Hai pembaca puteriputeri.com, baru-baru ini saya menyempatkan berlibur ke Malang Selatan, di sana terdapat beberapa  pantai yang masih bersih dan jarang dikunjungi oleh wisatawan karena masih relatif baru dipopulerkan, sebagai contohnya adalah Pantai Tiga Warna, Malang. Keunikan pantai ini adalah :

Lain, dari pantai lainnya di Nusantara, Pantai Tiga Warna, Malang Selatan hanya boleh dikujungi oleh 100 (seratus) orang saja setiap bulannya. Bahkan jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Tiga Warna harus mengatur jadwal kepada pihak penjaga d sana

Maka sebelumnya aku, namaku Yosua Paparang, mau kasih tau ke kalian semua, kalau mau ke Pantai Tiga Warna sebaiknya kalian search dulu di Google bagaimana prosedur masuk ke pantai ini.

Karena, Pantai Tiga Warna ini ialah pantai kuota (pengunjung yang dibatasi). Jadi pengunjung yang ingin datang harus booking terlebih dahulu. Waktu itu aku booking sama Mbak Fitri sebagai petugas pengelola Pantai Tiga Warna, Malang Selatan (No. Hp : 081233339889).

Pantai Tiga Warna, Malang

Perjalanan ke Pantai Tiga Warna ini dapat ditempuh 2-3 jam dari Kota Malang. Kalian juga bisa memakai Google Map untuk lebih tahu jelas di mana posisi Pantai Tiga Warna ini.

Lokasi Pantai Tiga Warna ini sendiri berada di wilayah Clungup Mangrove & Conservation, Desa Tambakrejo, Malang, Jawa Timur.

Sampai di parkiran, kita harus berjalan sekitar 1 KM ke pintu utama. Kalau gk mau capek sih ada ojek yang di bandrol hanya Rp. 5.000,-.

Di pintu utama kalian akan melihat pos untuk pengecekan barang-barang yang berpotensi menjadi sampah di pantai. Jadi barang-barangnya di hitung lalu di catat jumlahnya. Jika barang-barang tidak sesuai dengan catatan tsb, makanya pengunjung di suruh kembali mengambil barang itu atau denda sebesar Rp. 100.000,- per barang yang hilang.
Ini bertujuan agar pengunjung tidak membuang sampah sembarang di wilayah ini.

Uang masuk ke wilayah ini dikenakan Rp. 10.000,- per orang dan Rp. 100.000,- untuk guide.

Ternyata, wilayah ini dikelola oleh masyarakat yang besar hati membantu mengembangkan dan tidak di gaji (relawan).

Pak Darman, ialah salah satu relawan yang ada di Clungup Mangrove & Conservation ini. Beliau jugalah yang menjadi guide saya pada waktu itu. Waktu yang ditempuh dari pintu utama sampai ke Pantai Tiga Warna kurang lebih 30 menit dengan berjalan kaki. Tidak diperbolehkan memakai kendaraan di kawasan ini.

Dalam perjalanan, Pak Darman menceritakan banyak hal dari September ini wilayah conservation ulang tahun yang ke-2, mangrove sangat berpengaruh sehingga ada hujan di wilayah itu, Ibu Menteri Kelautan & Perikanan Indonesia dan Pak Menteri Olahraga Indonesia yang pernah datang ke wilayah ini 2 kali, kebun yang ada di kawasan ini masyarakat setempat yang kelola, ada beberapa pantai menuju Pantai Tiga Warna, yaitu Pantai Batu Pecah, Pantai Gatra, dll. Sampai kisah kehidupan dia yang sempat di hina oleh tetangga karena tidak mendapat gaji dari pekerjaannya yang hanya menjadi relawan itu.

Sesampai di Pantai Tiga Warna, mata akan di cuci oleh keindahan yang memang keren. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat snorkling.

Detail Harga untuk masuk ke Pantai Tiga Warna ini:
1. Parkir : Rp. 5.000
2. Ojek : Rp. 10.000 (PP)
3. Uang Masuk Pantai : Rp. 10.000
4. Guide : Rp. 100.000

Salam wisata Nusantara. Wonderful Indonesia !

(Liputan oleh : Yosua Paparang)

Tinggalkan Balasan