Danau tujuh Warna Dieng a.k.a (as known as) Telaga Warna Wonosobo membuat berlibur serasa berkesan.

Bila teman-teman melalukan perjalanan berlibur ke daerah  Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, jangan lupa untuk mengunjungi Danau 7 Warna atau dikenal pula dengan julukan Telaga Warna Dieng.

Telaga Warna, merupakan salah satu tempat wisata andalan yang terletak di Dieng Wonosobo, Jawa Tengah.

Danau dijuluki 7 warna pun bukan tanpa sebab, yaitu karena telaga ini mempunyai warna yang bisa berubah ubah. Telaga ini kadang berwarna : hijau tua, hijau muda, kuning, jingga, biru, maroon, dan kadang terlihat kehitaman gelap.

Hal tersebut karena telaga tersebut terdapat kandungan sulfur yang cukup banyak dan ketika tersorot sinar matahari maka warna air tersebut akan berubah warna.

Udara di sini sangat segar dan mempunyai pemandangan yang sangat indah. Mungkin sangat aneh dengan nama Danau 7 Warna, karena warna air di danau ini bisa berubah-ubah sesuai waktu.

Sangat mengagumkan deh pokoknya. Perjalanan dapat ditempuh dari Jakarta naik bis tujuan Wonosobo dengan kurung waktu 7-8 jam saja. Setelah sampai terminal Wonosobo kita naik angkutan umum tujuan Dieng dengan biaya duapuluh lima ribu rupiah saja. Sampailah kita di depan pintu masuk tempat wisata Danau 7 Warna.

Telaga Warna berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang menambah pesona keindahan alam sekitar telaga warna.

Keindahan telaga warna akan lebih terasa jika pengunjung naik ke salah satu bukit yang mengelilingi telaga ini.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi telaga warna adalah saat pagi atau siang hari, karena pada sore hari, kabut tebal akan menutupi daerah sekitar telaga warna, sehingga pengunjung tidak dapat menikmati keindahan alamnya.

Harmonisasi alam dengan udara yang sejuk dan bersih membuat suasana Telaga Warna Dieng begitu memikat.

Para wisatawan juga akan merasakan suasana mistis yang hening disempurnakan oleh kabut putih dan pepohonan yang rindang.

Di sekitar Telaga Warna Dieng tedapat beberapa gua yang juga patut untuk dikunjungi, seperti Gua Semar Pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna Jati.

Di depan gua ini terdapat arca wanita dengan membawa kendi.

Gua ini juga memiliki kolam kecil yang airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat kulit jadi lebih cantik.

Ada juga Gua Sumur Eyang Kumalasari, dan Gua Jaran Resi Kendaliseto. Selain itu, ada pula Batu Tulis Eyang Purbo Waseso. Gua-gua di sekitar telaga warna ini sering dijadikan sebagai tempat meditasi.

Keberadaan Telaga Warna Dieng juga sangat berguna bagi masyarakat sekitar.

Mereka menggunakan air dari telaga warna sebagai sumber irigasi untuk mengairi tanaman kentang yang menjadi komoditas utama di kawasan ini.

Akses menuju ke telaga warna dapat ditempuh dari pusat Kota Wonosobo dengan menggunakan kendaraan umum dari terminal Kota Wonosobo, dengan menempuh jarak sekitar 30 kilometer, atau selama 45 menit sampai 1 jam.

Tetapi jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam keadaan baik.

Hal ini disebabkan oleh medan jalan yang dilewati cukup berliku dan menanjak. Selain itu, di kanan dan kiri jalan berbatasan langsung dengan jurang yang cukup dalam, jadi harap selalu waspada dan berhati-hati dalam berkendara.

(Lpiutan : Martin Hermanto)

Tinggalkan Balasan