Pameran Crafina 2016 merupakan ajang pameran kebudayaan dan kerajinan hasil anak negeri sendiri.

Dalam Pameran Crafina tersebut terdapat berbagai macam kerajinan dari berbagai daerah seperti kerajinan rotan, kerajinan batik, kerajinan kulit, kerajinan batu akik dan gem stone, dan kerajinan atau handycraft lainnya.

craftina-3

Tidak hanya kerajinan saja yang dipamerkan, tetapi minuman tradisional khas daerah masing-masing juga di pamerkan.

craftina-4
batu akik dan gemstones yang ikut dipamerkan sebagai karya anak bangsa

Oleh karena itu, banyak pengunjung  yang tertarik datang ke pameran itu agar budaya Indonesia menjadi semakin terkenal di mata dunia.

craftina-5

Kebanyakan dari orang asing sebagai turis mancangara juga hadir, antara lain turis dari  Malaysia, Jepang, China, dan Australia.

Banyak pengunjung sangat menggemari barang kerajinan yang unik dan dengan harga yang terjangkau.

Kebanyakan pengunjung terutama wisatawan dapat leluasa memilih aneka asesoris yang bergaya etnik yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh dan cendera mata.

Berbagai kepraktisan dan keuntungan bagi wisatawan dapat diperoleh saat mengunjungi pameran ini,  yaitu dalam satu tempat bisa menjumpai dan membeli aneka asesoris dari berbagai daerah di Nusantara.

“Saya belum sempat keliling Indonesia, namun dengan pergi ke pameran ini, saya bisa memborong aneka asesoris daeri berbagai ciri khas daerah di Indonesia, untuk oleh-oleh kawan dan kerabat,”ujar Salma (25) wisatawan asal Malaysia.

craftina-6

Dari ide yang didapat untuk membuat Pameran Crafina itu dalam kerjasama tim untuk mengadakan Pameran Crafina tersebut. Semenjak awal tahun 2008 lalu hingga  2016,  Pameran Crafina merupakan pameran yang memamerkan serta menjual hasil karya anak bangsa.alam

Dalam ajang Pameran Crafina ini berlangsung lancar.

craftina-2

Apalagi setiap sabtu-minggu selalu dipenuhi oleh orang banyak yang mengunjungi pameran untuk meluangkan waktu yang bermanfaat, terutama bagi putra dan putri remaja yang kini mulai trend memakai asesoris bergaya ethnic.

Ya, jika kita cermati trend yang sedang berlangsung adalah para remaja putri saat ini dan juga ditahun mendatang sedang gemar dan trendy dalam memakai aneka asesoris seperti kalung, gelang dan bros bernuansa etnik atau ethnic style.

craftina-7

 

Puji dan syukur atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga saya dapat menyelesaikan tulisan liputan tentang event ini dengan baik.

craftina-8

Agar pembaca dapat mengetahui mengenai pameran kebudayaan Indonesia yaitu Pameran Crafina. Dengan ini saya kira liputan ini dapat bermanfaat bagi semua orang yang membacanya.

(Oleh : Benedictus Suryo Dewanto)

Tinggalkan Balasan