Ingin liburan tetapi terhimpit waktu dengan kesibukan ? bukan berarti tidak bisa menjelajah tempat-tempat seru. Karena tidak jauh dari Jakarta tepatnya di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Terdapat Curug Putri Kencana.

Dalam bahasa Sunda, Curug adalah air terjun sedangkan Leuwi adalah bagian terdalam atau cekungan yang ada di sungai. Leuwi bisa juga disebut lubuk.

Curug Puteri Kencana memiliki mitos yang menarik. Konon Prabu Kencana sering bertapa ditempat ini dan setiap malam kamis warga sering mendengar suara perempuan di Curug Putri Kencana.

Penampakan seorang wanita berpakaian puteri kerajaan lengkap dengan perhiasan emas juga kerap terlihat di Curug Putri Kencana ini, karena itu warga desa setempat menamakan Curug atau air terjun ini dengan nama Curug Putri Kencana

Walaupun belum sepopuler Curug Bidadari atau Curug Barong, yang dikenal sebagai Leuwi Hejo, Curug Putri Kencana menawarkan keindahan yang tidak kalah dengan Curug yang lainnya.

Aliran sungai yang jernih dan barisan sawah akan terlihat saat pengunjung mulai memasuki kawasan Curug Putri Kencana serta rimbunnya pepohonan dan suasana pedesaan melekat pada tempat ini.

Curug ini  memang tidak terlalu besar dan tidak terlalu tinggi, namun airnya yang jernih dan sejuknya alam disana membuat kalian tidak sabar untuk berenang.

Kedalaman Curug ini mencapai 5 meter. Jadi, bagi yang tidak bisa berenang lebih baik bermain di tepi Curugnya saja yaa.

Nah puas dengan Curug kita bisa beralih ke leuwi yang memang asyik dan nyaman untuk berenang ataupun sekedar bermain air. Bagi yang suka tantangan, ada satu Curug lagi, namanya Curug Love.

Curug ini berada diatas Curug Putri Kencana dan perlu 30 menit untuk mencapainya. Sebenarnya nama asli Curug Love ini adalah Curug Meleduk, tetapi banyak pengunjung yang menamakan Curug Love karena batu yang menggantung ditengah-tengah curug berbentuk seperti hati.

Tarif yang dikenakan untuk memasuki kawasan Curug Putri Kencana ini cukup ekonomis loh,hanya dengan mengeluarkan 10.000 per orang, anda sudah bisa menikmati sejuknya susana yang tidak kalian dapati di kota-kota.

Jadi, buat kalian yang ingin berlibur tetapi tidak mempunyai banyak waktu, kawasan Curug Puteri kencana bisa jadi referensi kalian.

(Oleh : Fauziah Ani)

Tinggalkan Balasan