Cantik ala Legenda Kecantikan Roro Mendut Namanya juga wanita cantik, maka membuat para pria mudah jatuh cinta. Cantik bahasa inggrisnya adalah lovely, alias mudah dicintai.

Legenda kecantikan Roro mendut ini masih menjadi buah bibir hingga saat ini.

Siapa sebenarnya Roro Mendut ?

Roro Mendut adalah kisah legenda rakyat (urban legend) yang diduga terjadi pada abad ke 14 hingga ke 15 masehi.

(Diperagakan Model : Faika Putri)

Karena kecantikannya, Roro Mendut menarik hati Adipati Kadipaten Pati Jawa Tengah yang bernama Tumenggung Wiraguna, serta seorang pemuda tampan yang sangat mencintainya yakni Pranacitra.

Karena saking inspiratifnya perjuangan Roro Mendut sebagai wanita Jawa pada jaman itu, kisah ini sudah seringkali difilmkan dan dibuat drama teater.

Sebenarnya kisah pejabat naksir pada wanita cantik ini juga lazim atau lumrah pada jaman sekarang.

Wanita cantik pasti sering diburu orang berpangkat atau pejabat.

Hanya lain jaman saja.

Puteri hanya tertarik untuk meneliti bagaimana rahasia Kecantikan Roro Mendut ini sebenarnya ?

Pada legenda rahasia kecantikan Roro Mendut ada beberapa hal penting yang Puteri ketahui dari berbagai kitab kuno yang telah Puteri baca.

Roro Mendut ini ahli dalam menata busananya. Dia pintar untuk memadu-padankan kemben merah dan jaritnya yang sebatas betis, sehingga memamerkan keindahan tubuh mulusnya.

Adapun bagian tubuh yang mendapat perawatan khusus agar tampil cantik mempesona bagi Roro Mendut ada 4 (empat) bagian, adalah : Keindahan Rambut, Keindahan Bibir, Keindahan Leher dan kemulusan atau keindahan bagian Pundak.

Dari literatur kuno yang Puteri ketahui, keempat bagian tubuh Roro Mendut inilah yang sangat fokus menonjolkan keindahan dan kecantikan alaminya, sehingga dia menjadi rebutan antara para pria priyayi bangsawan di Kadipaten, termasuk Pranacitra seorang pemuda tampan yang mencintainya.

Berikut kecantikan ala Roro Mendut :

  1. Kecantikan Rambut khas Roro Mendut.
(Diperagakan Model : Faika Putri)

Rambut panjang indah dan mempesona menjadi tolok ukur kecantikan wanita pada jaman dahulu hingga sekarang.

Rambut sebagai mahkota wanita harus senantiasa dirawat agar awet indahnya.

Roro Mendut memiliki ramuan minyak rambut yang terdiri dari minyak atsiri berbagai macam tumbuhan terutama dari ekstrak minyak tanaman urang-aring.

Urang-aring (Eclipta alba) ini terkenal oleh kegunaannya sebagai penyubur rambut.

Di samping itu, urang-aring juga memiliki khasiat sebagai tumbuhan obat.

Cara menerapkannya pada rambut :

Kumpulkan daun urang-aring dalam wadah kira-kira ½ kilogram, cuci hingga bersih agar kotoran tidak menempel. Kemudian jemur di panas sinar matahari.

Setelah itu para wanita bangsawan jaman dahulu termasuk wanita yang sadar kecantikan seperti Roro Mendut akan menguleg atau menumbuk daun urang-aring ini hingga lembut.

Jaman dahulu menumbuk dengan menggunakan lesung kayu kecil akan menghaluskan daun urang-aring hingga menjadi bubur atau pasta.

Tumbuk terus hingga sari jus urang-aringnya keluar dengan warna cairan kental kehitaman.

Tampung cairan dalam wadah dan saring, agar cairan hitam urang-aring bisa terkumpul dengan sempurna.

Pakai dan terapkan cairan jus daun urang-aring ini ke rambut

Tunggu sekitar 1 jam sampeai kering. Setelah itu, bila dengan air bersih

Sedangkan untuk mengambil minyak atsiri dari daun tanaman urang-aring, caranya cairan perasan atau tumbukan urang-aring ini dipanaskan. Kemudian uapkan hingga minyak menempel pada tutup permukaan dalam wadah.

Prinsipnya adalah destilasi bertingkat kalau jaman sekarang.

Pakai minyak urang aring tradisional ini untuk rambut merawat dan memunculkan warna kehitaman alami.

2. Lulur Mangir untuk kehalusan Leher dan Pundak

Mangir identik dengan wewangian tradisional Jawa dengan bau khas yang memikat.

Mangir merupakan hasil olahan dari gabungan temu giring dan bahan-bahan bermanfaat lainnya.

Temu giring mengandung lavonoid, minyak asiri, kurkumin, monoterpen, dan piperazin sitrat. Kandungan minyak asiri menjadikan temu giring mengeluarkan aroma khas.

Pemakaian mangir secara teratur akan memberikan manfaat mencerahkan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda atau bekas luka pada kulit, serta menjadikan kulit kuning langsat dan harum.

Bau rempah yang berasal dari bahan pembuat lulur ini dipercaya juga mampu mengembalikan semangat.

Berikut bahan-bahan yang dapat digunakan membuat mangir, sebagai Ramuan Tradisional Jawa.

Bahan:

3 bahan rimpang temu giring,

3 buah rimpang kunyit,

2 sendok makan bubuk krangean,

1 jari kayu cendana,

1 butir atal,

1 sendok makan beras

Cara membuat:

Kupas semua bahan dan cuci bersih. Lalu, campur jadi satu antara beras dan bubuk krangean. Tumbuk semuanya hingga halus. Tambahkan sedikit air putih, lalu gosokkan ramuan itu ke seluruh tubuh sesaat sebelum mandi. Setelah beberapa waktu, mandilah dengan air hangat.

Khasiat:

Bubuk krangean dan kayu cendana yang digunakan akan memberi aroma wangi pada tubuh. Sementara itu, temu giring berkhasiat menghaluskan dan membersihkan kulit. Atal dan beras yang dicampurkan dengan bahan-bahan lain memadatkan ramuan tersebut, dan beras yang kaya vitamin B baik untuk kesehatan kulit

3. Merawat Keindahan Bibir Merah Merekah Khas Roro Mendut.

Dalam berbagai literatur kuno sama-sama diketahui bahwa andalan kecantikan Roro Mendut adalah pada bibirnya yang merah dan indah merekah.

Cara memerahkan bibir alami khas Roro Mendut adalah dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini :

– Kunyit

Untuk memerahkan bibir secara alamiah, wanita bangsawan jaman dahulu diketahui menggunakan Kunyit. Caranya ambil 3 rimpang kunyit, kemudian parut hingga lembut. Setelah diparut kemudian keringkan. Setelah dikeringkan kemudian dihaluskan lagi sehingga menjadi bubuk kunyit.

Campur sejumput bubuk kunyit dengan 1 sendok teh susu kambing atau susu sapi. Jaman dahulu pada abad ke 14 dan ke 15 masehi di tanah jawa susu Kambing atau susu Sapi cukup langka, hanya lazim diminum oleh para bangsawan saja.

Pijat bibir dengan campuran pasta kunyit campur susu ini setiap hari selama lima menit.

Ini akan membuat bibir Anda akan terlihat merah alami dan lebih kenyal.

– Larutan kayu Secang

Pemerah bibir alamiah dari larutan kayu Secang.

Caranya : Ambil 100 gram serutan kayu secang, keringkan. Siapkan air sebanyak 500 ml dalam panci, dan masukkan serutan kayu secang ini.

Kemudian rebus dengan api kecil hingga airnya tinggal sedikit.

Larutan kental kemerahan yang tertinggal bisa untuk memerahkan bibir anda secara alamiah.

– Air Mawar

Air mawar menmgaudung zat astringent alamiah. Caranya ambil satu baskom mawar yang baru dipetik, kemudian rendam air mawar ini selama 2 hingga 3 malam.

Setelah direndam, kemudian rebus air mawar ini untuk mengeluarkan kandungan minyak atsiri atau zat astringent alamiahnya.

Tunggu rebusan menjadi dingin dan tinggal sedkit.

Kemudian oleskan air mawar yang mengandung astringent alami ini ke bibir untuk membuat bibir terlihat lebih lembut dan merah alamiah.

– Jus Wortel

Haluskan wortel dengan cara diparut lalu ambil sarinya. Kemudian celupkan kapas dalam sari wortel dan oleskan di bibir. Jika cara ini dilakukan secara teratur maka bibir akan menjadi merah.

– Minyak Kelapa

Oleskan minyak kelapa pada bibir pada saat sebelum tidur. Lakukan hal ini setiap hari untuk mengembalikan rona alami pada bibir.

– Jeruk Nipis

Jeruk nipis pada dasarnya adalah bahan pemutih alami. Campur perasan jeruk nipis dua sendok dengan dua sendok madu, lalu oleskan pada bibir, kemudian diamkan selama 20 menit.

Jika dilakukan secara rutin, warna bibir yang kehitaman akan berubah menjadi lebih merah.

– Daun Ketumbar

 

Daun ketumbar akan mencerahkan bibir. Haluskan 5 -7 lembar daun ketumbar dengan air uleg atau tumbuk, kemudian campurkan dengan bubuk kunyit dan oleskan pasta ini pada bibir dan diamkan selama 15 menit.

Bilas dengan air bersih, dengan pemakaian teratur, Bibir akan sehat dan mengkilat secara alamiah seperti memakai lip balm masa kini.

– Madu

Madu selain baik untuk kesehatan juga membuat bibir merah. Oleskan madu pada bibir setiap hari pada saat akan tidur. Pastikan bahwa bibir sudah bersih sebelum mengoleskan madu. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, oleskan madu secara teratur.

Demikianlah 4 Bagian Kecantikan Roro Mendut yang fokus pada bagian : Kecantikan Keindahan Rambut, Kecantikan Bibir, Keindahan leher dan keindahan mulusnya bagian pundak.

Bagian pundak dan leher pada jaman itu memang menjadi daya tarik kecantikan wanita.

Ingat legenda Ken Arok yang jatuh cinta pada Ken Dedes karena keindahan kulit tubuhnya.

Salam kecantikan khas puteriputeri.com.

(imung mung ming/ Model : Faika Putri)

Tinggalkan Balasan