Luar biasa tersohor pemandangan alam di Waduk Sempor.

Waduk Sempor merupakan objek wisata di Desa Sempor, kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Waduk ini merupakan bendungan pada daerah Sungai Cincingguling atau disebut juga Sungai Sempor yang mengalir dari timur laut ke selatan di Kaki Gunung Serayu Selatan dan bermuara di Samudra Hindia.

Waduk yang terletak 8km disebelah utara kota Gombong ini berada di ketinggian kurang lebih 30 meter di atas permukaan air laut.

Meskipun berada pada wilayah yang dekat dengan pantai, udara di tempat ini tergolong sejuk karena berada pada lokasi perbukitan yang masih alami perbukitan di sekeliling Waduk Sempor diisi dengan ribuan pohon pinus. Pemandangan di Waduk Sempor didominasi oleh air di waduk dan pohon-pohon pinus di bukit.

Sekilas tentang pembangunan Waduk Sempor

Pada tahun 1916, saat Indonesia masih dijajah oleh Belanda. Pemerintah Kolonial Belanda telah mengidentifikasi bahwa di daerah Sempor, Kebumen terdapat lokasi yang ideal untuk suatu waduk.

Identifikasi tersebut dilakukan untuk menyediakan air yang akan digunakan untuk irigasi daerah-daerah di sekitarnya.

Pemerintah Indonesia melalui para ahli-ahlinya kembali melanjutkan penelitian mengenai lokasi ideal untuk waduk di Sempor pada tahun 1950. Dari penelitian itu dihasilkan suatu desain atau rancangan suatu waduk di Sempor.

Pada tahun 1958 pembangunan fisik Bendungan Serbaguna Sempor dimulai melalui Proyek Sempor. Proyek pembangunan Waduk Sempor selelasi pada tahun 1978. Waduk Sempor ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1978.

Pembangunan Waduk ini memakan waktu 10 tahun. Pada awal selesai pembangunannya, waduk ini pun tidak kuat menampung air dan akhirnya waduk inipun jebol yang pada waktu itu menewaskan 127 orang di yang tinggal di bawah aliran waduk.

Setelah kejadian tragis yang sempat terjadi di kawasan Kebumen tersebut, lalu dibangunlah Monumen Waduk Sempor untuk mengenang para korban yang tewas dari peristiwa tersebut.

Itulah sekilas tentang pembangunan Waduk Sempor dan mari kita berlanjut pada keindahan waduk setelah peristiwa tersebut.

Pemandangan Waduk Sempor yang amat Tersohor Keindahannya

 

Waduk Sempor menyajikan pemandangan hamparan permukaan air yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang asri.

Objek wisata indah ini juga  tidak dipungut biaya alias gratis, kecuali bila anda membawa kendaraan bermotor ataupun mobil akan dikenai biaya parkir kisaran Rp.1.000 – Rp. 2.000 ini memang paling pas di kunjungi kapan saja.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini saat pagi dan sore hari.

Pada pagi hari anda dapat lari pagi sambil menikmati sunrise (matahari terbit). Sedangkan bila anda mengunjungi pada sore hari, anda dapat menikmati keindahan waduk yang diselimuti sunset (matahari terbenam).

Fasilitas Umum

Selain kita dapat menikmati pemandangan indah dengan kesejukan semilir angin yang dapat membuat anda betah berlama-lama di tempat ini. Anda bisa juga menaiki perahu mesin yang disediakan oleh masyarakat sekitar dengan tarif sekitar Rp. 15.000,- (harga dapat naik turun seiring waktu) per orang.

Selepas berkeliling menaiki perahu mesin tersebut dan menghilangkan lelah, anda bisa mampir di berbagai kedai makanan di sekitar Waduk Sempor dengan harga yang sangat terjangkau bagi wisatawan.

Bagi anda yang beragama Muslim tak perlu risau dengan tempat untuk sholat, karena di sana disediakan Mushala di sebelah kiri bendungan dan ada beberapa tempat pula disediakan toilet umum di atas dan di bawah lokasi Waduk.

Bagi para orang tua yang membawa anak balitanya dapat bermain di taman kecil yang ada beberapa patung seperti Gajah dan Jerapah yang menghiasi area Waduk ini.

Waduk Sempor ini memang tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama orang tercinta anda saat mengisi waktu liburan. Yuk berkunjung ke Waduk Sempor.

(Liputan oleh : Antik Febrianti Umar)

Tinggalkan Balasan