Hai sahabat puteriputeri.com apa kabar ? Mari kita simak bersama Rahasia Kecantikan Puteri Keraton dan cara cantik alami ala Puteri Keraton jaman dulu (bagian ke 2).


Jaman dulu, artinya jaman sebelum modernisasi industri kosmetik di Indonesia.
Para Puteri Keraton memang memiliki waktu yang relatif lebih berkualitas untuk melakukan perawatan dan kecantikan diri.
Juga para bangsawan Puteri Keraton tanah Jawa memiliki resep kecantikan turun temurun dimulai dari jaman Kerajaan Singhasari pada tahun 1222 masehi.

Mengapa ?

Karena Ken Dedes sebagai pelopor sekaligus pakar kecantikan puteri keraton ini hidup pada jaman 1222 masehi.

Kecantikan Ken Dedes seketika membuat seorang Ken Arok yang hanya kesatria biasa, atau jawara biasa, berani mengkudeta Tunggul Ametung sebagai rajanya sekaligus suami dari Ken Dedes.
Setelah itu ganti Ken Arok memperistri Ken Dedes, ini semua karena kecantikan luar biasa dan alamiah Ken Dedes.

Jika Puteri urutkan, resep alamiah puteri keraton, ini meliputi Lipstik alami, Bedak alami, Celak mata alami, dan Lulur Mangir dan aneka lulur alami.

Semua bahan-bahan itu kebanyakan didapat dari nusantara keuali celak, yang telah diimpor dari India pada jaman penyebaran bangsa Arya ke Indonesia awal pada tahun Saka dimulai.

Diketahui bangsa Arya dari Asia tengah mulai bermigrasi ke India pada tahun 2500-1500 sebelum masehi.
Dan diperkirakan melanjutkan perjalanannya ke Indonesia pada tahun 1000 sebelum masehi sesuai catatan sejarah telah adanya aktivitas perdagangan internasional di Nusantara.

1.Lipstik Alami

madu-lebah-2

Para puteri keraton jaman dulu kala jelas belum mengenal lipstik modern.
Namun berdasarkan resep cantik ala puteri keraton sejak jaman 1222 masehi.
Mengapa resep ini diawali dari tarikh 1222 masehi jaman kerajaan Singhasari?
Karena kerajaan Singhasari adalah sebagai cikal bakal kerajaan Majapahit, dan kita tahu semua bahwa kerajaan Majapahit adalah cikal bakal kesultanan Demak.
Kesultanan Demak adalah cikal bakal kerajaan Mataram di Tanah Jawa.
Nah, sudah jelas cerita sejarahnya kan ?

Lipstik yang dikenal oleh puteri keraton sebenarnya adalah mirip sekali dengan lip balm. Karena tidak berbentuk ‘stick’.
Hanya saja menariknya adalah cara membuatnya dan ada beberapa puteri keraton jaman dulu yang mungkin memiliki para Mbok Emban atau dayang-dayang abdi dalem yang cerdas, sehingga mampu membuat pewarna merah alami.

“Mbak Puteri apakah pewarna alaminya dari strawberry ?” Tanya Iyuk (22) kawan Puteri.
“Bukan Yuk, stawberry dulu belum lazim dikenal. Pewarna merah alami ini dari rendaman kulit kayu secang. Meskipun ada cara masa kini membuat pencerah bibir dari strawberry,”

Oke caranya adalah, sstt ini rahasia ya…

lilin-lebah

Puteri keraton jaman dulu telah mengetahui kalau madu bisa melembabkan bibir.
Cara membuat lisptik atau lip balm jaman dulu adalah ambil madu sedikit, plus lilin atau wax-nya dari rumah tawonnya, sedikit saja.
Wax (lilin alami) rumah tawon ini diambil dari permukaan bagian dalam yang masih lembut, kemudian uleg atau tumbuk.
Campur dengan madu dan dioleskan oleh para puteri ini di bibirnya yang indah, jadilah bibir mengkilat menyegarkan bagi para pangeran yang akan mengaguminya (dari kejauhan).

rendaman-secang-puteri5

Cara menambahkan pewarna alami adalah, air rendaman kayu Secang yang telah direndam semalaman ini direbus, sampai tinggal sedikit airnya dan cenderung merah mengental, nah warna merah mengental ini tinggal dicampurkan sama wax dan madu tadi, dioleskan dengan menggunakan jari yang bersih atau tangkai bunga yang telah dibersihkan.

Sejak zaman dahulu kira-kira abad ke -17, kulit kayu Secang sudah menjadi komoditas rempah-rempah yang populer dan banyak dicari oleh orang. Ukuran pohon secang ini bisa mencapai tinggi hingga 6 meter dan memiliki batang yang berbentuk silinder berwarna kecoklatan.

rendaman-secang-puteri2

Kulit dari kayu secang dapat mengeluarkan zat pewarna merah alami. Oleh karena itu, kayu secang sering sekali digunakan sebagai bahan dasar untuk pewarna, terutama warna merah. Hal ini disebabkan karena kulit kayu secang memiliki senyawa Brazilin, yang dapat menghasilkan warna alami merah. Berikut ini beberapa penggunaan zat pewarna alami kayu secang :

1. Pewarna tekstil
2. Pewarna pada cat
3. Pewarna pada makanan
Jika para pembaca puteriputeri.com juga mau mencoba untuk sedikit sentuhan modern masa kini ya mudah saja, caranya :
Bahan dasar:

• 1 Sendok madu
• Sedikit lilin lebah biasanya dari rumah tawon.
• 1 sendok the minyak ( jaman dulu minyak kelapa, sekarang ya bisa minyak zaitun, minyak almond dll asal jangan minyak tawon he he he)
• 1 boleh tambahkan butter shea
• Bahan pewarna:
• Jaman dulu pewana merah dari kayu secang, kalau sekarang yang bisa dari ekstrak buah bit merah bit ekstrak buah naga merah, warna coklat kemerahan dengan kayu manis, dan lainnya

Cara membuat:
• Bahan dasar: campur madu, minyak kelapa, wax lilin lebah, dan pewarna tadi ke dalam satu mangkuk.
• Karena jaman sudah modern panaskan di microwave sebentar saja.
• Tidak pakai dipanaskan juga tak mengapa.
• Dan Pindahkan ke wadah yang sudah disediakan maka lipstik alami yang berbentuk cair itu siap digunakan.

Cara membuat lisptik pakai buah Strawberry di masa kini :

strawberry

1. Ambil strawberry
2. Peras strawberry segar,
3. Oleskan secara merata ke seluruh bagian bibi dengan menggunakan cotton bud
4. Biarkan kurang lebih 5-8 menit supaya meresap ke dalam kulit bibir
5. Tambahkan madu supaya membuatnya mengkilap.
Penggunaan lipstik yang alami seperti strawberry ini tentu akan sangat baik bagi bibir indah.
Lipstik juga boleh saja warna ungu.
Warna ungu alamiah bisa didadapt dari kembang sepatu /hibiscus.
Kembang sepatu adalah bunga yang sering digunakan untuk pewarna makanan, manfaat bagi kesehatannya pun banyak, misalnya meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh. Caranya pun mudah, ambil beberapa bunga sepatu, haluskan, beri sedikit air dan peras.

Cara Membuat Lipstik Alami Dengan Madu Dan Mentega

madu-mentega
Madu kuat memelihara sel-sel kulit pada bibir dan membuatnya tampak cerah alami. Caranya oleskan madu ke bibir anda sebelum tidur malam. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Selain madu, ternyata mentega juga bisa mempunyai fungsi yang sama. Mentega bisa mengembalikan warna bibir menjadi lebih segar dan kemerahan. Caranya juga cukup gampang, anda tinggal mengoleskan mentega ke bibir anda menjelang tidur. Lakukan juga dengan teratur. Mudah bukan?
Bersihkan Bibir Sebelum Tidur
Bibir indah dengan polesan lipstik memang cantik dan menawan. Namun jangan lupa membersihkan bibir anda sebelum tidur dengan air dingin. Pastikan seluruh bekas lipstik sudah bersih dari bibir anda.
Untuk perawatan alami anda bisa memoleskan madu atau mentega ke bibir anda sebelum tidur untuk membuatnya kemerahan.

2. Bedak Para puteri keraton jaman Kuno

tepung-beras

Namanya jaman kuno jelas belum ada bedak modern yang pakai kemasan.
Pada jaman dulu bedak dibuat oleh para puteri dari tepung beras, atau tepung tapioka atau tepung singkong.

Caranya : para puteri ini memilih beras padi gogo/ padi Jawa yang panennya 6 bulan sekali.

Kemudian berasnya dicuci bersih, kemudian dijemur hingga 3 hari lamanya.

Kemudian ditumbuk, diayak dan disaring dan ditumbuk lagi hingga halus, hal ini diulangi hingga 5 kali, dan konon lebih halus dari bedak pabrikan.

Setelah jadi aplikasikan bedak alamiah ini ke kulit wajah.

Seorang puteri keraton dari Jawa Tengah yang pintar tercatat, kemudian menambahkan bubuk Bengkoang ke tepung beras tadi.
Caranya ambil bengkoang, haluskan bengkoang itu, peras dan jemur. Tumbuk ampasnya keringnya tadi dan campurkan ke tepung beras.

Puteri keraton yang pintar dan cantik ini kemudian juga menambahkan wangi bunga melati (jasmine) dan mawar ke bedaknya. Cara dia mensarikan minyak esensialnya adalah jemur hingga kering semangkuk bunga melati.

Giling dan press atau tekan, dan uapkan hingga keluar minyaknya, ambil minyak esensialnya yang cuma sedikit itu, campur dalam bubuk bedak kuno tadi.

Sang puteri keraton jaman dulu ini memang pintar, dan untungnya catatan Si Puteri Keraton jaman dulu ini sudah Puteri simpan baik-baik.

Namanya juga jaman dulu, ya jelas masih tradisional sekali.

Yang penting adalah baik tepung beras dan bubuk bengkoang ini harus kering sekali dan dihaluskan dengan batu, Puteri Keraton ini memilih batu akik atau batu giok untuk menghaluskan bubuk bedak, hebat kan ?

Kalau sekarang, jaman modern cara bikinnya adalah :
1. Beras organik
2. Air
3. Buah bengkoang
Kupas buah bengkoang dan cuci sampai bersih, Kemudian haluskan dengan cara diparut atau diblender. Campurkanlah hasil parutan bengkoang tadi dengan sedikit air, lalu aduk-aduk sampai rata. Jemur hingga kering. Ini bisa untuk bedak kering dan bedak dingin.

Untuk bedak dingin, peras parutan bengkoang yang telah di beri campuran air tadi hingga menghasilkan air sari pati bengkoang, gunakanlah mangkuk untuk menampung air sari bengkoangnya.

Simpanlah air sari bengkoang tadi di tempat yang sejuk. Dan aplikasikan untuk bedak dingin.
Membuat tepung beras : Siapkan dua genggam beras organik dan rendam dalam ember berisi air selama satu malam, namun anda juga bisa merendamnya hingga lebih dari 3 malam sehingga beras menjadi lebih lunak.
Setelah proses perendaman selesai, silahkan tiriskan airnya hingga surut, kemudian pindahkan beras yang sudah lunak pada blender gilingan untuk dihaluskan.

Haluskan /giling beras sampai benar-benar halus. Gunakan saringan untuk mendapatkan bubuk beras yang halus, sedangkan bubuk beras yang agak kasar bisa dilakukan proses penghalusan kembali seperti cara sebelumnya.
Setelah mendapatkan bubuk beras yang halus, kemudian campurkanlah dengan air sari bengkoang yang telah di buat sebelumnya. Aduk-aduk sampai rata, dan buat bentuk adonan membulat seperti sedang membuat kue, lalu pipihkan sehingga berbentuk seperti biskuit.

Untuk membuat bedak kering, adonan mirip biskuit kering itu giling lagi sampai halus, dan pakai di wajah.
Untuk membuat bedak dingin sangatlah mudah. Ambil satu buah bedak keras yang berbentuk seperti biskuit tadi, lalu campurkan dengan sedikit air, kemudian aduk-aduk hingga larut dan terlihat seperti bubur.
Sekarang bedak dingin sudah siap untuk digunakan pada wajah, caranya yaitu dengan mengoleskannya pada permukaan wajah, tangan, atau kaki secara merata.

3. Celak mata alami

itsmid

Celak pada jaman dulu rata-rata dimpor dari india. India mendatangkan dari Persia yang dinamakan bahan celaknya adalah Istmid.
Istmid adalah batu celak hitam. Jenis istmid terbaik berasal dari Isfahan (Persia), namun Istmid juga ditemukan di wilayah-wilayah barat.
Istmid yang terbaik adalah istmid yang dapat melekat dengan cepat, memiliki butiran berkilauan, bagian dalamnya halus dan tidak mengandung kotoran. Celak bersifat dingin dan kering.
Celak juga berkhasiat menguatkan mata dan saraf mata, menghilangkan daging berlebihan disekitar koreng dan menutup luka sewaktu membersihkan wilayah sekitarnya.
Jika dicampur dengan madu murni, itsmid dapat mengobati sakit kepala. Itsmid yang ditumbuk dan dicampur dengan lemak segar dapat dimanfaatkan sebagai pembalut luka bakar. Campuran ini dapat mencegah munculnya lepuhan pada kulit sekaligus menyembuhkan kerusakan kulit akibat luka bakar. Itsmid merupakan jenis celak terbaik. Jika dicampur dengan minyak kesturi, istmid sangat berguna untuk seseorang yang pandangan matanya telah kabur, terutama orang tua.

4. Lulur alami

mangir-2

Coba sahabat puteriputeri.com melihat liputan yang ini.
Lulur yang paling dahsyat khasiatnya adalah lulur mangir. Apa itu Mangir?
Mangir termasuk rahasia kecantikan turun temurun putri keraton untuk mendapatkan kulit cerah sehat alami.
Mangir aslinya adalah ramuan yang terbuat dari rempah-rempah seperti temu giring, kunyit, cendana, akar wangi dan beras yang memiliki berbagai khasiat untuk merawat kulit tubuh.
Bahan-bahan tersebut diracik sampai menjadi bubuk mangir untuk lulur ataupun mandi.
Secara alami bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mangir adalah ramuan-ramuan yang memiliki khasiat alami untuk perawatan tubuh.

mangir
1. Temu giring

temugiring

Manfaat temu giring sebagai bahan kecantikan khususnya untuk menghaluskan dan meremajakan kulit, kini juga sudah hadir dalam bentuk serbuk yang biasa digunakan untuk lulur dan masker. Kandungan Atsiri yang terdapat dalam temu giring dipercaya dapat memberikan efek relaksasi dan bisa memperlancar peredaran darah jika digunakan sebagai lulur.T emu giring memiliki manfaat alami untuk kulit seperti mampu menjadi bahan dasar untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan kulit serta mengatasi bau badan yang kurang sedap.

2. Kunyit

kunyit-bubuk
Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat. Hampir setiap orang Indonesia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.
Kunyi memiliki zat yang disebut curcumin ,dan secara alami kunyit memiliki manfaat untuk mengobati jerawat, mengatasi kulit kering, kaki pecah-pecah dan menghilangkan sel kulit mati.

3. Kayu Cendana

tepung-kayu-cendana
Kayu cendana memiliki aneka khasiat terutama untuk kecantikan. Kayu cendana yang telah diolah menjadi bubuk kayu cendana, dapat diolah lagi hingga menjadi kosmetik dan produk aromatik. Kayu cendana yang diolah menjadi bubuk juga dapat menjadi bahan baku bedak, dan paling penting bisa menjadi bahan baku lulur alami.
Bubuk Kayu cendana juga memiliki khasiat untuk mencegah tumbuhnya jerawat, menghilangkan noda hitam pada kulit, melembutkan kulit dan mengencangkan kulit.

4. Akar wangi

akar-wangi-putri
Akar wangi atau rumput akar wangi, dsebut dengan nama vetiver, dan nama latin Chrysopogon zizanioides syn. Vetiveria zizanioides, Andropogon zizanioides) adalah sejenis rumput yang berasal dari India. Tumbuhan ini dapat tumbuh sepanjang tahun, dan dikenal orang sejak lama sebagai sumber wangi-wangian. Tumbuhan ini digunakan sebagai pengharum pada kosmetik atau minyak esential pada aroma terapi.
Secara alami, akar wangi bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit tubuh dan mencegah bau badan yang kurang sedap.

5. Beras putih

tepung-beras

karena kandungan ceramidenya, lulur beras dipercaya turun-­temurun sebagai rahasia kecantikan para putri keraton, karena beras ternyata memiliki struktur yang sama seperti ceramide, yaitu suatu molekul lipid yang berfungsi dalam menyempurnakan proses regenerasi sel­sel kulit. Beras juga
mengandung vitamin B yang selalu ada dalam kandungan produk kosmetik pemutih kulit.
Sehingga secara alami kandungan dalam beras bisa menghaluskan kulit, melembutkan kulit, memutihkan kulit, serta mampu memperbarui pembentukan pigmen melanin dan menetralisir dampak buruk sinar UV.

Lulur Alami Untuk Kulit Cantik dan Bersinar
– Lulur merupakan salah satu perawatan tubuh yang dapat meremajakan kulit, menjaga kulit tetap putih dan cantik. Lulur dapat pula berperan sebagai exfoliate untuk menghapus sel-sel kulit mati. Merawat tubuh ngan lulur dapat membantu membuka sumbatan pori-pori, menyingkirkan debu dan polutan lingkungan lainnya, dan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit, sehingga memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit. Berikut ini beberapa resep lulur alami untuk kulit cantik dan bersinar.
Lulur Kelapa
bahan:
– ½ cangkir cairan minyak kelapa
– 3 sdm bubuk kakao hitam tawar
– 1 cangkir gula coklat
– ½ sdt ekstrak kelapa
– 1 sdt ekstrak vanila
cara membuatnya:
– Campur jadi satu minyak, ekstrak dan gula. Anda dapat mengubah kuantitas tergantung pada konsistensi yang diperlukan.
– Sekarang aduk campuran ini bersama dengan bubuk coklat, kemudian simpan lulur dalam lemari es dalam gelas atau wadah plastik yang ada tutupnya.
Lulur Kopi
bahan:
– ½ cangkir gula
– 3 sdm minyak zaitun
– 2 cangkir bubuk kopi yang kasar
cara membuatnya:
– Campur jadi satu semua bahan dalam mangkuk ukuran sedang.
– Mandi air hangat untuk membuka pori-pori dan biarkan kulit Anda menjadi dingin.
– Setelah keluar dari bak mandi, gosok campuran kopi pada kulit Anda dengan gerakan melingkar dengan sedikit tekanan.
– Bilas, oleskan body lotion dan selanjutnya keringkan tubuh Anda.
Lulur Lemon
bahan:
– ½ sdt lemon yang di parut
– ½ cangkir garam laut
– ½ cangkir manis minyak almond
cara membuat:
– Campurkan semua bahan bersamaan, pastikan bahan tidak kontak dengan air untuk menghindari garam menjadi larut.
– Simpan campuran dalam wadah kedap udara di tempat yang teduh dan kering setelah digabungkan.
– Aduk lulur dengan ujung jari Anda sebelum mandi dan oleskan ke seluruh tubuh.
Lulur Madu
bahan:
– 1 sdm minyak jojoba
– ¾ cangkir madu
– 1 sdm vanila
– 1 cangkir gula
cara membuat:
– Campur bahan kering terlebih dahulu dan kemudian tambahkan minyak dan aduk lagi sampai jadi pasta.
– Basahi kulit sebelum mengoleskan pasta pada kulit
– Oleskan campuran tersebut dengan gerakan memutar dan memijat lembut dengan ujung jari, kemudian bilas dengan air hangat.
Begitulah kombinasi antara metode jaman kuno yang kemudian ditanbahkan dengan aneka lulur alami yang bisa dibuat pada masa kini.
(Puteri)

1 Comment

  1. Pingback: Rahasia Kecantikan Alami Puteri Keraton (Bag 1) - puteriputeri.com

Tinggalkan Balasan