Simak Rahasia Kecantikan Gayatri Mahapadmi, sebagai rahasia Kecantikan Alami Puteri Keraton pada serial bagian ke-IV ini.

Gayatri adalah Ibu Suri Majapahit saat putrinya, Tribhuwana Tunggadewi, naik tahta.

Wanita yang berparas cantik alami ini adalah istri Raden Wijaya sang pendiri Majapahit.

Bernama lengkap Dyah Dewi Gayatri Kumara Mahapadmi.

 

 

Dia digambarkan mewarisi kecantikan Ken Dedes, nenek buyutnya.

Rahasia Kecantikan Gayatri Mahapadmi adalah pada aspek di bawah ini :

1. Kungkum di Pemandian Jolotundo

Puteri pernah mengulas tentang manfaat mandi kungkum.

Mandi bukanlah hanya soal kebersihan badan semata.

Air yang dipilih juga berpengaruh besar pada kecantikan.

Pada saat-saat tertentu Gayatri memilih mandi berendam di pemandian alami Jolotundo.

Jolotundo memiliki mata air jernih yang mengalir dari Gunung Penanggungan.

Air dari gunung ini kini dinamakan spring water atau air pegunungan yang menetes dari celah bebatuan yang mengandung banyak mineral yang berguna bagi exfioliator alami demi kecantikan tubuh.

Bandingkan dengan warga kota besar kini yang mandinya setiap hari dengan air berkaporit dan mengandung bahan kimia lainnya sebagai penjernih air buatan, setiap hari.

Jelas beda.

Air pegunungan seperti pemandian alami Jolotundo adalah air jernih alami, apalagi pada jaman dulu belum ada polusi dan pencemaran limbah pabrik.

Harap bedakan dengan mandi masa kini pada air di kota besar dengan air yang telah dimurnikan dengan banyak zat kimia, diantaranya kaporit dan bahan kimia penjernih lainnya.

Pemandian alami Jolotundo menjadi rujukan adanya sumber mata air awet muda.

Menurut Puteri, sebenarnya pemilihan air inilah yang berpengaruh besar terhadap awet muda tidaknya seseorang.

Kalau tiap hari air mandinya ber-kaporit plus dengan sabun kimia antiseptik, mana bisa disebut menyebabkan awet muda ?

Untuk exfoliator alami atau scrub alami, Gayatri dan para puteri bangsawan jaman dahulu diketahui hanya menggunakan batu apung vulkanis alami yang lembut untuk menggosok lembut tubuhnya.

Batu apung warna putih kelabu ini adalah alami hasil letusan vulkanis.

belerang

 

Lagi-lagi batu apung mengandung exfoliator alami dan bahan mineral yang megandung sedikit belerang sehingga bisa berfungsi sebagai anti bakteri alami.

Namun sekali lagi ingat bahwa bakteri pada abad ke 13 bukanlah bakteri pada abad kekinian yang telah bermutasi.

Bakteri ada abad ke 13 ini belum bermutasi, sehingga menjadi super bug atau bakteri kebal antibiotik seperti sekarang ini.

2. Pemanfaatan Bunga Melati

Bunga Melati jelas memiliki aneka manfaat untuk kecatikan. Essensi atsiri minyak melati mampu mecerahkan kulit, membuatnya harum mewangi sepanjang hari.

Gayatri Mahapadmi secara bijak memilih hanya Bunga Melati untuk memurnikan tubuh dan jiwa, karena dipercaya zat pada bunga melati ini mampu menjadi aroma terapi yang menenangkan jiwa.

Kebanyakan ciri kecantikan Gayatri pada beberapa literatur kuno bukanlah hanya pada kecantikan luar, karena dia adalah wanita berjiwa spiritual tinggi seperti yang digambarkan dalam aneka buku dan literatur.

Maka Gayatri Mahapadmi jelas mengutamakan kebersihan jiwa dan ketenangan spiritual, sebuah hal yang cukup langka digapai wanita modern, apalagi dewasa ini, dengan banyaknya beban hidup wanita yang tinggal di kota besar.

3. Bangle

Ya, namanya memang Bangle, Gayatari Mahapadmi menggunakan Bangle dengan nama ilmiah : Zingiber casumounar untuk rahasia kecantikan dan kesehatan tubuhnya.

Manfaat utama Bangle adalah untuk mengurangi berat badan secara alami.

Maaf, jarang puteri bangsawan jama dulu mengalamai overweight, kalau tak percaya, lihat saja model-nodek patungnya, semua sintal alami dengan tanpa kelebihan lemak

Jika terjadwal mengkonsumi bangle ini maka pencernaan kita akan menjadi lancar, dengan begitu otomatis BAB juga akan lancar.

Jika BAB kita lancar maka otomatis lemak-lemak yang ada dalam tubuh kita juga akan ikut terbuang sengan sendirinya, sehingga akan bisa mengurangi berat badan secara alami.

Bangle sangat cocok sekali untuk mereka yang sedang menjalani program diet.

3. Kencur

Kencur selama ini sering diremehkan, sebagai ungkapan ‘anak bau kencur’.

Padahal Manfaat Kencur Untuk Kecantikan adalah :

-Melangsingkan Tubuh secara alami
-Mencegah timbulnya jerawat
-Mencerahkan wajah agar terlihat tetap segar dan bugar

Caranya :
Siapkan 3 rimpang kencur.
Rimpang kencur dicuci bersih lalu ditumbuk, digiling dan dihaluskan.

Masih basah balurkan pada wajah, lengan dan kaki untuk kemulusan ubuh.

Gayatari Mahapadmi dan para wanita bangsawan jaman itu juga telah menggkonsusmi beras kencur.

Caranya 2 sendok makan beras dan 3­ hingga 5 rimpang kencur.

Haluskan keduanya kemudian rebus dengan air sebanyak satu botol.

Tambahkan gula merah dan juga sedikit garam. Minum selagi hangat.

4. Bengkoang

Bengkoang bisa menjadikan kulit lebih cerah terang. Karena umbi bengkoang atau bahasa Inggrisnya White Yam mengandung vitamin B1 dan vitamin C yang mampu menjadikan kulit lebih cerah berseri.

Untuk mencerahkan wajah dengan bengkoang, kupas bengkoang segar, kemudian parut dan gunakan sebagai masker wajah.

5. Jahe.

Jahe berguna untuk kecantikan wanita Jahe dapat digunakan untuk menyembuhkan flu dan membuat tubuh nyaman serta hangat. Di musim panas jahe tetap penting untuk mencegah diare dan menjaga kesehatan pencernaan. Jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit kronis dan mungkin memiliki penurun kolesterol.
6. Jeruk nipis

Para wanita bangsawan jaman dahulu menjaga kesehatan kulit kepala dengan jeruk nipis.
Kini diketahui bahwa sifat asam jeruk nipis bisa menyeimbangkan pH kulit kepala.

Dengan pH yang seimbang, kulit kepala bisa menangkal bakteri dan jamur yang menyebabkan ketombe.
Untuk mengatasi ketombe dengan air jeruk nipis, teteskan air perasan jeruk nipis di kulit kepala, lalu lakukan pijatan ringan selama beberapa menit. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air dingin. Hai-hati jika ada pada luka pada kulit kepala karena akan sedikit perih.

7. Urang-aring

Daun urang-aring yang juga sering disebut false daisy leaf merupakan bahan alami yang dipakai untuk perawatan rambut sejak berabad-abad lalu. Urang-aring berkhasiat menghitamkan rambut dan mencegah uban karena zat pewarna alaminya.

Biasanya tanaman ini diolah menjadi minyak urang-aring. Tetapi kamu juga bisa membuat produk perawatan alami dari urang-aring, kok. Caranya tinggal menyiapkan segenggam daun urang-aring segar lalu ditumbuk hingga halus. Campurkan daun yang sudah ditumbuk tadi dengan sedikit air, kemudian gunakan untuk masker rambut. Diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas.

8. Santan

Santan jaman dahulu telah lazim digunakan untuk cream bath. Peras santan dan pakaikan pada rambut.

Bukan hanya wankita moderen saja yang creambath , namuan para wankita bangsawan pada abad ke-13 juga sudah mengenal cream bath, dengan menggunakan santan.

Diamkan ulasan santan pada rambut selama 15 menit, kemudian bilas.

Santan memilki kemampuan memulihkan rambut yang kering, rusak, rapuh, dan bercabang serta meningkatkan kesehatan folikel rambut.

Untuk mengatasi kusut pada rambut, usapkan larutan santan pada rambut dan sisir dengan sisir bergigi renggang, hingga tak kusut lagi.

9. Madu

Madu dengan sifat anti bakteri dan anti inflamasi di dalamnya ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit, di antaranya jerawat. Selain itu nutrisi dan vitamin dalam madu bisa menjadikan kulit halus dan awet muda. Tambahkan madu sebagai bahan campuran masker atau lulur.

10. Sirih

Sifat anti-septik dan anti-bakteri bisa mengobati jerawat di wajah, dada, atau punggung, caranya air rebusan sirih untuk mengusap bagian kulit yang berjerawat.
Gunakan kain waslap bersih, celupkan ke dalam air sirih lalu gunakan untuk mengusap wajah. Dan gunakan air sirih yang masih hangat itu untuk mencuci muka.

11. Lidah buaya

Lidah buaya telah sejak lama dikenal mampu membuat rambut lebih lebat. Lidah buaya mengandung tonik alami yang berguna untuk menyuburkan dan memberi nutrisi pada akar rambut.
Gosokkan dengan lembut irisan lidah buaya pada kulit kepala, kemudian pijat perlahan dan diamkan selama 10 menit, kemudian bilas.

Itulah 11 Sari Alami Kecantikan ala Gayatri Mahapadmi, yang lebih mementingkan ketenangan batin, karena memang pada periode akhir hidupnya, -Gayatri- seperti yang sudah ditulis di berbagai buku, Gayatri Mahapadmi memilih menjadi wanita spiritualis.

(imung mung ming)

Tinggalkan Balasan