Sosok misteri apa ini yang ‘tampil’ pada ikan besar Arapaima Gigas ?

Belum lama ini pada akhir Desember 2016, saya mengunjungi sebuah kolam ikan yang berisi jenis ikan besar Arapaima Gigas, di kawasan Katulampa, Bogor.

Terkesan melihat ikan-ikan besar yang berenang lalu lalang, saya iseng membidikkan kamera handphone saya ke ikan-ikan besar berjenis Arapaima Gigas ini.

Tak dinyana, pada kedua jepretan saya, muncul penampakan sosok cahaya yang tidak biasa.
Sosok cahaya ini muncul di kepala ikan Arapaima Gigas ini.

 


Pada waktu itu tidak ada pantulan sinar matahari yang sangat terang yang memantul dari permukaan kolam, karena pantulan sinar matahari terdistribusi secara merata pada seluruh permukaan kolam ikan.
Jadi tidak ada pantulan di satu spot permukaan kolam yang lebih terang atau sangat terang, lagipula bentuk pantulan matahari pasti bundar terang.

Penampakan pada ikan Arapaima Gigas, di sebuah kolam di Katulampa,Bogor

Namun yang muncul dalam kedua jepretan saya ini adalah sosok yang bukan bundar, namun seperti ada tangan, kepala dan kaki, serta berselimutkan semacam kabut samar.
Penjelasan ilmiahnya adalah mungkin adanya bias sun glare atau sun flare yakni bias cahaya matahari yang memantul pada lensa kamera handphone.

sosok bercahaya apa ini ?

Namun hanya dua foto ini saja yang memiliki penampakan sosok terang menyilaukan ini, tepat muncul di kepala ikan Arapaima Gigas tersebut. Foto lainnya tidak ada yang aneh.
Kolam berisi ikan Arapaima Gigas ini cukup terkenal sebagai tempat wisata di kawasan Katulampa, Bogor, dan selalu padat dikunjungi wisatawan terutama saat hari libur, karena masuknya gratis, hanya bayar ongkos parkir saja. Untuk melihat ikan Arapaima Gigas yang luar biasa besar ini juga gratis.

Namun jika wisatawan ingin menaiki berbagai wahana di tempat ini seperti flying fox, buggy car ataupun masuk ke dalam bola air, dipungut biaya karcis rata-rata Rp.20.000,-

Tak heran kawasan wisata yang sangat murah meriah sambil berbelanja tas kerajinan khas Katulampa Bogor ini selalu menjadi favorit pengunjung di saat liburan.

Sedangkan fenomena kemunculan sosok misterius yang terang benderang ini adalah pengalaman memotret fenomena yang tidak biasa ini tentu saja membuat wisata jadi makin mengesankan.

(Imung)

Baca Juga :

Kungkum untuk Kecantikan Alamiah

Tinggalkan Balasan