Simak Rahasia Kecantikan  Puteri Keraton bernama Ratu Sri Isyana Tunggawijaya, Ratu Kerajaan Medang. Siapa gerangan Ratu Cri (Sri) Isyana Tunggawijaya ?

Ratu Sri Isyana Tunggawijaya adalah putri Mpu Sindok.

Ia memerintah Kerajaan Medang tahun 947, setelah kerajaan dipindahkan ayahnya dari Jawa Tengah ke Jawa Timur.

Suaminya bernama Sri Lokapala, seorang bangsawan dari Pulau Bali. Ia digantikan anaknya, Sri Makuthawangsawardhana.

Namanya diambil menjadi dasar nama Wangsa Isyana, sebuah dinasti yang didirikan oleh ayahnya, Mpu Sindok yang memerintah di Jawa Timur.

Sri Isyana Tunggawijaya memiliki peninggalan berupa prasasti Gedangan tahun 950 masehi yang berisi tentang anugerah desa Bungur Lor dan desa Asana kepada para pendeta Buddha di Bodhinimba.

Tidak diketahui dengan pasti kapan pemerintahan Sri Lokapala dan Sri Isyana Tunggawijaya berakhir.

Menurut prasasti Pucangan, yang menjadi raja selanjutnya adalah putra mereka yang bernama Sri Makuthawangsawardhana.

Sri Isyana Tunggawijaya merupakan Ratu dengan kecantikan yang legendaris.

Beruntung Puteri telah mengetahui bagaimana rahasia kecantikan Ratu Isyana ini kemudian diwariskan secara turun temurun dalam beberapa resep kecantikan kuno.

Bahan-bahan dalam Rahasia Kecantikan Ratu Isyana adalah : Kencur Kuning, Belerang Kuning, dan Kenikir Kuning.

Ratu Sri Isyana atau Cri Isyana dituliskan selalu menjaga kesehatan kulit terutama kulit wajah,yang memang harus dilakukan secara ekstra agar tetap terjaga dengan baik, dan salah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan bahan alami kencur.

I. Khasiat Kencur

 

Kencur ini ampuh untuk menghilangkan jerawat dengan memberantas kuman penyebab jerawat tersebut dari akar-akarnya

Resepnya, adalah dimana kita hanya perlu memarutnya terlebih dahulu, setelah sebelumnya anda cuci bersih. Kemudian, peras hasil parutan tersebut dan tunggu beberapa menit sampai air air parutan tersebut mengendap.

Baru kemudian, endapan itulah yang bisa anda gunakan dengan cara dioleskan ke bagian wajah bahkan bisa digunakan masker.

Bagus Untuk Menghaluskan Kulit

Selain bisa digunakan untuk memberantas penyebab jerawat, ternyata kencur juga bisa digunakan untuk menghaluskan wajah.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencampur kencur tersebut dengan beras dan kemudian dijadikan masker. Anda perlu menyiapkan beras yang sudah direndam, lalu kemudian tumbuk bersama kencur.

Setelah lembut, anda bisa menggunakannya sebagai masker dan untuk lebih harum anda bisa campurkan beberapa bunga. Sebaiknya, masker ini dipakai selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Pemakaian masker beras kencur yang teratur selama 6 bulan berturut-turut akan membuat kulit wajah bertambah halus dan mulus.

Masker Beras Kencur

Beras kencur tidak hanya bagus bagi jamu untuk diminum namun ekstrak beras kencur juga dapat dibuat sebagai masker kecantikan.

Cara pembuatan dan pemakaiannya yaitu:

– Rendam beras selama semalaman.
– Haluskan beras dengan cara menumbuknya hingga lembut.
– Jemur di bawah sinar matahari hingga kering.
– Parut kencur hingga lembut.
– Campurkan parutan kencur dengan bubuk beras yang telah kering tadi.
– Balurkan masker ke seluruh wajah selama 20 menit.
– Bila sudah usai maka bilas wajah dengan air bersih.

Khasiat masker beras Kencur :

– Mengurangi Kelebihan Minyak

Masker beras Kencur mampu untuk mengurangi kelebihan minyak pada wajah secara alamiah. Salah satu penyebab utama jerawat ialah minyak atau sebum yang berlebih. Masker ini khasiatnya sangat ampuh dalam menyerap minyak pada wajah.

– Membuat wajah cerah alami

Kulit wajah wanita jaman dulu, ada yang putih namun bukan putih ala orang bule, melainkan bersemu kuning langsat. Juga ada yang sawo matang, atau berkulit cerah putih-kekuningan.
Masker beras kencur ini berguna untuk mencerahkan wajah.

-Anti Aging untuk Kulit Wajah

Masker beras kencur terkenal sebagai Anti-aging jaman dauhulu. Masker beras kencur mampu menanangkal dan meredakan efek radikal bebas akibat kotoran dan polusi di wajah kita.
Kandungan beras kencur yang kaya akan vitamin C, Vitamin B1, dan vitamin E, membuat masker wajah beras kencur ini sebagai alternatif sarana kecantikan alamiah.

– Menghilangkan Jerawat

Masker beras kencur juga ampuh untuk menghilangkan jerawat. Dengan rutin melakukan perawatan ini, secara otomatis jerawat akan kempis dengan sendirinya dalam waktu yang singkat.

– Mengencangkan Kulit

Masker beras kencur juga mampu mengencangkan kulit dan membuat kulit elastis atau kenyal. Bisa mengurangi garis-garis halus tanda penuaan, dan memperlambat laju kulit yang mengeriput secara alamiah.

-Melembutkan kulit Tangan dan tubuh

Baluran lulur beras kencur mampu membuat kulit menjadi halus dan mulus. Ternyata manfaat beras kencur tidak hanya sebagai jamu minuman saja, namun bisa juga untuk masker dan luluran.

II. Khasiat Belerang Kuning

 

Berbagai bahan alami yang disediakan alam bisa dijadikan ramuan kecantikan wajah dan tubuh. Dari jaman dahulu belerang dikenal untuk perawatan kecantikan.

Khasiat belerang kuning, ternyata sangat banyak mulai dari mencegah jerawat hingga mencegah penuaan dini.

Karena ratu Isyana ini kerajaannya berada di lokasi pegunungan, maka wajar saja kalau kemudian dia memanfaatkan bahan alamiah belerang kuning sebagai bagian dari ‘rezim’ kecantikan dirinya.

Belerang kuning sejak jaman kuno sudah ditambang di Gunung-gunung di Jawa Timur terutama Gunung Ijen.

Belerang bisa dijadikan sarana kecantikan kulit sebab banyak khasiat yang dihasilkan.

Bahan mineral yang umumnya ditemukan di gunung ini memiliki bau yang sangat khas dan menyengat.

Jika dimanfaatkan dengan jumlah yang tepat maka Anda mendapat manfaat baik untuk kecantikan.

Khasiat belerang yang pertama adalah menyembuhkan jerawat.

Belerang/ sulfur sejak lama dikenal ampuh mengeringkan jerawat dan mempercepat penyembuhan jerawat sebab mengandung anti-bakteri.

Dalam kandungannya belerang memiliki khasiat antibakteri sehingga mampu melenyapkan bakteri penyebab jerawat, perawatan alami kulit berminyak dan berjerawat dengan belerang sudah tidak ada yang membantah lagi.

Dan juga untuk perawatan alami kulit halus belerang berperan sebagai pembantu pengelupasan sel-sel kulit mati serta merangsang pembentukan kulit baru yang lebih halus.

Serta menjaga kelembaban kulit.

Jaman dahulu selain mandi di sumber air panas belerang.

Para puteri bangsawan juga mahir membuat sabun belerang sendiri, caranya pada jaman dahulu yakni :

Bahan-bahan :

a. Tepung belerang kuning : 250 gr atau jaman dulu secawan kecil
b. Minyak mentah kelapa sawit : 1 kilo gram
c. Minyak kelapa : 3 liter
d. Segenggam abu sekam padi (pilihan)
e. Air bersih : 1 liter

Cara pembuatan :

Bahan tepung belerang kuning, dan minyak kelapa dipanaskan hingga belerang hancur dan menyatu. Aduk perlahan sambil dimasukkan minyak mentah kelapa sawit, lalu masukkan abu sekam dan air bersih. Aduk terus hingga mengental kemudian adonan dimasukkan ke dalam cetakan yang telah disediakan. Abu sekam padi berfungsi sebgai exfoliator atau pengelupas alami sel kulit mati.

III. Khasiat Kenikir Kuning

kenikir kuning

Kenikir Kuning sangat indah, dan para puteri bangsawan jaman dahulu kerap menanam Kenikir Kuning yang bunganya berwarna kuning cerah di halaman keputren untuk dikonsumsi dengan cara dibuat pecel kenikir,atau bisa digunakan sebagai masker wajah.

Kenikir kini diketahui mengandung beberapa zat senyawa antara lain : Tokoferol, Polifenol, Hidroksieugenol, Flavonoid, Saponin, Terpenoid, dan juga kandungan Mineral : Kalsium, Magnesium, Kuersetin, koniferil alkohol.

Manfaat Daun Kenikir :

– Mengatasi Bau Mulut

Daun kenikir memiliki kandungan koniferil alkohol yang berfungsi membunuh bakteri dan kuman yang ikut terbawa dalam makanan.

Senyawa tersebut akan membersihkan area lidah dan air ludah dari bakteri penyebab bau mulut.

Untuk mendapatkan hasil maksimal untuk membunuh kuman, dapat dikonsumsi dalam bentuk mentah setelah dicuci bersih, kemudian dikunyah selama 20-30 detik, lalu berkumur.

Jika tidak, dapat mengkonsumsinya setelah direbus dengan air garam, setidaknya 2 kali sehari.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Daun kenikir mengandung manfaat vitamin A dan E yang bermanfaat untuk memperbaiki sistem imun tubuh.

Kandungan senyawa protein dalam kenikir juga membantu pembentukan fagosit untuk imun tubuh. Selain itu, manfaat vitamin C juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh, seperti yang terdapat dalam manfaat buah-buahan.

– Menguatkan Tulang

Daun kenikir dapat bermanfaat untuk menguatkan tulang, hal ini karena kenikir memiliki kandungan mineral, kalsium dan magnesium yang tinggi untuk membantu pertumbuhan tulang.

Daun kenikir dapat dikonsumsi secara langsung dalam bentuk lalapan atau dapat meminum air rebusan kenikir, yang dicampur dengan manfaat madu.

Masker daun dan Bunga kenikir Kuning

Caranya ambil daun, batang dan bunga kenikir kuning, cuci bersih kemudian tumbuk sampai halus, hingga lembut, kemudian jadikan pasta tumbukan ini sebagai masker pada wajah.

Pakai selama 20 menit kemudian bilas.

Begitulah rahasia kecantikan Rahasia Kecantikan Ratu Sri Isyana Tunggawijaya, Ratu Kerajaan Medang serta para wanita bangsawan jaman dahulu.

(imung mung ming/ Model Cover Story diperagakan oleh : Faika Putri)

Baca Juga :

http://www.puteriputeri.com/rahasia-kecantikan-alami-puteri-keraton-bag-2/

1 Comment

Tinggalkan Balasan