Hmmm Peuyeum Kuningan, Jawa Barat, segar dan bercita rasa khas.

Jika kita berbicara soal makanan unik khususnya makanan khas dari daerah tertentu tidak akan ada habisnya.

Ya, dari makanan kita bisa mengenal identitas dari suatu kota.

Contohnya makanan yang akan saya bahas dalam postingan ini, yappp kali ini saya akan membahas makanan khas yang berasal dari Kota Kuningan Jawa Barat.

Belum banyak yang tahu tentang Kota Kuningan, memang Kota ini belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, tetapi sedikit demi sedikit kota ini mulai dikenal masyarakat luas.

Kota Kuningan ini menyimpan banyak sejarah Indonesia, bukan sejarahnya yang akan dibahas melainkan makanan yang dibahas dalam postingan saya ini.

Mungkin beberapa masyarakat Indonesia sudah mengenal dengan makanan khas yang satu ini, karena cita rasanya yang unik………. Ya Peuyeum Kuningan.

Tape Ketan atau dalam bahasa Sunda biasa disebut peyeum merupakan olahan makanan yang terbuat dari beras ketan yang difermentasi, peuyeum dibungkus menggunakan daun jambu air.

peyeum-1

Selain rasanya yang khas, makanan yang satu ini juga sangat bersahabat di kantong dan tidak akan membuat kantong terkuras.

Peuyeum biasa dipadukan dengan minuman Jeniper (Jeruk Nipis Peras) salah satu produk olahan yang bahan utamanya adalah perasan jeruk nipis.

Tempat pembuatan peyeum ini biasa dilakukan di rumah-rumah warga, karena makanan ini bisa dibilang bisnis rumahan, hampir 70 % masyarakat Kuningan khususnya kaum wanita ahli dalam membuat peyeum ini, karena proses pembuatannya yang tidak terlalu sulit, tetapi juga untuk membuat makanan olahan yang satu ini membutuhkan waktu yang cukup lama agar cita rasanya tambah nikmat.

Setelah tercium aroma khas dari daun jambu air itu menandakan bahwa peyeum yang sudah difermentasikan tadi sudah bisa disajikan.

Selain itu air dari sisa olahan dari peuyeum ini bisa di konsumsi dan bisa diolah kembali menjadi makanan yang biasa disebut breum.

peyeum-2

Tiap hari-hari besar, misalnya di saat Hari Raya Idul Fitri peuyeum merupakan makanan primadona khas Kuningan yang tak boleh terlewatkan, banyak mobil-mobil yang berhenti sejenak hanya untuk makanan yang satu ini, mulai dari kalangan menengah kebawah hingga kalangan menengah ke atas.

Apalagi sekarang banyak sekali varian rasanya yang dihadirkan dari peuyeum ini, membuat orang ketagihan untuk terus menikmatinya.

(Liputan oleh : Aditya Rizky)

1 Comment

  1. Pingback: Cadas Gantung Yang Memikat Pengunjung - puteriputeri.com

Tinggalkan Balasan