Pangandaran adalah kota kecil dari kecamatan di Kabupaten Ciamis selatan, Jawa Barat, Indonesia. Hal ini terletak di pantai selatan Jawa. Pangandaran adalah tujuan wisata populer, memiliki pantai yang dianggap salah satu yang terbaik di Jawa dan menawarkan kemungkinan berselancar secara baik.

Sebuah festival layang-layang diadakan di pantai pada bulan Juli setiap tahun. Penduduk setempat juga secara teratur menggunakan layang-layang di malam hari untuk menangkap kelelawar, yang baik dimakan atau digunakan dalam pengobatan.

Penduduk kawasan ini juga masih menghargai keberadaan ‘dimensi alam lain’, terbukti masih ada kepercayaan lokal yang menyarankan untuk hindari mengenakan pakaian hijau apalagi warna hijau pupus kerajaan pada setiap kawasan di tepian pantai daerah Pangandaran ini, karena pada jaman dahulu hal ini akan ‘memprovokasi’ Ratu Jin Pantai selatan berjuluk Nyi Rara Kidul.

Ya percaya atau tidak, itu terserah Anda, namun redaksi puteriputeri.com cukup bijak untuk mengerti kalau makhluk Jin itu ada, namun para jin hidup di dimensi di luar ruang dimensi alam dunia kita ini. Ada yang mengatakan jin hidup di dimensi kelima. Sedang Kita manusia mendiami dimensi keempat yakni di ruang tiga dimensi panjang-lebar-tinggi ditambah dimensi waktu kita sebagai bentuk empat dimensi ruang hidup kita.

Sementara jin, percaya atau tidak, mereka para jin diyakini mendiami ruang dimensi kelima.Sebenarnya ada aturan wajib dari Tuhan Yang Maha Esa bahwa manusia dan jin tidak bisa saling memberikan keuntungan dan dilarang saling memberikan  kerugian, selain itu jin dan manusia wajib menyembah dan berlindung hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai pencipta jin dan manusia.

Jadi aspek misteri Pangandaran ini menyambung pada ‘local wisdom’ akan misteri yang sama di sepanjang kawasan di pantai selatan Pulau Jawa.

Pada  Semenanjung Pangandaran dan cagar alam di dekatnya, maka di semenanjung ini terhubung ke daratan oleh leher sempit tanah. Tanah genting lebar sekitar 200 meter dan kita dapat melihat matahari terbit di Pantai Timur dan juga sunset di Pantai Barat ketika matahari berada di atas belahan bumi selatan. Sekitar delapan puluh persen dari cagar alam adalah hutan hujan sekunder. Flora cagar alam mencakup tanaman langka Rafflesia.

Gempa bumi bawah laut diukur pada 7,7 pada skala Richter memicu dinding hitam enfulging air tsunami orang, menyebabkan kerusakan sejauh daratan hingga setengah kilometer pada 17 Juli 2006, pada tahun itu kerusakan luas terjadi  dan ratusan orang tewas termasuk sejumlah kecil wisatawan asing .

Di Pangandaran juga terbentang beberapa desa nelayan yang terletak di tanah genting sempit bertetangga dengan  Taman Nasional Pangandaran yang menempati seluruh tanjung Pangandaran.

Di kedua sisi timur dan ke barat dari desa Pangandaran dan Taman Nasional genting dua pantai pasir hitam vulkanik. Ini timur dan barat pantai menghadap menyediakan Pangandaran dengan reputasi yang tidak biasa sebagai salah satu dari beberapa resort pantai di dunia di mana satu dapat menonton matahari terbit di pagi hari dan matahari terbenam di malam hari.

Pantai Pangandaran telah menjadi semakin populer dengan peselancar karena ada beberapa pantai dan surfing istirahat dalam jarak perjalanan yang mudah. Ada juga fasilitas penyewaan papan selancar dan sekolah surfing yang tersedia di pantai.

Pangandaran juga populer dengan wisatawan domestik Indonesia, terutama selama liburan Ramadhan, Tahun Baru dan libur panjang.

Fasilitas yang tersedia di Objek Wisata Pantai Pangandaran :

  • Lapang parkir yang cukup luas
  • Hotel, restoran, penginapan, pondok wisata dengan tarif bervariasi
  • Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer
  • Gedung bioskop, diskotik
  • Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata
  • Bumi perkemahan
  • Sepeda dan ban renang sewaan
  • Parasailing dan jetski

Tiket masuk objek Wisata Pangandaran :

  • Pejalan Kaki 1(satu) Orang Rp. 4.000,-
  • Sepeda Motor Rp. 7.000,-
  • Kendaraan Jenis Jeep/Sedan Rp. 30.000,-
  • Kendaraan Jenis Carry Rp. 35.000,-
  • Kendaraan Penumpang Besar Rp. 40.700,-
  • Bus Kecil Rp. 80.000,-
  • Bus Sedang Rp. 104.000,-
  • Bus Besar Rp.169.000,-

Jadi bagi para pecinta web puteriputeri.com semuanya, silahkan berwisata ke Pangandaran Jawa Barat  untuk menambah pengalaman batin Anda, meresapi keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

(Liputan oleh : Defi Febrianty)

Tinggalkan Balasan