Pareo atau pāreu adalah bahasa Tahiti, istilah untuk rok ‘sampul’. Bagaimana serba-serbi Pareo  Sebagai Ikon Fashion Pantai Tropis ini digunakan?

pareo-oke-puteri-2

Awalnya sebutan Pareo itu hanya digunakan untuk menyebut rok perempuan di Tahiti, sedangkan laki-laki Tahiti mengenakan cawat, disebut Maroa.

pareo-utama-puteri

Saat ini istilah Pareo dalam dunia Fashion diterapkan untuk setiap selembar kain dikenakan melilit tubuh, dikenakan oleh laki-laki atau perempuan. Hal ini terkait dengan sarung Melayu.pareo-puteri-6

 

Pola Pareo Tahiti adalah warna-warni cerah khas Pasifik.

pareo-puteri-15

Awalnya Pareo memiliki pola bunga, kembang sepatu khususnya, atau pola alur tradisional, dicetak dalam warna-warna cerah pada selembar kain katun lebar sekitar 90 atau 120 cm dan panjang 180 cm.

pareo-puteri-14

 

Saat ini Pareo selain dibuat di asalnya di Tahiti, Pareo juga dibuat di berbagai negara, terutama negara Tropis yang memiliki rangkaian pantai yang menawan, sebagai tempat lazimnya Pareo dikenakan.

pareo-puteri-13

Pareo amat praktis digunakan, bisa sebagai rok, gaun, syal, atau lilitan unik yang membungkus badan dengan apik.

pareo-puteri-10

Ujung-ujung Pareo biasanya hanya terselip,dan tidak disematkan dengan pin atau peniti.

pareo-puteri-9

Hanya ketika digunakan sebagai gaun yang dikenakan di sekitar leher atau bahu, ujung-ujungnya diikat bersama-sama. Kalau longgar beberapa kali per hari, pemakainya hanya akan menariknya untuk lebih erat lagi dengan cara re-wrap.

pareo-puteri-7

Namun demikian, ketika banyak gerakan yang dilakukan saat mengenakan Pareo, wanita Tahiti biasa mengenakan ikat pinggang di sekitar pinggang.

pareo-puteri-5

Pareo juga berfungsi sebagai rok panjang atau sebagai rok pendek. Sekali lagi, dengan cara re-wrap, Pareo mudah dimodifikasi dalam segala cara penggunaan

pareo-puteri-3
Pareo Chic

Beda Pareo dengan Sarung (Sarong)

pareo-puteri-8
Pareo lilit kemben

Pareo pada dasarnya adalah esensi dari pakaian musim panas, tropis, kasual dan sempurna untuk cuaca tropis yang hangat.

Apa perbedaan antara Sarung (Sarong) dan Pareo?

Sebuah sarung adalah sepotong kain biasanya antara 4-5 kaki panjang yang dipakai sebagai rok longgar atau dress. Sarung/Sarong bisa dipakai lelaki atau wanita.
Nama sarung berasal dari kata Melayu “sarung” yang berarti selubung atau menutupi. Kain ini sering dicelup dalam warna yang kaya dan secara tradisional dibuat dengan kain batik.

pareo-puteri-4
Pareo Simple

Namun Pareo di sisi lain dikembangkan di Tahiti dan disesuaikan dengan kain oleh kebudayaan Barat ketika diperkenalkan oleh penjelajah Eropa pada 1700 M.

Di Hawaii, kain Pareo seringkali berwarna-warni cerah dengan gambar lukisan bunga atau beberapa jenis lain dari cetak tropis yang mewakili gaya hidup wanita pulau tropis.

sarung-mbakyu
Sarung Batik Wanita

Bedanya Sarung berbentuk kain pipa selubung, Namun Pareo bisa bernetuk segi panjang yang berukuran khas Pareo yaitu dengan kain katun lebar sekitar 90 atau 120 cm dan panjang 180 cm.

Seiring dengan trend fashion, perempuan sering memakai Pareo mereka sebagai rok pendek atau panjang dengan bikini atau sebagai gaun lengkap yang menutupi. Apapun gaya yang Anda sukai, bisa dilihat di puteriputeri.com.

Salam fashion!
(Dara/Puteri Zahra/Gadiss)

Tinggalkan Balasan