Sahabat puteriputeri.com semua, hidup sehat dengan pola diet buah dan sayuran itu sangat penting, jika badan kita sehat maka kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar.

Tetapi terkadang beberapa orang merasa kesulitan untuk mengubah pola hidup yang sehat. Mereka cenderung lebih banyak mengkonsumsi makanan instant untuk menghemat waktu dan berkesan lebih praktis.

 

Hidup sehat dapat diawali dengan mengkonsumsi sayuran. Umumnya sayuran berwarna hijau. Ini mengindikasikan bahwa sayuran didominasi oleh zat klorofil yang merupakan pigmen dari tanaman. Zat tersebut memiliki struktur kimia yang hampir sama dengan sel darah merah pada manusia sehingga dari berbagai hasil penelitian para ahli gizi, klorofil bisa dimanfaatkan untuk merangsang pembentukan hemoglobin pada penderita kekurangan darah atau anemia. Tidak itu saja, klorofil juga bermanfaat sebagai pembersih alamiah (detoks) dan mampu menetralisir radikal bebas yang bisa mencegah proses penuaan maupun kerusakan pada sel tubuh.

 

Sayuran juga mengandung enzim protease inhibitor. Senyawa ini berfungsi sebagai penghambat munculnya sel kanker khususnya kanker pada saluran pencernaan seperti usus. Mengkonsumsi secara rutin juga bisa memperpanjang umur sel-sel tubuh dan memperkuat pembuluh darah sehingga tidak mudah pecah. Jadi, untuk menjalankan pola hidup sehat, cukup dengan rajin makan sayur dan menjauhi kebiasaan yang merusak seperti merokok.

Sayuran hijau tidak hanya membuat konsentrasi lemak dalam darah bisa tetap terjaga, namun juga menjaga kita terhindar dari berbagai serangan penyakit akibat gangguan pada pembuluh darah, seperti hipertensi, stroke, diabetes, jantung koroner, dan katarak.

 

Selain sayuran, buah-buahan juga penting untuk kesehatan, tentu buah-buahan di negara tercinta kita ini kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan. Anda juga sudah paham bukan tentang mengkonsumsi buah-buahan juga termasuk kedalam pola hidup sehat. Saat ini semakin banyak orang-orang yang sadar akan pentingnya menjaga Pola Diet dengan Buah dan Sayuran.

 

sayur-buah-1

Manfaat buah bagi tubuh kita :

Mencegah Berbagai Jenis Penyakit

Kombinasi kandungan falavanoid, antioksidan, mineral, vitamin, makronutrien serta mikronutrien membuat buah sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Manfaat buah-buahan yang satu ini dapat menurukan risiko Anda terkena stroke, tekanan darah tinggi, sembelit, kanker, penyakit jantung, kencing manis dan penyakit kronis lainnya. Misalnya buah pisang yang kaya akan kalium akan mencegah Anda menderita penyakit jantung, stroke dan tekanan darah tinggi bahkan mengurangi rasa cemas berlebih. Buah juga mengandung banyak air dan serat yang membantu fungsi pencernaan Anda.

 

Manfaat Buah Untuk Diet

 

Ketika Anda mulai memasukkan menu buah-buahan ke dalam menu harian Anda, Anda akan merasakan adanya penurunan berat badan atau berat badan Anda akan stabil pada angka yang normal. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi buah dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan orang yang gemar mengkonsumsi buah akan mengeliminasi makanan ringan yang tidak sehat di menu hariannya. Ditambah lagi kandungan air dari buah yang akan membantu proses detoksifikasi zat tak berguna di dalam tubuh. Secara umum, buah tidak mengandung lemak yang dapat menambah berat badan Anda. Namun jangan lupa untuk tetap berolahraga bila diet merupakan tujuan utama Anda.

 

Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan salah satu kondisi kulit yang paling mengganggu dan menyebalkan. Dengan mengkonsumsi buah dalam jumlah yang cukup, Anda dapat mencegah dan mengatasi jerawat. Manfaat buah-buahan bagi kesehatan kulit Anda adalah menjaga kelembapan kulit dan memberikan kulit nutrisi yang baik. Beberapa buah juga memiliki efek tidak langsung yang dapat menekan jerawat. Contohnya apel yang mengandung banyak pectin akan membantu menyembuhkan konstipasi; dimana konstipasi merupakan salah satu pencetus terjadinya jerawat. Buah beri dapat membersihkan kulit sehingga melindungi kulit dari jerawat dan penyakit kulit lainnya. Buah lain yang dapat mencegah jerawat ialah anggur, pepaya dan lemon.

 

Membuat Rambut Menjadi Sehat dan Indah

Menumbuhkan rambut yang sehat merupakan salah satu manfaat buah-buahan. Vitamin A akan mempercepat pertumbuhan rambut dan melembutkan tekstur rambut. Mengkonsumsi buah saat perut kosong akan mencegah kerontokan rambut dan mencegah pembentukan uban. Buah jenis jeruk merupakan contoh yang baik untuk melebatkan rambut. Vitamin C akan membantu rambut Anda tumbuh serta membuatnya menjadi lebih berkilau.

Berikut macam-macam buah yang memiliki banyak manfaat,

– Apel

apel

Apel merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan yang cukup banyak dan diantaranya adalah menurunkan kadar kolesterol. Seperti kita ketahui ada dua jenis kolesterol yaitu yang jahat dan baik. Dengan mengonsumsi apel maka Anda bisa mengusir kolesterol jahat yang ada didalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah apel sebanyak 2 kali dalam sehari maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan turun 16%.

 

Pisang.

pisang1

Buah pisang ternyata banyak mengandung potasium yang bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah serta melindungi jantung anda. Buah pisang juga mengandung fructooligosaccharide, yang merupakan prebiotik yang dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh anda untuk menyerap berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh termasuk kalsium serta membantu bakteri baik di saluran pencernaan dalam proses pencernaan makanan pada tubuh anda.

 

Semangka.

semangka

Buah semangka ternyata banyak mengandung vitamin, lycopen B serta asam amino. Vitamin dan lycopen B berfungsi untuk produksi energi bagi tubuh kita. Asam amino berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung anda dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 

Pepaya.

papaya

Buah pepaya ternyata banyak mengandung antioksidan, vitamin E, C  dan papain. Antioksidan, vitamin E, dan C tersebut sangat baik untuk kesehatan jantung anda. Sedangkan papain bermanfaat untuk membantu menurunkan peradangan dalam tubuh anda.

 

Demikianlah yang bisa penulis sampaikan tentang manfaat dari sayuran dan buah-buahan untuk tubuh kita, setelah kita mengetahui pentingnya sayuran dan buah-buahan tidak ada salahnya kita mencoba untuk memulai pola hidup yang lebih sehat agar kegiatan atau aktivitas yang kita lakukan sehari-hari bisa terlaksana dengan baik dan memberikan hasil yang sempurna.

Tips berhasil Diet :

  1. Jangan terlalu lapar

Anda akan membuat keputusan yang buruk ketika penilaian Anda terganggu karena kelaparan. Kelaparan adalah dorongan utama yang sulit untuk menolaknya.

Ketika Anda kelaparan, sulit untuk menunda sampai Anda dapat menemukan makanan sehat.

Akibatnya, Anda berakhir makan apa pun  dan biasanya, menyesali setelah itu.

Perencanaan makanan dan snack dapat dilakukan untuk mencegah rasa lapar intens. Camilan sehat, seperti satu ons pistachio, telur rebus dan beberapa kerupuk gandum, yoghurt Yunani, atau 1/4 cup kismis. Jangan melewatkan makan terutama makanan ringan protein, buah terutama Melon yang berguna mengisi diet Anda!

  1. Ukur kalori harian Anda

Setiap orang yang berdiet sebaiknya memiliki ukuran kalori, apakah Anda sedang mencoba untuk menjaga berat badan  atau menurunkannya

Untuk membangun diet yang sehat, dan membantu mencegah frustrasi tentang pengendalian berat badan, disarankan merancang intake kalori harian berdasarkan jenis kelamin, usia, dan tingkat aktivitas fisik. Ketika Anda tahu rencana kalori harian Anda, maka Anda dapat merencanakan berapa banyak porsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, dan sumber protein lain untuk dikonsumsi setiap hari.

 

  1. Makan yang benar pasca-latihan olah raga

Orang sering melebih-lebihkan berapa banyak kalori yang dibakar selama aktivitas fisik, yang sering jauh lebih kecil dari kalori yang sebenarnya dibakar.

Ketika Anda melebih-lebihkan kalori yang Anda bakar selama latihan, Anda mungkin makan lebih banyak dari yang Anda butuhkan, membuat penurunan berat badan dan pemeliharaan sulit. latihan intensitas tinggi dapat mendorong perempuan untuk makan lebih banyak, dan olahraga ringan dapat menjadi kunci untuk mengontrol berat badan lebih mudah.

Untuk melihat berapa banyak kalori rata-rata Anda membakar selama kegiatan sehari-hari dan latihan gunakan grafik yang benar. Bahkan Anda dapat melihat bagaimana mudahnya untuk menghapus kalori yang terbakar selama latihan hanya dengan camilan beberapa tambahan pada siang hari.

 

  1. Gunakan patokan warna merah, oranye dan  hijau

Pada setiap makan ingat warna merah, oranye dan hijau. Dengan berfokus pada makanan ini, Anda pasti akan mendapatkan beberapa hasil di piring Anda dan tidak akan memiliki ruang di piring Anda untuk ongkos tinggi kalori. Buah warna merah, dan orange, dan sayuran orange wortel, atau hijau membantu kulit Anda terlihat lebih sehat dan lebih muda Inilah yang harus dimakan untuk kulit bersinar!

 

  1. Makan satu gigitan kurang

Melakukan hal ini setiap kali makan kue, snack dan camilan berat seperti hotdog, dan hamburger, bisa menghemat sekitar 75 kalori sehari yang setara dengan hampir 8 pon berat badan dalam satu tahun ! Jadi kalau kangen camilan junk food, makan saja satu gigitan kurang dalam sehari, cukup.

  1. Jadilah seorang peminum berat

Peminum berat yakni peminum air.

Air sangat penting untuk menjaga tubuh terhidrasi dan kami benar-benar lebih mungkin untuk mempertahankan “berat air” dengan tidak minum cukup itu daripada dengan memiliki terlalu banyak. Kebutuhan masing-masing orang akan berbeda, tapi rekomendasi umum skitar 8 gelas @200 ml perhari.

 

(Oleh : Purniwati)

 

Tinggalkan Balasan