Kawan, Pantai Indrayanti Gunung Kidul, adalah Satu Pantai yang Mempesona dari Jogja.


Siapa tidak mengenal Pantai Indrayanti?

Salah satu wisata alam yang berada di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Pada liburan kali ini saya dan teman-teman saya memilih Pantai Indrayanti sebagai destinasi liburan.

Pantai Indrayanti tepatnya berada di Kawasan Pantai Sundak kecamatan Tepus, Gunung Kidul Yogyakarta.

Walaupun Pantai Indrayanti termaksud golongan pantai baru, namun pengunjung pantai Indrayanti sudah sangat ramai bahkan banyak pengunjung dari berbagai luar kota termaksud Jakarta yang datang berlibur ke tempat ini.

Apalagi pada saat liburan tiba, bahkan akses jalan untuk menuju pantai Indrayanti bisa menjadi macet karena pengunjung.

Pada dasarnya pantai-pantai yang berada di sepanjang Kabupaten Gunung Kidul tidak terlalu jauh satu dengan yang lainnya dan terkenal dengan pasir putihnya, hanya saja proses terjadinya pantai-pantai ini yang terbentuk ribuan tahun lalu terhalang oleh bebatuan karang yang sangat besar dan tinggi.

Inilah exotic yang ditawarkan dari pantai satu dengan yang lainnya yakni dihiasi tebing-tebing karang yang menakjubkan.

Bagi yang ingin berkunjung ke pantai Indrayanti tidak perlu khawatir karena akses ke pantai Indrayanti saat ini sudah bagus,jalan yang mulus memudahkan kita dalam berkendara namun anda dihimbau tetap berhati-hati karena keberadaan jalan di kawasan selatan daerah Kabupaten Gunung Kidul ini rata- rata banyak kelokan, tanjakan dan turunan curam.

Untuk dapat masuk ke area objek wisata pantai Indrayanti pengunjung cukup membayar retribusi sebesar Rp.5000 untuk satu orang dengan tiket segitu pengunjung sudah bisa menikmati beberapa tempat objek wisata yang ada di kabupaten Gunung Kidul diantaranya yang terkenal adalah Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Drini, Pantai Sepanjang maupun Pantai Sundak, tidak hanya pantai Indrayanti saja.

Hal yang ditawarkan pantai Indrayanti pun beragam dari keindahan alam dan pengelolaan yang baik.

Selain itu fasilitas restoran Pantai Indrayanti juga dilengkapi dengan penginapan dengan tema back to nature.

Konsep bangunan penginapan dengan gaya rumah panggung dan juga bangunan gubug yang menyerupai rumah adat Honai milik suku di Papua.

Penginapan yang disediakan semua mempunyai view menghadap langsung ke pantai.

Cottage dengan pemandangan pantai cantik yang membentang di depan mata, siap memanjakan siapa saja yang ingin menghabiskan malam menikmati syahdunya suasana Pantai Indrayanti di malam hari.

Penamaan Pantai Indrayanti sendiri pada awalnya menuai kontroversi. Oleh penduduk setempat, pantai ini terkenal dengan sebutan Pantai Pulang Syawal

.Namun, setelah pengelolaan diserahkan kepada pihak swasta, pantai ini lebih dikenal dengan sebutan Pantai Indrayanti. Nama Indrayanti sendiri merupakan nama salah satu pengelola pantai ini dan nama ini terpampang di pintu masuk pantai sehingga masyarakat luas lebih familiar dengan sebutan Pantai Indrayanti dibandingkan dengan sebutan Pantai Pulang Syawal.

Jika anda berada di Pantai Indrayanti jangan melewati pemandangan indah dari pantai Indrayanti. Hamparan pasir di sisi pantai ini memiliki kontur yang lebih landai dengan tenda-tenda parasol berwarna-warni berjajar sepanjang pantai. Tenda-tenda parasol ini dikelola oleh penduduk setempat dan disewakan kepada pengunjung yang berminat menggunakannya.

Dan juga bagi anda yang berminat melihat keindahan Pantai Indrayanti dari atas tebing, Anda pun bisa mendaki bukit karang yang menjulang di bagian timur pantai ini.

Selain pemandangan pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih, di sisi timur pantai Indrayanti ini kita dapat melihatbatuan karang yang diselimuti tumbuhan ganggang berwarna hijau.

Sungguh sebuah pemandangan yang mempesona untuk mengakhiri perjalanan menyusuri Pantai Indrayanti ini.

(Liputan : Reny Fitri Yani)

Tinggalkan Balasan