Pembaca, tahukah anda bahwa Pantai Anyer, adalah salah satu pantai di Provinsi Banten yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama musim liburan.

Pantai ini selalu dibanjiri oleh wisatawan yang haus liburan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.
Setiap akhir minggu pantai ini tidak henti-hentinya dikunjungi oleh para wisatawan lokal terutama dari Jakarta dan sekitarnya.
Pantainya yang indah dengan pasir putih yang mempesona menjadikan pantai ini menjadi salah satu pantai favorit. Spot yang indah serta objek wisata yang beraneka ragam menjadikan pantai ini kian diminati oleh para keluarga ketika akhir pekan datang.
Mengunjungi Pantai ini pastinya akan menjadi liburan atau trip yang menarik untuk Anda semua. Apakah Anda tahu apa Pantai Anyer itu ?
Apakah itu nama salah satu pantai atau salah satu daerah di Kabupaten Serang – Banten ?
Untuk itu Anda harus mengenalnya lebih dalam lagi apa sebenarnya Anyer itu dan dimana lokasinya.
Serta apa sebenarnya perbedaan antara pantai Anyer dan pantai Carita. Karena ada sebagian dari kita yang masih bingung mana yang disebut Pantai Anyer dan mana yang disebut Pantai Carita.
 
Lokasi

Pantai Anyer berlokasi di kecamatan Anyer, kabupaten Serang, provinsi Banten.

Jadi sebenarnya nama Anyer itu diambil dari salah satu nama kecamatan di kabupaten Serang – Banten. Mengapa nama Anyer ini diambil menjadi nama sebuah pantai? karena memang kecamatan Anyer ini sebagian besar daerahnya ada di kawasan bibir pantai.

Jika Anda mengunjungi Anyer, maka Anda akan menyusuri jalan raya dengan pemandangan di sebelah kanan jalan (dari arah Jakarta) adalah pantai dengan panorama yang indah.

Karena sebagian besar daerahnya adalah pantai, maka disebutlah pantai yang ada di Kecamatan Anyer ini adalah Pantai Anyer.

Jadi, Pantai di kecamatan Anyer ini bukan hanya satu pantai saja. Tapi seluruh pantai-pantai yang ada di kecamatan Anyer disebut dengan Pantai Anyer.

Liburan Long Weekend di Pantai Anyer 
Jika anda ingin liburan yang mengasyikkan pada long weekend ini, coba kunjungi Pantai Anyer di daerah Serang Banten,
Para pembaca, jika anda menemui tanggal-tanggal long weekend yang memungkinkan tanggal ‘merah’ dari Jumat hingga Minggu, maka pantai Anyer menjadi destinasi yang menarik untuk mengisi long weekend Anda
 Namun pada setiap long weekend, bisa dipastikan jalan masuk menuju ke sekitar Pantai Anyer akan menggunakan sistem buka tutup jalan bergantian, yaitu 20 menit yang kanan jalan dan sebelah kiri di stop oleh Polisi lau lintas secara bergantian. Bravo pada para Polantas yang berdedikasi pada Negara, meski di tengah long weekend seperti ini.
Karena kami dari Jakarta yang senantiasa terbiasa dengan padatnya lalu lintas dan polusi yang telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Maka kami berpikir cara terbaik untuk melepaskan stres tentu saja, adalah untuk keluar dari Jakarta terutama selama akhir pekan yang panjang ini.
Mengemudi ke Pantai Anyer bisa menjadi  liburan ideal akhir pekan. Pantai Anyer terletak di Provinsi Banten, pantai barat Jawa yang berjarak sekitar 160 kilometer dari Jakarta dengan waktu tempuh sekitar dua setengah jam.
Bagaimana cara menuju ke sana?
Anda bisa mengambil arah jalan tol Jakarta-Merak dan keluar melalui jalan tol dari Cilegon Barat. Kemudian, dilanjutkan menuju ke arah Anyer.
Mungkin saya bisa cerita sedikit sejarah tentang kota Anyer, sebelum kita melanjutkan cerita wisata  pantai. Anyer adalah titik awal dari ‘North Coast Road of Java’ atau Jalur Lingkar Utara Jawa yang dibangun oleh Gubernur Jenderal Belanda, Herman William Daendals, tempat Gubjen Belanda ini mendarat pada tahun 1808.
Jalan klasik peninggalan Belanda yang juga dikenal sebagai ‘scenic route of Java’, ini membentang sepanjang  1,430 kilometer dari Anyer ke Panarukan di bagian Timur Jawa.
Pembangunan proyek raksasa ini dilakukan oleh ratusan ribu orang kuli penduduk Pribumi dengan sistem kerja paksa oleh Belanda sebagai ciri khas jaman kolonial Belanda yang gemar mengekploitasi alam dan eksploitasi rakyat daerah jajahan. Korban pekerja yang meninggal konon mencapai lebih dari seribu orang.
Anyer juga lokasi bagi mercusuar setinggi empat puluh meter yang dibangun oleh Raja Willem III dari Belanda pada 1885 sebagai peringatan akan letusan Gunung  Krakatau di Indonesia. Kini Krakatau adalah sebuah pulau vulkanik di pantai Jawa dan dekat Pulau Sumatera.
Apa yang bisa dilakukan di Anyer? Nah, Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai berpasir dan menemukan beberapa kepiting  bersembunyi di karang. Kegiatan menyenangkan lainnya termasuk berjemur matahari pagi,  dan olahraga air.
Ada banyak peralatan rekreasi dan olahraga tersedia untuk sewa di pantai pada harga yang wajar seperti sepeda, skuter air, banana boat, papan surfing, dan jet ski. Pantai ini juga merupakan tempat yang ideal untuk parasailing. taman bermain anak dan bola pantai arena juga tersedia.
Semua ini telah membuat Pantai Anyer menjadi liburan akhir pekan populer bagi warga  terutama yang tinggal di kawasan Jabodetabek.
Beberapa fasilitas lain seperti pondok-pondok wisata, pemandu wisata, penjaga pantai, taman dan area parkir yang aman juga tersedia di pantai.
Di malam hari, Anda mungkin ingin menikmati makan malam dengan matahari terbenam yang indah dari restoran atau warung makan yang menawarkan sebagian besar makanan laut di sepanjang Pantai Anyer. Beberapa restoran makanan laut dengan beberapa masakan lokal Indonesia seperti Nasi Uduk, nasi goreng dan makanan laut yang segar dari laut, dibeli dari nelayan setempat.
Dan minuman segar kelapa muda akan menjadi penyegaran sempurna setelah makanan panas dan pedas yang menjadi menu andalan di sejumlah warung dan resto di kawasan Anyer ini.
Pada kawasan Anyer juga terdapat beberapa nama pantai seperti : Pantai Sambolo, Pantai Marbela, Pantai Cibeureum, Pantai Marina, Pantai Pasir Putih Florida, Pantai Karang Bolong, dan Pantai Karang Suraga
Kamipun berkesempatan mengunjungi pula Pantai Karang Suraga. Sesampai di Pantai Karang Suraga sekitar jam 11:05 WIB, sebagai tiket masuk ke Pantai Karang Suraga per-orang dikenakan biaya Rp. 5000,-.
Kami juga menyewa tenda dan tikar untuk duduk lesehan di pantai Karang Suraga ini untuk menikmati suasana weekend di pantai berpasir putih ini.
Suasana kepadatan Pantai Anyer saat liburan tiba
Setelah waktu menunjukkan pukul 16:00 WIB, kami semua bersiap-siap untuk berangkat pulang ke Jakarta. Dan di perjalanan, kawasan daerah Pantai Anyer masih diberlakukan sistem buka tutup jalan, maklum libur akhir pekan yang panjang,  Begitulah wisata kami, salam khas wisata buat para sahabat puteriputeri.com semua di manapun Anda berada.

 

Berbagai Aktifitas Yang Dapat Dilakukan

Berlibur di Pantai apalagi jika pergi bersama keluarga dan teman-teman, banyak hal yang dapat kita lakukan Berbagai aktifitas menyenangkan dapat menyegarkan kembali pikiran kita, antara lain:

  1. Berenang di pantai
  2. Bermain water sport
  3. Membangun istana pasir
  4. Snorkling
  5. Surfing / berselancar
  6. Menikmati sunset dan sunrise
  7. Berkumpul bersama keluarga sambil menikmati indahnya pantai​Keunggulan Pantai Anyer Dibanding Dengan Yang Lain

    Mengapa harus Pantai Anyer yang menjadi tujuan? sedangkan di provinsi Banten itu bukan hanya pantai Anyer saja tapi masih banyak pantai-pantai lainnya.

    Memang benar, tapi sampai sekarang Pantai Anyer masih menjadi primadona, karena lokasinya yang mudah dijangkau dan dekat dengan ibu kota Jakarta.

    Selain itu, fasilitas di pantai yang eksotis ini juga sangat lengkap. Serta banyak spot-spot menarik yang dapat memanjakan mata kita ketika mengunjunginya.

     

    Jadi, apakah Anda masih ragu untuk mengunjungi Pantai Anyer ?

    Untuk pantai yang sering di kunjungi oleh pendatang dan menjadi pantai yang paling favorit yaitu pantai pasir putih, di pantai ini anda akan menikmati suasana pantai yang indah dan menawan, anda juga bisa memanfaatkan fasilitas yang ada untuk mengeksploitasi suasana pantainya dengan Banana Boat dan sebagainya.

    Untuk masuk ke pantai ini anda akan dikenakan tiket sebesar Rp. 25.000 permotor/2 orang.

    Sedangkan jika Anda menggunakan mobil pribadi jenis minibus elf anda akan dikenakan tarif sebesar Rp.250.000,- untuk bus besar dikenakan Rp.700.000,-

    Ongkos parkir Bus di Anyer sangat mahal Rp 700.000,-/ bus
    Ongkos Parkir Mobil Elf sampai parkir Mini Bus semuanya sangat mahal di Pantai Anyer
    Ongkos parkir mobil kecil pribadi Rp 50.000,- di Anyer, juga cukup mahal

    Begitulah jika kita akan wisata di pantai Anyer, memang yang mahal adalah ongkos parkirnya.

    (Liputan oleh : Jenni Nurhaiti)

5 Comments

  1. boleh minta info kalo di pantai karang suraga itu parkir mobil apakah dikenakan biaya juga seperti di pantai anyer yang 250.000 per mobil?

    terima kasih

    • Estimasi biaya parkir di pantai karang suraga, roda 2 Rp 10.000,-, Roda empat Rp 25.000,- Namun mengingat mahalnya parkir di deretan pantai Anyer, apalagi bila musim liburan, maka ongkos parkir bisa meningkat tajam, diperkirakan untuk mobil kecil Rp.50.000,-/mobil. Sangat mahal untuk ukuran parkir di pantai Anyer, mengingat di Bali saja, parkir tidak semahal di Anyer ini. Mohon Perhatian dari pemda setempat.

      • kalo yang saya liat di gambar itu harga tiket buat mobil 50,000 apakah memang kemarin pas bapak kesana harganya segitu?, saya rencana pake xenia dan 8 orang, mohon informasinya, terima kasih

        • Tiket parkir untuk mobil kecil seperti sedan, avanza, xenia di Anyer rata-rata Rp.50.000,- sesuai tertera pada tiket. Untuk minibus elf Rp. 250.000,-. Namun untuk hari biasa dan hari libur, mungkin bisa berbeda. Selamat berlibur

  2. Pingback: Pantai Sabu Indah Ketahun - puteriputeri.com

Tinggalkan Balasan