Hai sobat puteriputeri.com, ini bukan liputan fashion, tapi memang padu padan es Selendang Mayang dengan kuliner yang pas dengannya.

Jaman sekarang kuliner di Jakarta emang udah banyak banget ya. Apalagi makanan dessert, kamu jalan sedikit pasti udah langsung ketemu dessert yang enak.

Makanan pembuka, Makanan utama, dan Makanan penutup khas Indonesia udah jarang banget nih ya kita temuin.

Tahu gejrot, es selendang mayang, kerak telor dan makanan utama lainnya pasti susah kita temuin kan?

Nah kalo kamu pergi ke tempat perbelanjaan yang sering disebut Mall kaya contoh salah satu mall di Jakarta ini yang menjual makanan makanan Indonesia yang paling kita jarang temuin : Es Selendang Mayang.

Es Selendang Mayang adalah salah satu Es khas Jakarta Indonesia yang udah jarang banget bisa kita temuin tapi di Eat and Eat Jakarta timur malah ada nih guys.

Selain Es Selendang Mayang disini mereka juga jual Tahu Gejrot, Mie Aceh, Soto Madura dan masih banyak lagi guys. Kalo kalian penasaran seeperti apa nih langsung aja cek foto nya guys.

Es selendang mayang

Tunggu apalagi kawan, kalo kalian juga mau nyobain menu menu makanan khas Indonesia langsung aja datengin eat and eat Jakarta yang ada di mall terdekat lokasi kamu, range harga beda beda bisa mulai 15ribuan-90ribuan.

 

Soto madura

Mie aceh

Ayam penyet jawa sambel ijo

Cara Buat Es Selendang Mayang :

Bahan-bahan dasar membuat (membikin) es selendang mayang khas Betawi :

– 70 gram tepung beras

– 120 gram tepung hunkwe

– ¼ sendok teh vanili bubuk

– 2 lembar daun pandan

– 25 ml air daun suji (25 kembar daun suji dan 2 lembar daun pandan)

– 2 tetes pewarna makanan hijau

– 3 tetes pewarna makanan merah

– ½ sendok teh garam

– 750 gram es serut

– 900 ml air

Bahan-bahan membuat sirup es selendang mayang :

– 210 gram gula merah

– 2 lembar daun pandan

– 145 ml air

Bahan untuk santan :

– 650 ml santan (dari 1 butir kelapa)

– ½ sendok teh garam

– 3 lembar daun pandan

Cara membuat (membikin) es selendang mayang khas Betawi yaitu :

1. Campurkan air, tepung beras, tepung hunkwe, vanili bubuk, daun pandan serta garam. Direbus sampai meletup letup sambil terus diaduk.

2. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian diberi pewarna makanan merah, satu bagian diberi pewarna makanan hijau dan air suji serta satu bagian lagi dibiarkan putih.

3. Tuangkan adonan hijau ke dalam loyang (uk 24x10x4) yang sudah diolesi minyak. Ratakan. Lalu tuangkan adonan putih di atasnya dan adonan merah di atasnya lagi. Dinginkan. Kemudian potong jajaran genjang 2 cm.

4. Membuat sirupnya yaitu rebus air bersama gula merah, daun pandan sampai mendidih sambil diaduk rata. Dinginkan dan disaring.

5. Membuat kuah santannya yaitu rebus santan, garam serta daun pandan sampai mendidih. Aduk rata. Angkat, saring dan dinginkan.

6. Letakkan selendang mayang dalam mangkok saji, beri sirup gulanya lalu siram dengan kuah santannya. Tanbahkan es serut.

7. Es selendang mayang khas Betawi siap disajikan.

Demikianlah tips resep minuman segar dari kami tentang bagaimana cara membuat minuman segar es Selendang Mayang khas Betawi yang sedaaap 🙂

(Oleh : Danar Ardiyanto)

Tinggalkan Balasan