Masyarakat Jawa Tengah khususnya daerah Yogyakarta pasti sudah tidak asing ladi dengan Pantai Glagah Indah yang berada di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Pantai berpasir hitam ini menjadi tempat pariwisata bagi penduduk Yogyakarta dan sekitranya. Pantai ini memiliki ombak yang besar sehingga pengunjung hanya diperbolehkan bermain air di pinggiran pantai.

Pantai ini juga memiliki angin yang kencang karena langsung berhadapan langsung dengan samudra. Walaupun kebanyakan orang banyak yang memilih pantai berpasir putih sebagai tujuan wisata tetapi Pantai Glagah tetap dipadati pengunjung pada akhir pekan ataupun libur sekolah.

Banyak turis mancanegara yang datang ke pantai ini sekedar menikmati keindahan Pantai Glagah. Selain harga tiket yang murah sekitar Rp 3000/orang, pengunjung juga dapat menikmati kuliner yang ada di pinggir pantai seperti ikan bakar dan masih banyak lagi panganan yang dijual disini.

pantai-glagah-wangi-2Pada libur hari raya lebaran kemarin aku dan keluargaku beserta saudara mengunjungi pantai ini. Kami berangkat mengendarai mobil dari Kota Purworejo sekitar 1 jam sampai di pantai ini.

Akses menuju pantai ini sangatlah mudah karena sudah disediakan papan nama sehingga pengunjung dapat mengetahui letak pantainya. Jalanan yang sudah bagus dan tidak bergelombang.

Kami berangkat sekitar pukul 05.00 pagi sehingga sesampainya di pantai hawa sejuk dan dingin masih sangat terasa.Ombak pun belum terlalu tinggi sehingga dapat mandi di pinggir pantai.

Hal yang disayangkan dari pantai ini adalah kondisinya yang mulai kotor karena kesadaran pengunjung pantai yang masih kurang tentang larangan membuang sampah sembarangan.

Ditambah belum adanya penjaga pantai yang profesional sehingga apabila ada kejadian orang tenggelam tidak ada yang berani untuk menolong. Pernah terjadi kejadian anak kecil terseret oleh ombak karena kurangnya pengawasan dari ruang tua.

Kami menikmati pantai dengan berjalan menyusuri pinggir pantai sesekali menangkap kepiting yang berlarian. Kami mengabadikan momen ini dengan berfoto bersama. Setelah puas dengan pantai dan berfoto ria.

Kami memutuskan untuk memesan makan di warung yang ada di pantai.

pntai-glagah-wangi-3

Banyak sekali menu disediakan terutama menu yang berasal dari hasil laut seperti ikan, udang, cumi. Suasana keluarga yang hangat ditambah dengan pemandangan pantai yang indah dan udara sejuk menjadi suatu momen yang tak terlupakan.

( Oleh : Aditya Indra Bagus)

Tinggalkan Balasan