Seledri atau Daun Seledri ini banyak khasiatnya untuk kesehatan dan kecantiikan.

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat ditakuti para remaja. Selain membuat tidak nyaman jerawat juga membuat tidak percaya diri untuk tampil di muka umum.
Jerawat dapat disebabkan oleh perawatan kulit yang kurang, penggunaan kosmetik yang tidak cocok di kulit, dan minyak yang berlebih pada kulit wajah.

Banyak cara untuk mencegah dan mengobati jerawat, selain menggunakan produk kosmetik yang tidak berbahaya dapat juga menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan dan harganya pun terjangkau.

seledri-1

Daun seledri tidak hanya untuk pelengkap masakan, namun dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Berikut adalah manfaat daun seledri untuk wajah :

1. Membuat wajah tampak cantik
Dengan mengkonsumsi jus seledri setiap hari dengan teratur dapat memenuhi kebutuhan air dalam tubuh sehingga membuat sel-sel kulit terhidrasi.

2. Mengurangi minyak pada wajah
Menghilangkan minyak di wajah dengan seledri cukup mudah, dengan tiga batang seledri yang sudah dicuci bersih, kemudian iris dengan ukuran kecil-kecil, siapkan wadah untuk irisan seledri dan tuangkan air mendidih. Tutup dengan rapat hingga dingin dan masukan ke kulkas. Air seledri siap digunakan.

3. Mengobati dan menghilangkan jerawat
Dengan masker seledri dapat mengatasi masalah jerawat pada wajah. Cara membuat masker seledri cukup mudah dengan mencampurkan jus seledri dengan 5 tetes minyak zaitun. Oleskan masker seledri ke seluruh wajah dan leher hingga rata. Kemudian diamkan hingga benar-benar mengering. Setelah kering lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Selain untuk perawatan wajah , daun seledri dapat digunakan untuk perawatan rambut. Berikut adalah manfaat daun seledri untuk rambut :

1. Menghitamkan rambut
Tidak hanya orang-aring yang digunakan untuk menghitamkan rambut, daun seledri juga dapat digunakan untuk menghitamkan rambut. Daun seledri membuat rambut sehat dan tampak hitam berkilau.

2. Menyuburkan rambut 
Sebagian besar orang tidak mengetahui jika bukan hanya lidah buaya saja yang dapat menyuburkan rambut, namun dengan daun seledri pun juga dapat menyuburkan rambut. Dengan daun seledri mampu merangsang hormon rambut agar rambut terlihat sehat dan tumbuh lebat.

Cantik dan Sehat dengan Daun Seledri

Selain sering digunakan untuk menambah aroma dalam masakan, seledri juga sangat populer sebagai makanan kesehatan. Sayuran hijau yang satu ini sering direkomendasikan sebagai cemilan untuk mereka yang sedang berdiet karena kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Di samping itu seledri juga rendah kalori dan memiliki batang renyah berserat tinggi yang menghasilkan rasa kenyang lebih lama.

Daun seledri sendiri memiliki manfaat dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Berikut ulasannya :

1. Melebatkan rambut.

Manfaat daun seledri untuk kecantikan berputar pada kualitas rambut yang kita miliki berupa penyubur rambut. Penggunaan seledri akan melebatkan rambut kita. Apalagi untuk perempuan yang mana rambut merupakan mahkota kecantikannya. Tentu tidak ingin menyia-nyiakan perawatan rambut yang murah satu ini. Caranya pun mudah sekali. Daun seledri yang berjumlah maksimal 10 batang dicuci. Setelah dicuci, ambil ulekan, lalu tumbuk daun sop satu ini. Setelah ditumbuk, daun seledri diusapkan ke kepala dengan merata. Setelah rata, hitung waktu 1 jam. Biarkan daun seledri yang telah ditumbuk tadi di atas kepala kita. Selanjutnya, kita bilas bersih. Mudahnya lagi, cukup 1 kali seminggu kita lakukan hal ini. Tentu tidak menghabiskan banyak waktu.

2. Untuk memutihkan wajah

seledri-2

Cara Membuat Masker Pemutih Wajah Dengan Daun Seledri sangat sangat mudah sekali. Tidak repot dan tidak perlu biaya mahal.Bahan-Bahan yang diperlukan Untuk Membuat Masker Seledri :
1 ikat kecil seledri dan 2 gelas air putih

Cara Membuat Masker Seledri :
Seledri di potong atau iris kecil , lalu di rebus hingga mendidih. Setelah itu dinginkan.
Cara Pemakaian Masker Seledri :
Cuci muka/wajah menggunakan air rebusan seledri yang sudah didinginkan tadi. Diamkan beberapa menit hingga mengering. Kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan air bersih. Lakukan dengan rutin seminggu 1-2 kali

3. Untuk mengobati rematik

Mengobati rematik sangat urgent buat yang sudah terkena penyakit satu ini. Di samping menganggu aktivitas sehari-hari yang menumpuk, rematik juga kuasa menjadikan kita kesakitan sepanjang hari. Penyakit rematik hadir karena kelebihan asam urat. Asam urat ini lalu menumpuk di sendi dan lambat laun mengkristal. Akibatnya, menggunakan tubuh menjadi sulit. Lambat laun, rematik juga mengancam gerak kita dengan kelumpuhan. Daun seledri bisa membantu masalah rematik satu ini.

4. Untuk mengobati anemia

Kekurangan darah atau anemia bisa menjadikan kita sakit kepala sepanjang hari. Bagaimana tidak? Karena kita menjadi lemah, lesu, lunglai, dan lemas. Cara yang dilakukan cukup dengan membuat jus. Jus tersebut campuran dari air, madu, nanas, dan daun seledri. Minum rutin jus campuran seledri ini setiap hari.

5. Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Kolesterol memiliki jumlah yang harus dibatasi di dalam tubuh. Jumlah yang tidak dibatasi nantinya akan berakibat pada penumpukan dan penyumbatan pembuluh darah.Cara yang dilakukan, Cukup rebus daun seledri dengan 3 gelas air hingga susut menjadi 1 gelas air setelah daun seledri dicuci bersih dan dipotong-potong kasar. Sisanya tunggu agak mendingin lalu diminum rutin.

(Oleh : Siska HR/ Nur Anisa)

Tinggalkan Balasan