteri teliti, karena letak Kalingga yang berada di pesisir Utara Jawa Tengah, maka Ratu Shima banyak memanfaatkan sumber kecantikan alami yang asli dari laut.

Ratu Shima telah akrab dengan kondisi pesisir laut Utara Jawa.

Bahan-bahan kecantikan alami khas Ratu Shima dan para Wanita Bangsawan Pesisir Pantai adalah

I. Lulur & Scrub Bubuk Mutiara

kerang mutiara

Mutiara tidak hanya indah sebagai perhiasan wanita. Mutiara telah lama digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan lulur scrub.

Juga sebagai bedak Mutiara.

Mutiara telah lazim dimanfaatkan para wanita bangsawan jaman dahulu dengan pemakaian pada kulit luar.

Khusus untuk laruran cuka dan Mutiara hanya diketahui pernah dikonsumsi oleh Ratu Cleopatra dari Mesir.

Namun untuk jumlah dan khasiat mutiara yang dilarutkan dalam cuka, Puteri juga belum jelas benar.

Pembaca puteriputeri.com bisa meneliti sendiri tentang Ratu Cleopatra yang mengkonsumsi Mutiara yang dilarutkan dalam Cuka ini dari sejumlah literatur berbahasa Inggris yang mengupas hal ini.

Namun, khusus untuk para wanita bangsawan di Nusantara, lazimnya Mutiara hanya untuk pemakaian luar, utamanya sebagai lulur scrub dan bedak bubuk mutiara.

Mutiara sangat kaya kandungan nutrisi di antaranya asam amino dan mineral, seperti magnesium zinc, kalsium karbonat, zat besi, dan silikon.

Mutiara berkhasiat meremajakan kondisi kulit, dengan memperbaiki metabolisme tubuh, sehingga sel kulit beregenerasi lebih cepat, membantu pembentukan kolagen, mengatasi masalah kulit seperti jerawat, noda gelap, kerutan wajah, kulit mengendur, dan penuaan dini.

Selain itu, kandungan mineralnya mampu membersihkan toksin tubuh.

Para wanita bangsawan jaman dahulu terutama yang berdiam di sekitar laut telah paham akan maanfaat bubuk Mutiara untuk kecantkan alami.

Bedak Bubuk/ Tepung Mutiara

Untuk para wanita bangsawan jaman dulu itu, cara membuat bedak kering Mutiara amatlah mudah.

Pertama kumpulkan mutiara dari tiram Mutiara.

Kumpulkan hingga secawan untuk pemakaian yang tipis-tipis.

Tumbuk hingga halus sehingga menjadi bubuk, rendam dalam air laut seharian.

Keringkan.

Tumbuk lagi hingga lebih halus, saring dan ayak, lalu giling.

Ulangi proses ini hingga 2 kali.

Terakhir cuci dan rendam dengan air tawar jernih.

Jemur dan keringkan lalu saring lagi sehingga menghasilkan bubuk mutiara yang murni.

Untuk wanita bangsawan sekelas Ratu Shima, bedak mutiara yang digunakan adalah murni Mutiara.

Namun untuk para wanita bangsawan kelas menengah dan rendah, biasanya bubuk Mutiara ini dicampur juga dengan bubuk kerang.

Artinya : kulit tiram mutiara tidak dibuang, namun digiling dihaluskan dan diproses juga untuk dicampur pada bubuk mutiara, jadi dapat bedaknya banyak. C

uma bukan kw-1 nya, mungkin ya kw-2 atau kw-3 bedak mutiara jaman dulu🙂

Jadi ini mungkin paket hemat jaman dulu untuk bangsawan yang agak ngirit😉

Maklumlah Mutiara sejak jaman dulu adalah komoditas yang cukup mahal.

Kalau jaman sekarang ya, Mutiara asli saja sudah sangat mahal untuk perhiasan, plus kulit tiram mutiara yang dalamnya mengkilat, juga cukup mahal.

Maka bedak mutiara juga amat langka.

Bubuk Mutiara pada jaman dahulu bisa digunakan untuk bedak kering, bedak dingin serta lulur scrub pada wajah dan tubuh sebagai pengangkat sel kulit mati secara alami.

II. Rumput Laut

Rumput laut kaya akan vitamin dan mineral, rumput laut juga mampu merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Rumput lauut kaya akan kandungan kalsium, magnesium, vitamin A, C, dan E yang berkhasiat mampu melembutkan kulit, dengan menguatkan ikatan jaringan sel kulit, memperbaiki dan menambah produksi kolagen.

Ekstraknya mengandung enzim dan antioksidan yang untuk mengatasi efek akibat polusi, paparan sinar matahari, dan penuaan dini.

Para bangsawan jaman dulu, terutama para puyeri bangsawan yang tinggal sekitar laut telah lazim mengkonsumsi rumput laut ini baik sebagai makanan atau, sebagai pemakaian pada kulit luar untuk kecantikan dirinya.

Manfaat rumput laut untuk kecantikan antara lain :

a. Menghaluskan Wajah

Rumput laut dapat menghaluskan kulit wajah, karena rumput laut kaya akan vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12 yang berfungsi sebagai anti radang dan mengurangi penggumpalan darah di bawah kulit.

b. Rumput laut sebagai Anti Jerawat

Rumput laut diketahui memiliki senyawa anti-inflamasi yang berpengaruh positif pada peradangan di kulit. Anti-inflamasi pada rumput laut dapat mengurangi pembengkakan jerawat, mengecilkan pori-pori, dan mengangkat sel kulit mati.

c. Rumput laut Meminimalisir Selulit

Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada rumput laut dapat menghapus parut yang diakibatkan oleh selulit. Jaman kekinian beberapa produk pelembab yang mengandung rumput laut juga sudah dijual secara luas di pasaran untuk mengatasi selulit dan stretchmark.

d. Detoksifikasi kulit

Rumput laut merupakan salah satu tumbuhan yang baik untuk membantu mengeluarkan racun dan kotoran dalam kulit. Sebesar 40 persen ekstrak rumput laut dapat diserap kulit dalam waktu 30 detik. Kandungan vitamin dan mineral pada rumput laut bisa bertahan hingga lebih dari tiga hari dalam proses detoksifikasi.

e. Merawat kesehatan kulit kepala

Rumput laut dapat memelihara folikel kulit kepala dan rambut. Rumput laut yang kaya mineral mampu melancarkan peredaran darah, memperkuat rambut, dan membuatnya berkilau.

f. Rumput laut mampu Meremajakan kulit

Rumput laut kaya akan zat yodium yang dapat membantu meningkatkan fungsi tiroid. Kelenjar tiroid menghasilkan asam amino yang menyerap yodium dan menghasilkan zat kimia pengatur metabolisme dalam darah. Lancarnya metabolisme membantu peremajaan kulit.

g. Rumput laut Ampuh untuk Pengelupasan sel kulit mati.

Rumput laut dapat menarik kotoran dan kelebihan cairan dari kulit. Sering dijadikan pembersih alami dan digunakan sebagai lulur karena khasiatnya yang dapat meregenerasi sel kulit mati.

Itulah beberapa manfaat rumput laut untuk kecantikan

III. Meditasi Berendam di Air Laut

Sebagai Ratu pada jaman Kalingga kuno pada 634 masehi, lazim jika sering tirakat untuk meningkatkan fokus dan daya tahan tubuhnya.

Ratu Shima karena lokasi kerajaannya dekat laut, memilih tapa berendam di air laut untuk merangkum energi prana sebagai peningkatan psikis, serta khasiat fisik air laut.

Jaman kekinian juga telah diketahui aneka kegunaan dan manfaat berendam di air laut.

Air laut memiliki kandungan mineral air laut : magnesium, potasium, kalsium sulfat, dan sodium.

Berendam di air laut bermanfat untuk :

– Melancarkan sirkulasi darah.
– Memperkuat otot jantung.
– Melancarkan sistem pernapasan.
– Meningkatkan produksi sel darah merah.
– Menyehatkan dan menutrisi kulit tubuh sehingga lebih bercahaya.

Berendam air laut memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Itu sebabnya tempat-tempat spa di seluruh dunia menggunakan garam laut dalam layanan perawatan mereka.

Garam pada air laut membantu melepaskan racun dari kulit dan berfungsi sebagai pengelupas alami atau exfoliator yang melepaskan sel-sel kulit mati—serta merangsang pertumbuhan sel-sel baru.

Air laut juga mengandung banyak mineral, terutama magnesium yang membantu meningkatkan kelembapan pada permukaan kulit—sehingga kulit tampak segar bercahaya.

Salah satu keuntungan terbesar yang terdapat dalam air laut adalah kemampuannya untuk menyembuhkan penyakit atau iritasi pada kulit.

Mulai dari peradangan, psoriasis termasuk luka ringan—karena kandungan garam dan potasium klorida di dalamnya.

Air laut juga memberikan kontribusi bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kandungan elemen vital dalam air laut memiliki kemampuan untuk membantu mekanisme penyembuhan tubuh serta menaikan sistem imunitas tubuh dan peredaran darah.

Pori-pori kulit yang tersiram air laut akan menyerap mineral yang membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Selain itu juga membantu meningkatkan level oksigen pada aliran darah yang membantu tubuh dalam melawan radikal bebas.

Ada pula zat iodin yang mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan aktivitas tiroid—antiseptik alami yang membantu tubuh memerangi infeksi, membunuh parasit, bakteri dan jamur.

Karena itulah, mulai dikenal terapi air laut yang disebut Thallasotherapy, yang merangkum semua manfaat air laut dalam bentuk relaksasi, revitalisasi tubuh, sekaligus peremajaan kulit.

Air laut juga dipercaya mampu menyembuhkan demam dan gejala flu, termasuk bronchitis and sinusitis. Menghirup garam laut membantu mencairkan lendir dan ingus yang membuat susah bernapas.

Matahari dan air laut bersinergi dalam membantu tubuh mengatasi stres, depresi dan kelelahan. Kandungan magnesium, litium dan bromine memiliki efek menenangkan dan memiliki kemampuan menstabilkan serotonin, melatonin dan triptamin pada otak.

Magnesium juga berfungsi membuat otot dan saraf rileks ehingga dapat menyembuhkan insomnia.
Saat berendam dalam air laut, ion- ion dan mineral yang terkandung di dalamnya akan bekerja dengan menembus pori-pori kulit kita.

Khasiat- khasiat yang bisa kita rasakan setelah berendam di air laut ini diantaranya :

-Melancarkan sirkulasi darah,
-Memperkuat otot jantung,
-Melenturkan atau merelaksasi otot sehingga tubuh terasa segar
-Melancarkan sistem pernapasan,
-Meningkatkan produksi sel darah merah,
-Menormalkan tekanan darah,
-Menyeimbangkan keasaman dalam darah,
-Mencegah keropos tulang dan osteoporosis
-Meringankan sakit pinggang, wasir dan rematik
-Mengatasi kulit kering dan pecah-pecah pada kulit kaki dan tangan
-Menyehatkan dan menutrisi kulit tubuh sehingga lebih bercahaya.
-Meningkatkan gairah seks yang menurun / melemah
-Mencegah penyakit kencing manis
-Mengatasi flek paru pada anak.
-Banyak khasiat bagi kecantikan.
Manfaat mandi garam laut:

Dengan cara dibalurkan, mineral di dalam garam laut dapat menstimulasi peredaran darah menjadi lebih lancar.

Masalah kulit, seperti jerawat dan keluhan kulit lain, dapat diatasi dengan berendam menggunakan garam laut 3-4 kali seminggu selama 3 minggu berturut-turut.

Mandi menggunakan garam laut dapat dijadikan terapi bagi penderita alergi pada kulit. Kandungan magnesium di dalamnya membersihkan dan mendetoksifikasi reaksi alergi.

Semua kandungan garam laut dapat mengatasi kerutan pada wajah dan semua keluhan penuaan pada kulit.

Maka dengan berendam di air laut bisa mendapatkan manfaatnya

Air laut juga mengandung banyak mineral, terutama magnesium yang membantu meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit.

IV. Masker tulang rawan Ikan Hiu

Tulang rawan ikan hiu sudah dimanfaatkan oleh orang sejak berabad-abad lalu.

Para wanita bangsawan pada masa itu telah mengetahui bahwa tulang rawan ikan hiu memiliki sejumlah khasiat untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan.

Karena Kerajaan Kalingga berada di pesisir utara Jawa Tengah, maka nelayan setempat sudah sering menangkapikan Hiu yang kaya manfaat, terutama kegunaan pada tulang rawan Hiu, sirip Hiu dan Minyak Hati Ikan Hiu.

Tulang rawan Hiu kini telah diketahui mengandung protein, kolagen dan sulfur. Tulang rawan ikan Hiu merupakan sumber yang sangat baik dari kalsium dan fosfor serta mengandung asam amino dan sejenis karbohidrat disebut Muco-poly-sakarida.

Oleh karena itu jika secara teratur dikonsumsi sebagai suplemen diet dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Kini telah diketahui bahwa Bubuk tulang rawan ikan hiu ini merupakan sumber alami dari Chondroitin sulfat dan Glucosamines, yang merupakan komponen struktural utama dalam tulang rawan Hiu.

Bubuk tulang Rawan Ikan Hiu dan Minyak Ikan Hiu telah lama digunakan sebagai masker wajah dan campuran bubur untuk dicampurkan pada makanan olahan hasil laut.

Wanita bangsawan jaman dahulu kerap mencampur setengah sendok tulang rawan hoiu dan setengah sendok minyak hati ikan Hiu untuk diminum sehari sekali, untuk kesehatan tubuhnya.

Para wanita bangsawan jaman dahulu sering menggunakan masker tulang rawan ikan hiu untuk mendapatkan wajah cantik alami.

Namun ingat jaman tahun 600-an masehi itu, Hiu masih banyak dan bukan hewan laut yang dilindungi, namun kini Hiu adalah hewan laut yang dilindungi.

Khasiat Minyak Ikan Hiu

Minyak ikan hiu mengandung omega 3 dan beragam zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Diantaranya mampu Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Minyak hati ikan hiu dapat melancarkan sirkulasi atau peredaran darah yang tersumbat.

Meningkatkan fungsi otak dalam berpikir.

Meningkatkan vitalitas tubuh dan membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Manfaat Sirip Ikan Hiu

Kandungan glukosamin dan kondroitin pada sirip ikan hiu serta kartilago yang terkandung pada sirip ikan hiu dapat memperbaiki imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh.

V. Teripang Emas / gamat ( Timun Laut )

Jaman dahulu jelas sudah ada Teripang Emas atau Gamat yang juga disebut sebagai Timun Laut.
Hewan yang melata di dasar laut ini kan bukan tiba-tiba ada jaman sekarang, atau diimpor dari luar negeri tidak.

Gamat atau teripang laut adalah hewan yang sudah ada dari jaman dulu di perairan Nusantara.

Pada jaman dahulu teripang emas atau gamat telah dikonsumsi manusia.

Teripang Emas memiliki kandungan protein Omega-3 (EPA & DHA), Condroitin Sulfate dan Mukopolisakarida.

Juga mengandung mineral-mineral seperti: Magnesium, Mangan, Sodium, Zinc, Kuprum, Fosforus, Iodin, Potasium, Natrium, Kalium,serta vitamin E, Genisten, dan Beta Caroten.

Lazim diketahui bahwa Omega-3 berfungsi untuk Menurunkan kadar kolesterol, membersihkan pembuluh darah dan Anti inflamasi.

Kegunaan Gamat atau teripang emas juga mampu mempercepat penyembuhan luka dalam dan luar, mempercepat penyembuhan patah tulang, mengencangkan dan menghaluskan kulit, dan menghilangkan flex dan jerawat serta mempercepat regenerasi sel.

Kandungan kologen yang tinggi, teripang atau gamat ampuh melakukan regenerasi sel secara singkat.

Khasiat utama dari semua bahan yang berasal dari laut tersebut adalah untuk meremajakan kulit dan sebagai ramuan Awet Muda.

Begitulah literatur tentang kecantikan Ratu Shima, seorang ratu berparas ayu yang kerajaannya yakni Kalingga berada di pesisir Utara Jawa Tengah. Salam kecantikan khas puteriputeri.com.

(imung mung ming/Model Oleh : Faika Putri)

Tinggalkan Balasan