Atraksi sirkus merupakan sebuah atraksi seni budaya warisan dunia, sebagai salah satu atraksi yang menampilkan kemampuan luar biasa yaitu keberanian, ketangkasan, kekuatan, ketahanan, kelenturan dan keindahan.

Sebagai atraksi tontonan yang mudah dimengerti dan dipahami, sirkus dapat disaksikan oleh berbagai lapisan masyarakat seluruh bangsa di dunia ini baik dari yang tua maupun yang muda dan dari berbagai status sosial dan golongan.

Pertunjukan sirkus berasal dari kegiatan hidup manusia sehari-hari dimana menurut catatan sejarah seni akrobatik sudah ada sejak 2.700 tahun yang lalu dan pernah ditampilkan di kerajaan Roma dan Dinasti Han, China (221 sebelum masehi – 220 sesudah masehi).

sirkus-4

Kota Depok saat ini mendapat bagian dalam pertunjukan sirkus kelas dunia, Margo City merupakan lokasi dimana pertunjukan sirkus tersebut diadakan yaitu tanggal 14 Oktober 2016 sampa dengan 13 November 2016.

sirkus-1

Harga tiket masuk pertunjukan Elephant Rp. 50.000, Geraffe Rp. 100.000, Hippo Rp. 150.000, dan Lion Rp. 200.000. Jadwal Pertunjukan Senin-kamis 1 x show pkl 19:00, Jumat 2x show pkl 17:00 & 19:30 wib, Sabtu 3x show pkl 14:00, 17:00, 19:30, dan Hari minggu 4x show pkl 11:00, 14:00, 17:00, 19:30 wib.

Oriental Circus Indonesia (OCI)  telah beberapa kali ditunjuk oleh pemerintah Republik Indonesia untuk mengikuti Festival Seni Akrobatik bertaraf Internasional di luar negeri. Puncak keberhasilan OCI dalam membina Seni Olah Raga Akrobatik di Indonesia adalah pada saat OCI berhasil mengangkat nama Indonesia dalam ajang Kompetisi Akrobatik Internasional di Wuhan – RRC pada tahun 1996, dimana OCI berhasil memboyong Piala Luar Biasa untuk delegasi Indonesia.

Dalam Kompetisi tersebut Oriental Circus Indonesia berhasil menggabungkan 3 unsur yaitu: Olah Raga, Seni Budaya dan Pariwisata.

sirkus-2

Keikutsertaan OCI dalam Kompetisi Internasional tersebut merupakan misi Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia pada saat itu.

Dalam sejarah perjalanan OCI yang berkeliling keseluruh pelosok tanah air dan demi untuk meningkatkan mutu OCI seringkali mendatangkan dan menggabungkan sirkus-sirkus internasional untuk menggelar pertunjukan gabungan seperti sirkus dari Amerika, Inggris, RRC, Italy, India, Eropa dan tahun ini telah bergabung dengan MOSCOW CIRCUS.

OCI didukung oleh sumber daya manusia yang expert dibidangnya, mempunyai hobby traveling yang memiliki kemampuan dalam bidang seni sport akrobatik, peduli dan cinta pada satwa, serta memiliki kemampuan dalam bidang show bisnis.

Oriental Circus Indonesia (OCI) dilengkapi dengan tenda raksasa yang berstandard internasional yang khusus diimport dari Eropa dengan kualitas waterproof dan fireproof yang mampu menampung 2.000 penonton. Dilengkapi seating dan sound system berteknologi canggih serta permainan lampu yang spektakuler. Full Air Conditioned.

Memiliki 40 unit armada berupa caravan, trailer, bus dan kandang-kandang trailer, dll. Aneka pertunjukan spektakuler yang memukau dan fenomenal telah dirancang khusus dan dipersembahkan untuk seluruh lapisan masyarakat, seperti pertunjukan: Flying Trapeze (akrobatik udara) yang mendebarkan, kelincahan dan kelenturan tubuh para pemain yang memukau.

Pertunjukan satwa seperti Harimau, Singa, Gajah, aneka jenis burung, chimpanzee, dll. Atraksi lawak yang segar dan lucu bagi tua dan muda.

Selama 43 tahun OCI telah mendapat penghargaan dari berbagai pihak baik dari instansi sipil (Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah) juga penghargaan dari instansi kemiliteran seperti TNI AU, AD, AL maupun POLRI dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lainnya.

Oriental Circus Indonesia merupakan suatu komunitas yang unik dan bersifat “Circus Culture karena segala sesuatunya diatur berdasarkan kekeluargaan dan kebersamaan. Mereka berpindah dari satu tempat ketempat lain, dari satu daerah kedaerah lain diseluruh Indonesia sepanjang tahun dan terus berlangsung bertahun-tahun hingga saat ini dengan motto “THE SHOW MUST GO ON”.

(Liputan  oleh : Achmad Radian Amin)
Silahkan tonton videonya :

Tinggalkan Balasan